Selasa, 12 Januari 2016

Bersedekah



Bersedekah Maka Harta Tidak Akan Berkurang, Ini Hadist Rasulullah, SEBARKAN!!! 

Suatu ketika seorang istri Rasulullah Saw. bertanya kepada beliau, "Siapakah diantara kami yang akan menyusulmu lebih dahulu?" Beliau menjawab, "Dia yang lebih panjang tangannya." Mereka pun mengambil sepotong ranting, lalu mengukur tangan masing-masing.
Ternyata, Sudah yang lebih panjang tangannya. Setelah itu, tahulah kami bahwa yang dimaksud dengan tangan panjang yang lebih dahulu menyusul beliau adalah orang yang banyak bersedekah (HR Bukhari dan Muslim).
Demikian pula dengan Zainab binti Jahsya r.a., beliaulah yang dikatakan oleh Aisyah, "Tidak ada orang yang lebih baik daripada dirinya, yang banyak bersedekah dan sering mengorbankan diri dalam bekerja agar dapat bersedekah dan mendekatkan diri kepada Allah."
Istri-istri Rasulullah Saw. dikenal sebagai Muslimah yang ringan tangan dan gemar berbagi. Dalam hal bersedak, seorang Muslimah selayaknya meneladani kedermawanan mereka sekaligus menyakini bahwa tidak akan miskin orang yang gemar berbagi.
Bahkan, harta itu akan dilipatgandakan oleh Allah sesuai dengan Kehendak-Nya. Rasulullah Saw. menjamin, "Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan, seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya" (HR Muslim).
 

Rabu, 06 Januari 2016

18 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

meningkatkan iq

Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan tentunya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. Jika anda berminat, anda bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan.
2. Buatlah Jurnal.
Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.
3. Belajarlah Sebanyak Mungkin.
Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.
4. Belajarlah Membaca Cepat.
Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu anda mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.
Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca, Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda ketika membaca. Pada dasarnya, Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi.
5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.
Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat.
6. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi.
Akronim merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata. Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” merupakan akronim yang sering digunakan para musisi untuk mengingat nada dalam kunci tertentu.
7. Sarapan Pagi.
Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.
8. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.
Gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut:
– Pemahaman
– Konsentrasi
– Berpikir secara abstrak
– Daya ingat
– Keletihan mental
– Kemampuan menyelesaikan tugas
– Keseimbangan fisik dan koordinasi
Klik disini untuk menemukan 3 latihan Brain Gym yang bisa anda lakukan (”Brain Buttons”, “Cross Crawl”, and Hook Ups”).
9. Meditasi.
Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.
10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.
Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.
11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.
Selama bertahun-tahun publik memberikan banyak penekanan pada aspek kecerdasan, seperti kemampuan berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Namun, selama beberapa tahun terakhir, banyak orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan. Kecerdasan emosi diakui sebagai kemampuan meta fisik yang memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang anda miliki secara optimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi disini.
12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.
Manfaatkan setiap waktu, contohnya ketika anda menggunakan transportasi publik atau mengantri, secara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku ketika menunggu di antrian dan dengarkan program audio ketika menggunakan transportasi publik.
13. Jogging.
Seorang pakar menjelaskan bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, dan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal.
14. Latih Semua Indra Anda.
Para ilmuwan menemukan bahwa otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbale balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.
Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.
15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.
Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.
16. Konsumsilah Antioksidan.
Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.
17. Gunakan Intuisi Anda.
Belajarlah untuk menggunakan intuisi menjadi sebuah proses mengumpulkan informasi. Dengan mengandalkan intuisi anda, anda memperluas kewaspadaan dan mengarahkan anda pada alam bawah sadar anda untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar anda.
18. Gunakan Sistem Pembantu Memori.
Sistem pembantu memori, atau yg dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu.

memotivasi diri

Meskipun anda sangat mencintai pekerjaan anda, ada kalanya motivasi kerja anda berada pada titik terendah. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi, namun hal terpenting yang perlu anda ketahui adalah hal ini terjadi pada siapapun pada titik tertentu. Jika anda mengikuti beberapa tips sederhana yang ada di bawah ini, anda bisa mendapatkan kembali hal-hal yang memotivasi anda:
1. Jujurlah Dengan Diri Anda
Akui bahwa anda kehilangan motivasi dan anda harus melakukan sesuatu. Kejujuran selalu merupakan cara terbaik.
2. Mengapa Anda Berada Disini?
Sangatlah mudah untuk merasa anda hanya bagian kecil, sehingga anda perlu mengingatkan diri anda mengenai gambaran besar dari yang anda kerjakan. Laporan-laporan yang anda susun mungkin tidak begitu berarti bagi anda namun mereka merupakan bagian dari proses pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pertumbuhan perusahaan. Sadarilah betapa pentingnya hal-hal yang anda kerjakan setiap hari.
3. Untuk Siapa Anda Bekerja?
Apakah anda bekerja untuk menafkahi keluarga anda, orang tua anda atau untuk membangun karir anda? Apapun alasan yang memotivasi anda dalam bekerja, cobalah letakkan sesuatu yang menjadi pengingat di meja atau di telepon genggam/tablet anda. Sekarang anda memiliki afirmasi harian sebagai alasan mengapa anda bekerja.
4. Bacalah Buku-buku Motivasi
Hal ini mungkin terdengar konyol namun membaca buku motivasi yang baik dapat membuat anda bersemangat. Ada banyak buku motivasi tersedia di toko-toko buku dan mungkin salah satunya dapat memiliki dampak yang dramatis pada anda dalam hal motivasi kerja.
5. Hindari Rekan Kerja yang Negatif
Salah satu penguras motivasi anda dalam bekerja adalah jika anda dikelilingi oleh orang-orang yang negatif. Jika anda merasa anda kehilangan motivasi setelah mendengarkan mereka berbicara, maka anda memiliki masalah. Cobalah untuk meminta relokasi meja kerja dan berikan alasan mengapa anda mengajukan hal tersebut.
6. Poster Motivasi
Oke, hal ini mungkin sedikit klise dan terdapat banyak situs yang menjadikan hal ini lelucon, namun poster atau pesan motivasi bukanlah ide yang buruk. Tentunya anda lebih memilih untuk dikelilingi oleh pesan-pesan positif daripada negatif kan? Sangatlah mudah untuk menjadi sinis – namun memiliki keyakinan membutuhkan usaha.
7. Bicara
Jika anda merasa anda bergumul dengan motivasi kerja anda, cobalah untuk membicarakannya dengan rekan kerja yang anda percaya atau bahkan dengan atasan anda – jika atasan anda cukup terbuka untuk membicarakan hal ini. Kebanyakan perusahaan ingin anda merasa bahagia dan produktif dan sangat membantu untuk mengembalikan motivasi anda.
8. Gosip Seputar Kantor
Hindari, hindari, dan hindari gosip seputar kantor sebisa mungkin. Gosip umumnya berawal dari orang-orang yang tidak memiliki cukup pekerjaan sehingga membuat anda kehilangan fokus pada pekerjaan anda. Gosip seputar kantor tidak memiliki manfaat, sangat merusak dan orang yang anda gosipkan mungkin akan membicarakan anda besok, minggu depan, atau bulan depan.
9. Istirahat
Jika anda bergumul dengan sebuah masalah pada pekerjaan atau proyek, jangan menghantamkan kepala anda ke dinding – tinggalkan pekerjaan itu selama satu atau dua jam lalu kembali. Istirahat dapat memberikan pikiran anda kesempatan untuk menemukan solusi dari masalah anda – pikiran manusia merupakan pemberi solusi yang sangat luar biasa jika anda memberinya kesempatan.
10. Periksa Postur Anda
Apakah anda duduk bermalas-malasan pada kursi anda setiap hari? Posisi duduk seperti ini dianggap memberi sinyal psikologis yang salah kepada tubuh anda. Jika postur tubuh anda terlihat depresi dan tidak termotivasi, maka emosi anda juga akan mengikuti postur anda. Cobalah duduk tegak dan perhatikan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi mood anda secara cepat.
11. Minum Air
Sangatlah mengagumkan bagaimana dehidrasi dapat menyebabkan anda merasa lelah, malas, dan tidak memiliki inspirasi. 80% tubuh manusia terdiri dari cairan sehingga tubuh anda perlu diisi dengan cairan yang cukup setiap harinya. Minum air beberapa gelas per hari dapat membuat anda merasa lebih bertenaga – air merupakan bahan bakar tubuh anda jadi manfaatkanlah.
12. Selesaikanlah Pekerjaan yang Anda Mulai
Anda bangun di pagi hari dan jempol kaki anda tersandung. Dasi anda terkena pasta gigi. Lalu mobil anda mogok. Pagi yang luar biasa dan sekarang anda akan menyaksikan hari anda akan semakin buruk. Baca juga Bagaimana Tetap Termotivasi Untuk Menyelesaikan Apa Yang Telah Anda Mulai.
Keadaan emosi anda dapat anda ubah dengan melihat foto anak anda, binatang peliharaan favorit anda, atau hanya dengan menonton video motivasi (jika hal tersebut diijinkan di tempat kerja anda). Bagi saya, video selalu dapat memotivasi saya dan membuat saya tersenyum.
Semoga bermanfaat! :)

motivasiku

Seperti yang kita ketahui Jepang adalah salah satu negara maju yang berada di Asia. Pada saat ini Jepang sangat berperan terhadap globalisasi di dunia. Apa yang menyebabkan mereka lebih sukses dan maju dari negara kita ? Jepang memiliki motivasi dan tekad yang kuat untuk mencapai sesuatu. Yakin bahwa Jepang memiliki sejumlah motivasi yang membuat kebanyakan masyarakat Jepang hidup makmur seperti sekarang ini tapi menurutku adalah kita akan kerja dengan baik, ikhlas dan penuh tanggung jawab bila kita motivasinya adalah keimanan dan kita anggap sebagai ibadah, karena itu ada pahalanya dari Allah SWT. hidup dan mati kita untuk Allah.
1. Kerja Keras
Hal ini patut dijadikan sebagai teladan. Mereka menjadi pekerja keras dalam hidupnya. Mereka bekerja keras menggapai apa yang dia impikan. Segala apa yang membuatya menyerah itu tersingkir oleh tekat yang kuat. Seperti halnya Ken Kutaragi yang berjuang menggapai impian masa kecilnya yang sekarang itu telah terwujud yakni membuat Playstation.
Kata Mutiara motivasi : ” Di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanya kita kurang bekerja keras ”.

2. Pantang Menyerah
Masyarakat Jepang memiliki sifat pantang menyerah, segala yang menghadang akan ia lalui. Orang Jepang membuktikan hal ini terbukti pada tahun 1946 Jepang telah porak-poranda akibat perang dunia ke-II. Tak membutuhkan waktu berapa lama Jepang kembali sebagai pusat ekonomi dunia.Buktikan bahwa anda bisa !
Kata motivasi : ” Menyerahlah ketika peluang sudah benar-benar habis. Tetapi jika maish ada satu harapan, raihlan dengan kerja keras dan buang semua hal yang menghadang ”
3. Menjaga Kehormatan
Jika kita sering menonton film Jepang ataupun membaca artikel mengenai Jepang pastilah kita mendengar yang namanya  ” Harakiri ”, harakiri berarti bunuh diri dengan menusukkan pedag ke perut. Harakiri dilakukan oleh masyarakat Jepang karena mereka gagal dan mereka tahu malu.
Teringatkah anda dengan Kasus Menteri Kesehatan Jepang yang mengundurkan diri karena melakukan kesalahan ?. Atau pejabat tersebut yang akhirnya bunuh diri karena telah melakukan korupsi. Dan hal ini menjadikan Jepang sebagai negara nomor satu dalam kasus bunuh diri.
‘ Ingat ! Tulisan ini tak memerintah atau menganjurkan anda unutk bunuh diri bila gagal, tetapi ambilah sisi Positifnya. ”
4. Rajin Membaca
japan1
Membaca seperti sebuah budaya di Jepang. Bukanlah hal yang aneh bila kita pergi ke Jepang dan disudut jalan ataupun diatas mobil umum para penumpang membaca buku. Karena itulah masayyarakat Jepang menjadi lebih maju dari masyarakat negara lain.
Pesan motivasi : Banyak-banyaklah membaca buku, artikel, dengan membaca ilmu akan bertambah dan mengetahui informasi terbaru dibandingkan dengan orang yang tak rajin membaca. Ini mendekatkan anda kepada tujuan. Apalagi sekrang sudah ada internet kita bisa mendapatkan artikel dengan berbagai topik. Seperti halnya tulisbaca.com ( website kumpulan artikel )
5. Menjaga Tradisi
Masyarakat Jepang tak pernah meninggalkan tradisi mereka walau perkembangan kemajuan teknologi dan ekonomi sudah sangat pesat. Jepang mampu memamerkan nilai budaya lokalnya walaupun mereka sebuah negara industri yang menjadi pusat ekonomi dunia.
” Kobarkan semangat anda. Sukses adalah hak setiap orang yang mau menerima dan berusaha. ”

Minggu, 03 Januari 2016

hati yang tenang

Qolbun salim berasal dari dua kata bahasa Arab, yaitu qolbun (hati) dan salim (bersih, suci dan lurus). Jika kedua kata ini digabungkan, maka akan membentuk arti ‘hati yang lurus, bersih, suci dan ikhlas dalam segala gerak, fikiran, perasaan, perbuatan dan lain sebagainya hanya kepada Allah SWT. Dalam Al-Qur’an, Allah menyebut istilah qolbun salim sebanyak dua kali. Dan keduanya menggambarkan tentang hatinya nabi Ibrahim as. :

1. Dalam QS. 26 : 87 – 89
وَلاَ تُخْزِنِي يَوْمَ يُبْعَثُونَ * يَوْمَ لاَ يَنْفَعُ مَالٌ وَلاَ بَنُونَ* إِلاَّ مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ*
“Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan, (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.”
2. Dalam QS. 37 : 83 – 85
وَإِنَّ مِنْ شِيعَتِهِ لإِبْرَاهِيمَ* إِذْ جَاءَ رَبَّهُ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ* إِذْ قَالَ لأَبِيهِ وَقَوْمِهِ مَاذَا تَعْبُدُونَ*
“Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh). (Ingatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci. (Ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Apakah yang kamu sembah itu?”

Jika kita renungkan, sebenarnya Allah SWT menginginkan agar seluruh hamba-hamba-Nya dapat memiliki hati yang bersih, yang dapat mengantarkan mereka pada surga Allah SWT, sekligus untuk menyempurnakan segala kenikmatan yang diberikan kepada seluruh hamba-hamba-Nya. Dan untuk menyucikan hati manusia, Allah menurunkan Al-Qur’an (agama Islam), guna dijadikan pedoman hidup manusia: (QS. 5 : 6)
مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ*
“Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni`mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Namun untuk memiliki hati yang bersih, kita terlebih dahulu harus mengetahui seluk beluk hati manusia, sifat-sifatnya dan juga godaan-godaan yang dapat menghanyutkannya. Hati ini merupakan sentral jiwa manusia, yang apabila hatinya baik, maka insya Allah akan baik pula seluruh tubuhnya, dan jika hatinya buruk, maka akan buruk pula seluruh tubuhnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Abdullah bin Nu’man ra, Rasulullah SAW bersabda:
أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ
“…ketahuilah bahwa dalam jasad itu terdapat sekerat darah, yang apabila ia baik maka baik pula seluruh jasadnya. Dan apabila ia rusak, maka rusak pula seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa sekerat darah tersebut adalah hati. (HR. Bukhari Muslim)

Dari hadits di atas kita dapat memetik satu kesimpulan, yaitu bahwa hati ternyata laksana nahkoda sebuah bahtera. Dimana arah tujuan dari bahtera tersebut sangat ditentukan oleh sang nahkoda. Jika nahkodanya memiliki niatan dan tujuan yang baik, insya Allah akan membawa bahtera tersebut ke arah yang baik. Sebaliknya, jika ia memiliki tujuan yang jahat, maka secara otomatis kapal tersebut sedang berjalan ke arah yang negatif. Oleh karena itulah sangat penting bagi kita memiliki hati yang bersih guna menjadikan kehidupan kita benar-benar sedang melaju ke arah yang baik, yaitu keridhaan Allah SWT.

Imam al-Ghazali mengungkapkan, “bahwa hati merupakan sesuatu yang paling berharga dalam diri manusia. Karena dengan hatilah, seseorang mampu mengenal Allah, beramal untuk mengharapkan ridha-Nya dan juga guna mendekatkan diri kepada-Nya. Sedangkan jasad pada hakekatnya hanyalah menjadi pelayan dan pengikut hati, sebagaimana seorang pelayan terhadap tuannya.”

Oleh kerena itulah terdapat sebuah ungkapan, bahwa siapa yang mengenal hatinya maka ia akan mengenal Rabbnya. Namun disayangkan, karena betapa banyaknya manusia yang tidak mengenal hatinya sendiri. Lalu Allah menjadikannya seolah dirinya terpisah dari hatinya. Pemisahan ini dapat berbentuk penghalang untuk mengenal dan bermuroqobatullah (selalu dalam pengawasan Allah). Dan atas dasar hal inilah, banyak ulama yang menjadikan ma’rifatul qolb sebagai dasar dan pedoman bagi orang-orang saleh yang ingin lebih mendekatkan dirinya kepada Allah.

Namun ternyata banyak rintangan untuk mendekatkan hati kepada Sang Pencipta. Karena godaan syaitan sangat luar biasa terhadap diri manusia. Imam Al-Ghazali menggambarkannya dengan sebuah benteng yang dikepung oleh musuh yang berambisi memasuki dan menguasainya. Benteng tersebut sudah barang tentu harus dijaga pintu-pintunya, guna menghindari desakan musuh yang bergerak menyerbunya. Namun orang yang tidak mengetahui pintu-pintunya sudah barang tentu tidak dapat menjaganya. Maka demikian juga halnya dengan hati. Seseorang tidak mungkin dapat menjaganya bahkan juga mengusir syaitan yang menyerangnya melainkan dengan mengetahui pintu-pintu yang terdapat dalam hatinya tersebut. Pintu-pintu yang dapat dimasuki syaitan diantaranya adalah:
  • Iri hati
  • Dengki
  • Ambisi
  • Emosi
  • Hawa nafsu (kemaksiatan)
  • Kemegahan (bermewah-mewah)
  • Cinta (lawan jenis)
  • Kesombongan
  • Ketergesaan, dsb.

Dalam perumpamaan lain, syaitan itu digambarkan seperti seekor anjing lapar yang mendekati seorang insan. Jika ia tidak memegang suatu makanan seperti daging atau roti, maka akan dengan mudah mengusir anjing ini. Namun jika dalam genggaman tangannya terdapat daging, roti dan makanan lainnya, maka akan lebih sulit mengusir anjing tersebut. Perlu adanya kekuatan ekstra guna mengusirnya, dengan kekuatan tangan, kaki atau kayu dan tongkat, barulah ia dapat mengusir anjing itu. Demikian pula dengan hati yang dikuasai hawa nafsu serta jauh dari dzikrullah. Sudah barang tentu ia menjadi mangsa para syaitan yang kelaparan. Dan untuk mengusirnya juga diperlukan tenaga ekstra, berbeda dengan hati yang hampa dari nafsu…
Inilah sensitifas hati seorang insan, yang ternyata sangat rentan akan godaan. Oleh karenanya tidak heran, jika Rasulullah SAW sering mengungkapkan doa yang cukup masyhur;
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قُلُوْبَنَا عَلَى دِيْنِكَ، وَيَا مُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ صَرِّفْ قُلُوْبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ
“Wahai Pembolak balik hati, tetapkanlah hati kami dalam agama-Mu. Wahai Pemutar balik hati, tetapkanlah hati kami untuk taat kepada-Mu.”

Beliau yang telah di jamin dapat menapakkan kakinya dalam surga, masih dengan khusyu’nya memanjatkan irama doa yang indah. Maka sebagai umat dan pengikutnya, memanjatkan doa guna kelurusan hati merupakan hal yang seyogyanya mendapatkan prioritas. Marilah sejenak kita meninggalkan berbagai keegoisan hati dalam diri kita, baik politik, golongan, jabatan, kekayaan dan sebagainya. Guna memasrahkan jiwa dan raga yang ternyata sangat kecil dan tiada memiliki daya apapun juga di hadapan Yang Maha Perkasa. Paling tidak dalam bulan suci ramadhan ini, agar rajut-rajut ukhuwah yang sempat terkoyak dapat tersulami kembali. Kemudian apapun yang muncul dari hati kita dapat kita ukur dengan pembagian para ulama terhadap hati manusia:
  1. Pertama, hati yang dihiasi dengan nilai ketaqwaan, dzikir, pembersihan jiwa dan muraqabatullah (sikap hati yang selalu merasa berada dalam pengawasan Allah). Hati seperti ini, insya Allah dapat menangkal segala sifat tidak terpuji. Hati seperti ini sering juga disebut dengan hati yang bersih (Qolbun Salim).
  2. Kedua, hati yang berlumurah hawa nafsu, terselimuti sifat-sifat tercela. Hati seperti inilah yang kerap kali menjadi mangsa syaitan untuk mengobrak abrik sedikit saja sinar terang yang terdapat di dalamnya. Hati akan lambat laun akan menjadi kelam, seperti malam yang tidak berbulan.
  3. Ketiga, hati yang memiliki potensi mengikuti hawa nafsu, namun juga masih terdapat jeritan keimanan untuk berbuat kebaikan. Ia berada diantara kebaikan dan keburukan, walaupun pada akhirnya ia harus menentukan pilihan; hitam atau putih.
Sebagai hamba Allah, hendaknya kita memohon dan memasrahkan hati kita kepada Allah, agar hati ini terhindar dari goresan-goresan kemunafikan menuju keikhlasan-Nya yang abadi. Wahai manusia, wahai diri kita, wahai para pemimpin-pemimpin bangsa, marilah kita kembali mengenali hati kita beserta sensitifitasnya, agar kita dapat memiliki hati yang suci (Qolbun salim), sebagai mana nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim serta para nabi-nabi lainnya. … Amin.

tips kerja hari pertama

Anda mungkin sangat senang karena akhirnya mendapatkan pekerjaan yang telah lama diimpikan, namun tugas Anda tidak hanya sampai di situ. Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memastikan hari pertama Anda bekerja berjalan dengan baik. Atasan dan rekan kerja akan mulai menilai Anda dari hari pertama, walaupun hal ini tidak merepresentasikan diri Anda seluruhnya, tapi akan jauh lebih mudah memulai bekerja dengan baik daripada harus mengubah persepsi atasan dan rekan kerja Anda dikemudian hari.

Lalu bagaimana seharusnya Anda menjalani hari pertama bekerja?. Apa saja yang harus Anda siapkan dan Anda lakukan?. Ini mungkin akan sedikit sulit, untuk membantu Anda mempersiapkan langkah besar ini para ahli yang telah berpengalaman akan berbagi saran mereka tentang bagaimana menghadapi hari pertama Anda bekerja.

1. Datang lebih awal dan pulang lebih lambat.

Tiba di kantor beberapa menit lebih awal sangatlah penting jika ingin membuat kesan pertama yang baik. Apapun alasannya, sangat tidak dianjurkan datang telat pada hari pertama bekerja. Tidur lebih cepat dari biasanya akan membantu Anda bangun lebih awal besok pagi. Anda juga perlu berangkat lebih pagi agar tidak terjebak kemacetan. Tidak kalah penting juga untuk memastikan diri menjadi salah satu orang terakhir yang meninggalkan kantor pada hari pertama. Rekan kerja mungkin akan menilai Anda sebagai seorang yang rajin dan pekerja keras.

2. Berpakaian yang tepat dan profesional.

Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda peduli pada citra positif perusahaan. Jika sebelumnya Anda melakukan sebuah wawancara di tempat kerja tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan dan mencatat busana para calon rekan kerja. Jika tidak, mintalah saran dari manajer Anda. Beberapa perusahaan mengharuskan para pegawai barunya untuk memakai busana tertentu misalnya atasan kemeja putih dan bawahan celana hitam, itu berarti busana tersebut wajib Anda kenakan. Sangat penting memastikan Anda mengenakan busana yang baik dan terlihat profesional selama beberapa minggu pertama dan kemudian Anda bisa menyesuaikan pakaian sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

3. Bersikap ramah dan menjalin hubungan baik dengan semua orang.

Anda tidak harus menunggu manajer untuk memperkenalkan Anda kepada rekan kerja lain, mereka mungkin tidak ingat untuk melakukannya karena sedang sibuk dengan pekerjaannya. Berinisiatiflah untuk memperkenalkan diri, tebarkan senyum tulus dan perkenalkan diri Anda dengan antusias pada siapapun yang Anda temui di kantor. Jangan lupa untuk mengatakan bahwa Anda sangat senang berkenalan dengan mereka dan ingat nama-nama mereka dengan cepat dan tepat. Akhiri hari pertama Anda bekerja dengan mengucapkan terimakasih secara langsung maupun lewat pesan singkat atau email pada mereka yang telah membantu Anda seharian. Dalam dunia kerja, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan merekomendasikan Anda untuk proyek besar atau promosi berikutnya.

4. Ajukan pertanyaan dan jadilah pendengar yang baik.

Pada hari pertama bekerja, wajar jika Anda merasa tidak yakin tentang peran Anda di perusahaan. Semua orang pernah menjalani hari pertama dan semua orang membutuhkan bantuan. Dengarkan manajer baru Anda baik-baik dan buatlah catatan sehingga Anda dapat mempelajarinya nanti. Galilah semua informasi yang Anda butuhkan, tentang perusahaan, tentang pelanggan, tentang proyek ataupun hal lainnya. Aajukanlah pertanyaan sampai semuanya jelas.

5. Catat semua hal penting

Catat semua informasi penting yang Anda dapat mulai dari nama rekan kerja, posisi mereka, tugas Anda sehari-hari, profil dan target perusahaan atau hal-hal penting lainnya. Semua catatan Anda akan bermanfaat dan Anda akan merasakannya baik sekarang ataupun nanti. Ketika Anda mencatat informasi, orang yang berbicara kepada Anda akan menyadari betapa Anda menghargai interaksi tersebut dan akan setuju untuk pertanyaan selanjutnya serta memberi jawaban yang Anda butuhkan dengan tepat. Ketika Anda membuat rekan kerja merasa penting dengan mencatat informasi yang mereka berikan, Anda berada di jalan yang tepat menuju karir yang sukses.

6. Selesaikan tugas pertama Anda dengan dengan lebih baik.

Tidak perlu memecahkan masalah perusahaan yang rumit, Anda hanya perlu fokus pada tugas pertama yang biasanya adalah pekerjaan kecil. Kerahkan sedikit usaha Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan lebih baik dan sesuai arahan. Misalnya membuat satu slide PowerPoint tambahan untuk menjelaskan kesimpulan presentasi. Atau menambahkan beberapa formula pada spreadsheet untuk mendapatkan beberapa informasi tambahan.

7. Temukan seorang mentor.

Ketika Anda diperkenalkan kepada staf senior, mulailah berpikir untuk mendapatkan seorang mentor. Temukan orang yang tepat yang bisa membantu Anda mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baru. Memiliki seorang mentor akan sangat bermanfaat, selain mereka akan membantu Anda secara langsung, seorang mentor juga akan mendorong kemajuan karir Anda dalam perusahaan. Menemukan seorang mentor yang tepat tidaklah sulit, senior yang sukses biasanya akan dengan senang hati membagi pengetahuan dan pengalaman mereka pada Anda demi kemajuan perusahaan.

Pertama Kerja

Mendapat pekerjaan merupakan pengalaman yang menggembirakan dan tidak terlupakan, terlebih bagi Anda yang fresh graduate. Anda mungkin menceritakan hal tersebut pada orang tua, pacar, teman-teman, atau kerabat. Bukan hanya itu, Anda mungkin berjingkrak-jingkrak sendiri di kamar Anda setelah mengucapkan syukur.
Namun, apa yang akan dilakukan pada hari pertama masuk kerja? Anda khawatir menghadapi hari pertama kerja?
Santai saja. Hari pertama di tempat kerja baru bisa menyenangkan. Berikut adalah tujuh tips yang membantu Anda mewujudkannya.

1. Menemui atasan langsung

Karyawan baru biasanya tidak langsung bekerja. Oleh karena itu, hal pertama yang Anda lakukan adalah menemui atasan langsung Anda. Jika Anda menemui atasan langsung, Anda akan:
  • Menunjukkan rasa hormat Anda kepada atasan langsung yang memang berperan besar pada penerimaan Anda
  • Dapat mengenal lebih dekat atasan langsung sehingga dapat lebih mudah menjalin komunikasi
  • Dapat bertanya tentang tantangan dan tugas yang akan Anda kerjakan
  • Dapat bertanya tentang pengalaman-pengalaman atasan Anda yang relevan dengan posisi Anda
  • Dapat bertanya mengenai peraturan perusahaan
Mohon diingat, atasan langsung Anda merupakan orang yang akan menentukan nasib Anda. Seperti yang mungkin Anda ketahui, sebagai karyawan baru Anda akan menjalani masa percobaan yang umumnya berjalan selama satu tahun. Oleh karena itu, dengan cepat-cepat menemuinya langsung, Anda secara tidak langsung telah menunjukkan siap berkerja sama dengan dia dalam mencapai sasaran unit kerja Anda.

2. Menemui Manajer Departemen

Jika Anda bekerja di subdepartemen, mintalah kepada atasan Anda untuk memperkenalkan Anda kepada Manajer Departemen. Seandainya atasan baru Anda sibuk, mintalah alamat Manajer Departemen tersebut sehingga Anda bisa sendiri menemuinya.
Seperti halnya menemui atasan langsung, dengan menemui Manajer Departemen, Anda bersilaturahmi dan menunjukkan siap bekerja meraih sasaran departemen tersebut.

3. Memperkenalkan diri ke teman-teman baru

Setelah menemui bos-bos baru Anda, temuilah teman-teman kerja baru Anda. Kenalkan diri Anda secara ramah. Misalnya, Anda dapat memperkenalkan asal daerah, latar belakang pendidikan, pengalaman, atau status Anda. Jangan khawatir dengan sikap teman-teman baru Anda tersebut karena mereka akan merespon dengan baik sepanjang Anda memperkenalkan diri dengan baik.
Jika perlu, tukaran nomor handphone atau minta foto bersama demi meningkatkan keakraban. Hal ini penting karena bisa saja beberapa dari mereka akan menjadi bagian penting dalam proyek-proyek baru Anda.

4. Menemui staf personalia

Anda mungkin juga harus menemui staf personalia untuk mengurus kelengkapan administrasi sebagai karyawan baru. Kelengkapan ini bisa berupa kartu identias, perlatan safety, data pembayaran gaji, ijazah dan surat keterangan kelakuan baik, dan dokumen pertauran perusahaan yang berisi hak dan kewajiban Anda sebagai karyawan.
Jangan khawatir jika Anda tidak tahu tempat staf personalia tersebut. Tanyalah pada atasan Anda atau temen-teman baru Anda mengenai hal tersebut.

5. Menata ruangan Anda

Jika Anda sudah diberikan ruangan pada hari pertama kerja, tatalah ruangan tersebut. Anda tidak perlu detail menatanya karena hal tersebut bisa menguras waktu Anda. Anda cukup menata bagian-bagian penting saja, misalnya letak meja, letak kursi, mengecek AC, atau melap permukaan meja.
Usahakan Anda melakukannya sendiri, tanpa menyuruh petugas kebersihan. Mengapa? Selain Anda belum mengenal petugas tersebut, Anda juga sedang melakukan pemanasan terhadap ruangan kerja Anda yang akan digunakan sehari-hari.

6. Meninjau lingkungan kerja

Cobalah meninjau lingkungan tempat Anda bekerja. Peninjauan ini dapat dilakukan dengan melihat bagaimana karyawan lain bekerja, mengidentifikasi tanda-tanda keselematan gedung, melihat bagian luar gedung, tempat rehat, kantin, dan tempat ibadah. Jika perlu, bertanyalah pada satu atau dua karyawan di sana untuk menjelaskan prosedur keselamatan atau hal lain terkait pekerjaan di tempat tersebut. Dengan demikian, Anda akan mendapat gambaran seperti apa suasana kerja yang akan Anda alami ke depannya.

7. Membuat rekening baru

Anda mungkin harus membuat rekening baru jika Anda belum memiliki rekening bank yang disyaratkan perusahaan untuk mengirimkan gaji Anda. Mintalah staf personalia untuk mengantar Anda ke bank yang dimaksud. Manfaat lain dari aktivitas ini adalah Anda dapat mengenal lingkungan di luar perusahaan saat menuju bank. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, bukan?
Hari pertama kerja tidaklah mesti dicemaskan atau dikhawatirkan. Anda dapat dengan mudah menghadapinya secara menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah melakukan satu atau beberapa tips di atas.