tips kerja hari pertama
Anda mungkin sangat senang karena akhirnya
mendapatkan pekerjaan yang telah lama diimpikan, namun tugas Anda tidak
hanya sampai di situ. Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah
memastikan hari pertama Anda bekerja berjalan dengan baik. Atasan dan
rekan kerja akan mulai menilai Anda dari hari pertama, walaupun hal ini
tidak merepresentasikan diri Anda seluruhnya, tapi akan jauh lebih mudah
memulai bekerja dengan baik daripada harus mengubah persepsi atasan dan
rekan kerja Anda dikemudian hari.
Lalu bagaimana seharusnya Anda menjalani hari pertama bekerja?. Apa
saja yang harus Anda siapkan dan Anda lakukan?. Ini mungkin akan sedikit
sulit, untuk membantu Anda mempersiapkan langkah besar ini para ahli
yang telah berpengalaman akan berbagi saran mereka tentang bagaimana
menghadapi hari pertama Anda bekerja.
1. Datang lebih awal dan pulang lebih lambat.
Tiba di kantor beberapa menit lebih awal sangatlah penting jika ingin
membuat kesan pertama yang baik. Apapun alasannya, sangat tidak
dianjurkan datang telat pada hari pertama bekerja. Tidur lebih cepat
dari biasanya akan membantu Anda bangun lebih awal besok pagi. Anda juga
perlu berangkat lebih pagi agar tidak terjebak kemacetan. Tidak kalah
penting juga untuk memastikan diri menjadi salah satu orang terakhir
yang meninggalkan kantor pada hari pertama. Rekan kerja mungkin akan
menilai Anda sebagai seorang yang rajin dan pekerja keras.
2. Berpakaian yang tepat dan profesional.
Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda peduli pada citra
positif perusahaan. Jika sebelumnya Anda melakukan sebuah wawancara di
tempat kerja tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan dan mencatat busana
para calon rekan kerja. Jika tidak, mintalah saran dari manajer Anda.
Beberapa perusahaan mengharuskan para pegawai barunya untuk memakai
busana tertentu misalnya atasan kemeja putih dan bawahan celana hitam,
itu berarti busana tersebut wajib Anda kenakan. Sangat penting
memastikan Anda mengenakan busana yang baik dan terlihat profesional
selama beberapa minggu pertama dan kemudian Anda bisa menyesuaikan
pakaian sesuai kebutuhan dan kenyamanan.
3. Bersikap ramah dan menjalin hubungan baik dengan semua orang.
Anda tidak harus menunggu manajer untuk memperkenalkan Anda kepada
rekan kerja lain, mereka mungkin tidak ingat untuk melakukannya karena
sedang sibuk dengan pekerjaannya. Berinisiatiflah untuk memperkenalkan
diri, tebarkan senyum tulus dan perkenalkan diri Anda dengan antusias
pada siapapun yang Anda temui di kantor. Jangan lupa untuk mengatakan
bahwa Anda sangat senang berkenalan dengan mereka dan ingat nama-nama
mereka dengan cepat dan tepat. Akhiri hari pertama Anda bekerja dengan
mengucapkan terimakasih secara langsung maupun lewat pesan singkat atau
email pada mereka yang telah membantu Anda seharian. Dalam dunia kerja,
Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan merekomendasikan Anda untuk
proyek besar atau promosi berikutnya.
4. Ajukan pertanyaan dan jadilah pendengar yang baik.
Pada hari pertama bekerja, wajar jika Anda merasa tidak yakin tentang
peran Anda di perusahaan. Semua orang pernah menjalani hari pertama dan
semua orang membutuhkan bantuan. Dengarkan manajer baru Anda baik-baik
dan buatlah catatan sehingga Anda dapat mempelajarinya nanti. Galilah
semua informasi yang Anda butuhkan, tentang perusahaan, tentang
pelanggan, tentang proyek ataupun hal lainnya. Aajukanlah pertanyaan
sampai semuanya jelas.
5. Catat semua hal penting
Catat semua informasi penting yang Anda dapat mulai dari nama rekan
kerja, posisi mereka, tugas Anda sehari-hari, profil dan target
perusahaan atau hal-hal penting lainnya. Semua catatan Anda akan
bermanfaat dan Anda akan merasakannya baik sekarang ataupun nanti.
Ketika Anda mencatat informasi, orang yang berbicara kepada Anda akan
menyadari betapa Anda menghargai interaksi tersebut dan akan setuju
untuk pertanyaan selanjutnya serta memberi jawaban yang Anda butuhkan
dengan tepat. Ketika Anda membuat rekan kerja merasa penting dengan
mencatat informasi yang mereka berikan, Anda berada di jalan yang tepat
menuju karir yang sukses.
6. Selesaikan tugas pertama Anda dengan dengan lebih baik.
Tidak perlu memecahkan masalah perusahaan yang rumit, Anda hanya
perlu fokus pada tugas pertama yang biasanya adalah pekerjaan kecil.
Kerahkan sedikit usaha Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan
lebih baik dan sesuai arahan. Misalnya membuat satu slide PowerPoint tambahan untuk menjelaskan kesimpulan presentasi. Atau menambahkan beberapa formula pada spreadsheet untuk mendapatkan beberapa informasi tambahan.
7. Temukan seorang mentor.
Ketika Anda diperkenalkan kepada staf senior, mulailah berpikir untuk
mendapatkan seorang mentor. Temukan orang yang tepat yang bisa membantu
Anda mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baru. Memiliki seorang
mentor akan sangat bermanfaat, selain mereka akan membantu Anda secara
langsung, seorang mentor juga akan mendorong kemajuan karir Anda dalam
perusahaan. Menemukan seorang mentor yang tepat tidaklah sulit, senior
yang sukses biasanya akan dengan senang hati membagi pengetahuan dan
pengalaman mereka pada Anda demi kemajuan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar