Minggu, 03 Januari 2016

Pertama Kerja

Mendapat pekerjaan merupakan pengalaman yang menggembirakan dan tidak terlupakan, terlebih bagi Anda yang fresh graduate. Anda mungkin menceritakan hal tersebut pada orang tua, pacar, teman-teman, atau kerabat. Bukan hanya itu, Anda mungkin berjingkrak-jingkrak sendiri di kamar Anda setelah mengucapkan syukur.
Namun, apa yang akan dilakukan pada hari pertama masuk kerja? Anda khawatir menghadapi hari pertama kerja?
Santai saja. Hari pertama di tempat kerja baru bisa menyenangkan. Berikut adalah tujuh tips yang membantu Anda mewujudkannya.

1. Menemui atasan langsung

Karyawan baru biasanya tidak langsung bekerja. Oleh karena itu, hal pertama yang Anda lakukan adalah menemui atasan langsung Anda. Jika Anda menemui atasan langsung, Anda akan:
  • Menunjukkan rasa hormat Anda kepada atasan langsung yang memang berperan besar pada penerimaan Anda
  • Dapat mengenal lebih dekat atasan langsung sehingga dapat lebih mudah menjalin komunikasi
  • Dapat bertanya tentang tantangan dan tugas yang akan Anda kerjakan
  • Dapat bertanya tentang pengalaman-pengalaman atasan Anda yang relevan dengan posisi Anda
  • Dapat bertanya mengenai peraturan perusahaan
Mohon diingat, atasan langsung Anda merupakan orang yang akan menentukan nasib Anda. Seperti yang mungkin Anda ketahui, sebagai karyawan baru Anda akan menjalani masa percobaan yang umumnya berjalan selama satu tahun. Oleh karena itu, dengan cepat-cepat menemuinya langsung, Anda secara tidak langsung telah menunjukkan siap berkerja sama dengan dia dalam mencapai sasaran unit kerja Anda.

2. Menemui Manajer Departemen

Jika Anda bekerja di subdepartemen, mintalah kepada atasan Anda untuk memperkenalkan Anda kepada Manajer Departemen. Seandainya atasan baru Anda sibuk, mintalah alamat Manajer Departemen tersebut sehingga Anda bisa sendiri menemuinya.
Seperti halnya menemui atasan langsung, dengan menemui Manajer Departemen, Anda bersilaturahmi dan menunjukkan siap bekerja meraih sasaran departemen tersebut.

3. Memperkenalkan diri ke teman-teman baru

Setelah menemui bos-bos baru Anda, temuilah teman-teman kerja baru Anda. Kenalkan diri Anda secara ramah. Misalnya, Anda dapat memperkenalkan asal daerah, latar belakang pendidikan, pengalaman, atau status Anda. Jangan khawatir dengan sikap teman-teman baru Anda tersebut karena mereka akan merespon dengan baik sepanjang Anda memperkenalkan diri dengan baik.
Jika perlu, tukaran nomor handphone atau minta foto bersama demi meningkatkan keakraban. Hal ini penting karena bisa saja beberapa dari mereka akan menjadi bagian penting dalam proyek-proyek baru Anda.

4. Menemui staf personalia

Anda mungkin juga harus menemui staf personalia untuk mengurus kelengkapan administrasi sebagai karyawan baru. Kelengkapan ini bisa berupa kartu identias, perlatan safety, data pembayaran gaji, ijazah dan surat keterangan kelakuan baik, dan dokumen pertauran perusahaan yang berisi hak dan kewajiban Anda sebagai karyawan.
Jangan khawatir jika Anda tidak tahu tempat staf personalia tersebut. Tanyalah pada atasan Anda atau temen-teman baru Anda mengenai hal tersebut.

5. Menata ruangan Anda

Jika Anda sudah diberikan ruangan pada hari pertama kerja, tatalah ruangan tersebut. Anda tidak perlu detail menatanya karena hal tersebut bisa menguras waktu Anda. Anda cukup menata bagian-bagian penting saja, misalnya letak meja, letak kursi, mengecek AC, atau melap permukaan meja.
Usahakan Anda melakukannya sendiri, tanpa menyuruh petugas kebersihan. Mengapa? Selain Anda belum mengenal petugas tersebut, Anda juga sedang melakukan pemanasan terhadap ruangan kerja Anda yang akan digunakan sehari-hari.

6. Meninjau lingkungan kerja

Cobalah meninjau lingkungan tempat Anda bekerja. Peninjauan ini dapat dilakukan dengan melihat bagaimana karyawan lain bekerja, mengidentifikasi tanda-tanda keselematan gedung, melihat bagian luar gedung, tempat rehat, kantin, dan tempat ibadah. Jika perlu, bertanyalah pada satu atau dua karyawan di sana untuk menjelaskan prosedur keselamatan atau hal lain terkait pekerjaan di tempat tersebut. Dengan demikian, Anda akan mendapat gambaran seperti apa suasana kerja yang akan Anda alami ke depannya.

7. Membuat rekening baru

Anda mungkin harus membuat rekening baru jika Anda belum memiliki rekening bank yang disyaratkan perusahaan untuk mengirimkan gaji Anda. Mintalah staf personalia untuk mengantar Anda ke bank yang dimaksud. Manfaat lain dari aktivitas ini adalah Anda dapat mengenal lingkungan di luar perusahaan saat menuju bank. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, bukan?
Hari pertama kerja tidaklah mesti dicemaskan atau dikhawatirkan. Anda dapat dengan mudah menghadapinya secara menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah melakukan satu atau beberapa tips di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar