Senin, 07 Agustus 2017

nasehat sang guru

Pada suatu ketika,ada seorang anak yang pendiam…anak itu hidup di pelantara suatu kampung yang sangat jauh dari perkotaan…hidup dia hanya mengembala kambing dan sapi…sewaktu-waktu dia pun membantu kedua orangtuanya ke sawah…pada malem hari anak ba’da sholat magrib anak itu ikut mengaji/belajar baca al qur’an di surosoan/pondok.
ketika itu…sang guru datang menghampirinya….dan spontanitas murid itu diam dan membisu tak ada suatu kata pun yang terucap…..
sang guru berkata pada muridnya…..
Sang Guru : Wahai Muridku….dengarkanlah apa yang aku ingin katakan pada kalian…dan pahamilah segala sesuatu yang aku ucapkan…
Murid : Wahai Guruku…ada apa gerangan engkau sampai seperti ini…apakah di antara kami semua ada yang salah….
Sang Guru : Tidak,wahai muridku….bukan itu yang aku ingin sampaikan…
Murid : Lalu apa yang ingin guru sampaikan…dan masalah apa sampai guru mengumpulkan kami semua …
Sang Guru : Wahai Muridku….dengarkanlah baik-baik…aku seorang laki-laki tua hidupku tinggal menghitung hari lagi…aku tak tau harus bagaimana lagi… 
Murid : wahai guruku….maafkanlah kami semua bila ada salah akan sikap kami pada guru….mohon berilah maaf pada kami semua…
Guru: Bukan itu wahai muridku…kamu sekalian tak ada yang salah terhadap aku…hanya separuh hidupku ini…aku ingin kalian menjadi orang yang berguna…sampai saat ini….aku tak bisa memberi kalian ilmu yang lebih jauh lagi…wahai muridku…amalkanlah sesuai dengan apa yang kalian amalkan buat diri mu sendiri dulu,barulah keluargamu dan lingkunganmu….
Sang Guru: Wahai Muridku…dengarkanlah nasehatku baik-baik,hanya ini ilmu yang aku berikan pada kalian …
Murid: Baik…wahai guruku….!!!!
Sang Guru: Wahai Muridku Semoga Allah memberimu petunjuk dan pertolongan untuk selalu beramal shalih…Sesungguhnya bagiku engkau ibarat seorang anak yang berada di sisi ayah yang dicintainya,aku bahagia bila melihat dirimu berbadan sehat,berpendirian kuat,suci hati,berakhlak mulia,menjaga adab,menjauhi perkataan tercela,lemah-lembut dalam bergaul,menyayangi sesama,menolong orang fakir,belas kasih terhadap yang lemah,pemaaf,tidak meningglkan sholat dan tidak menunda-nunda waktu untuk beribadah kepada pencipta,pemilik,pemelihara dan penguasa alam ini.
Sang Guru: Wahai Muridku….seandainya engkau mau menerima nasehat dari seseorang,maka akulah orang yang pantas untuk kau terima nasehatnya,aku adalah gurumu,pendidikmu yang membantu memelihara jiwamu,engkau tidak akan mendapatkan seorangpun yang lebih mengharapkan kebaikan dirimu sesudah orang tuamu kecuali aku (Gurumu),karena itu terimalah dengan ikhlas segala nasehatku dan amalkanlah dalam hidupmu serta dalam pergaulan dengan teman-temanmu.
Sang Guru : Wahai Muridku…bila engkau tidak mengamalkan segala nasehatku dalam kesendirianmu, maka engkau tidak akan dapat mengamalkannya di kala bergaul dengan teman-temanmu…
Sang Guru : Wahai Muridku…bila engkau tidak menuruti nasehatku, siapakah yang akan engkau ikuti…??? apakah artinya engkau memaksa dirimu untuk duduk didahapanku???!!!!
Sang Guru : Wahai Muridku ….sesungguhnya seorang guru menyayangi anak didiknya yang taat dan shalih, sukakah engkau bila guru yang telah mendidikmu tidak rela dan tidak mengharap suatu kebaikan atas dirimu….???!!!
Sang Guru : Wahai Muridku…sesgungguhnya aku sangat mengharapkanmu agar selalu beramal shalih,karena itu bantulah aku yaitu dengan taat dan mengikuti nasehatku…
Sang Guru : Akhlaq yang baik adalah hiasan bagi insan,baik bagi dirinya dalam bergaul dengan teman,keluarga,dan sanak saudaranya. karena itu jadilah engkau seorang pemilik Akhlaqul Karimah, tentu setiap orang akan memuliakan dan menyayangimu…
Sang Guru : Wahai Muridku…bila engkau tidak menghiasi ilmu dengan akhlak yang mulia, maka ilmu itu akan lebih membahayakanmu dari pada kebodohanmu, karena orang yang bodoh dimaafkan kerena kebodohannya dan tiada maaf bagi seorang yang alim (Pandai) dihadapan manusia bila tidak menghiasi diri dengan akhlak yang baik…
Sang Guru : Wahai Muridku…..jangan engkau hanya menanti saran dan kritik dariku, sesungguhnya mawas diri itu lebih utama dan lebih besar manfaatnya…
Sang Guru : Wahai Muridku…hanya itu yang aku berikan padamu…semoga allah swt memberikan petunjuk bagi orang-orang yang di beri petunjuk dan di ridhoi-Nya….amien…
Kirimkan Komentar yang membangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar