Senin, 09 Januari 2017

Bahasa Toraja


Bahasa Toraja adalah bahasa dengan struktur yang kompleks, tapi dapat dipelajari dari ungkapan-ungkapan dasar. Berikut ini adalah ungkapan/frase-frase yang dasar dalam bahasa Toraja yang sangat penting untuk diketahui.
  • "Apa Kabar?" dalam Bahasa Toraja "Umbanakua kareba?". Ini dijawab dengan "Kareba Melo" yang artinya "Kabar Baik".
  • Ketika bertamu/berkunjung ke rumah orang toraja, biasanya pengunjung akan menyapa "Manasumoraka!" yang arti harafiahnya adalah "Sudah masak atau belum?". Ini tidak selalu berarti meminta makanan tetapi sudah menjadi sapaan yang melekat bagi warga toraja.
  • Bahasa Toraja tidak mengenal ungkapan "Selamat Pagi!", "Selamat Siang!", maupun "Selamat Sore!"
  • Ungkapan "Terima Kasih" dalam bahasa Toraja adalah "Kurre Sumanga' " - diucapkan apabila menerima pemberian atau kebaikan dari seseorang. Ungkapan ini akan dibalas "Pole Paraya" yang sesungguhnya mempunyai arti yang sama dengan Kurre Sumanga'
  • "Selamat Malam!" dalam Bahasa Toraja adalah "Bongi Melo!"
  • Nah, buat yang ingin mengungkapkan cinta "Aku Cinta Padamu" dalam Bahasa Toraja bisa disampaikan dengan "Kupakaboro'ko"
Bahasa Toraja banyak dipakai di Sulawesi. Sejak Indonesia merdeka, banyak orang Toraja yang menyebar ke berbagai daerah di Sulawesi, seperti : Palu, Palopo, Makassar, Pare-pare dan kota-kota lain.
Selain itu orang Toraja juga banyak menyebar ke pulau lain seperti Irian, Kalimantan, dan Jawa. Sebagian besar orang Toraja pergi untuk mencari penghidupan yang lebih baik, bukan karena daerah Toraja miskin, tetapi karena lapangan pekerjaan yang tidak memadai. Ini pun juga hal yang sama dialami oleh daerah-daerah lain di Negara Indonesia.
Pada tahun 1980-1990an, Basa Toraja (Bahasa Toraja) masih diajarkan sebagai pelajaran wajib sampai kelas 6 Sekolah Dasar (Elementary School).
Untuk melesatarikan Basa Toraya, perlu suatu usaha .. karena kalau tidak bisa jadi Basa Toraya akan menghilang dari bumi ini.
Untuk memulai, kita akan belajar beberapa kalimat-kalimat penting dalam Basa Toraya.
1. Manasumo raka ? ( Have you finished cooking the meal ? )
2.0. Umba susi kareba ? ( How’s life ? How are you ? )
2.1. Indannsa sangammi/sangammu ? (What is your name ? )
3. Piran mi rampo ? ( When did you arrive ? )
4. Tanggala’ pira mo totemo ? (What date is it today ?)
5. Umba muni torro ? (where do you live ? )
6. Tanggala’ pira mu dadi ? (What date is your birthday ?)
7. Lamalena’ ma’ pasa’ ( I want to go to the market )
8. Lamalena’ ma’ pariu ( I am going to plow up the ricefield )
9. Piramo umuru’ mu ? (How old are you? )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar