Selasa, 29 September 2015

Penghuni Surga

20 TANDA CALON PENGHUNI SURGA

Hasil gambar untuk calon surga

1.      Ia mengucap “Laa ilaahaillallaahu...”
Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bersaksi bahwasanya tiada Ilah yg berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah hamba sekaligus Rasulnya, dan Isa adalah hamba Allah (yg diciptakan dengan kalimatnya) yg disampaikan kepada Maryam dengan tiupan ruh darinya. Juga meyakini bahwasanya surga dan neraka itu hak keberadaannya, maka Allah akan memasukkannya ke surga berapapun amal yg diperbuatnya.” (HR. Muttafaqul alaih)

2.      Ia mengucap “Bismillahirrahmanirrahim”
Segala sesuatu yg dimulai dengan memuji Tuhan pasti membuahkan hasil yg bermanfaat. Sebab segala sesuatu yg didasarkan atas nama Allah, insyaAllah Allah akan meridhainya. Ketika Basmallah diturunkan kepada Rasulullah SAW, alam raya menyambutnya dengan gegap gempita. Syaitan-syaitan mendapat lemparan bintang-bintang dari langit. Allah mengajarkan bahwa Basmallah adalah obat penawar penyakit dan sebagai pembuka barakah, dan bagi yg membacanya maka surga hadiahnya. 

3.      Ia mengucap “Rabbana atinaa fiddunyaa hasanah...”
Ana bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yg memohon sebanyak tiga kali untuk dimasukkan ke surga, maka surga akan berkata, ‘Ya Allah masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yg memohon kepada Allah sebanyak tiga kaliagar dijauhkan dari neraka, maka neraka akan berkata, ‘Ya Allah jauhkanlah dia dari neraka.’” (HR. Tirmidzi)

4.      Ia mengucap Laa haula wa laa quwwata illa billaah”
Abu Musa al-Asy’ari menceritaka, Rasulullah SAW pernah berkata kepadaku, “Maukah ebgkau aku tunjukkan salah satu perbendaharaan surga?” Aku menjawab, “Tentu ya Rasulullah.” Beliau berkata, “Laa haula wa laa quwwata illa billah.” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

5.      Ia mengucap “Subhaanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallahu wallaahu akbar”
Dari Abu Hurairah ra, sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa yg membaca tasbih setelah selesai shalat sebanyak 33 kali, membaca tahmid sebanyak 33 kali, dan membaca takbir 33  kali, kemudian dia menutupnya dengan 100 kali bacaan Laa ilaahaa ilallahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaakulli syai’in qadiir; maka dosa-dosa diampuni sekalipun dosa-dosanya sebanyak buih-buih dilaut.” (HR. Imam Muslim)



6.      Ia mengucap “Subhaanalla wabihamdih, Subhaanallahil ‘Adhim”
Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Ada dua kalimat yg ringan diucapkan, tetapi sangat berat timbangannya, dicintai oleh Allah Yang Maha Pengasih, kalimat itu adalah Subhaanallah Wabihamdih Subhaanallahil ‘Adhim (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah yg Maha Agung).” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

7.      Ia membaca Al-Qur’an
Aisyah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yg membaca Al-Qur’an dan membacanya dengan lancar tanpa terbata-bata, akan berkumpul dengan para malaikat. Sedangkan orang yg membacanya dengan terbata-bata, akan mendapatkan ganjaran dua kali lipat.” (HR.Bukhari Muslim)

8.      Ia menunaikan Shalat
Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yg memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yg akan mewarisi, (yakni) yg akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Mukminun: 9-11)

9.      Ia banyak bershalawat
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yg beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)
Dari Ibnu Mas’ud ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yg paling dekat denganku nanti pd hari kiamat ialah mereka yg paling banyak membaca shalawat untukku.” (HR. Turmudzi)

10.  Ia menunaikan shalat Tahajjud
Dari Abdullah bin Sallam ra, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah kekerabatan, dan shalatlah di saat manusia terlelap tidur pd saat malam, niscaya kau masuk surga, kampung keselamatan.” (HR. Ibnu Majah)

11.  Ia melaksanakan puasa
Sesungguhnya surga itu mempunyai pintu yg disebut babu ar-Rayyan . Pd hari kiamat nanti pintu tersebut akan bertanya, ‘Dimana orang-orang yg berpuasa?’ Apabila yg terakhir dari mereka telah masuk, maka pintu itu pun akan tertutup.’” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

12.  Ia senantiasa berzakat
Dari Abu Ayyub ia berkata, bahwasanya ada seseorang yg bertanya kepada Nabi, “Beritahukan kepadaku amal yg dapat memasukkan aku ke surga.” Beliau menjawab, “Harta! Harta!” selanjutnya Beliau bersabda, “yg terpenting bagimu adalah menyembah Allah, tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan menyambung tali silaturrahmi.” (HR. Bukhari)

13.  Ia menunaikan Haji
Rasulullah SAW bersabda, “Umrah yg satu ke umrah berikutnya menjadi pelebur dosa yg terjadi di antara keduanya. Tidak ada balasan bagi haji mabrur, selain surga.” (HR. Muslim)

14.  Ia menuntut ilmu
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yg menempuh perjalanan dengan tujuan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya.” (HR. Muslim)

15.  Ia mengendalikan syahwat
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yg mampu menjaga apa yg ada di antara kedua rahangnya (lisannya) dan apa yg ada di antara kedua kakinya (kemaluannya) dengan baik, aku berani menjamin bahwa dia pasti akan masuk surga.” (HR. Bukhari-Muslim)

16.  Ia jujur dalam perkataan dan perbuatan
Dari Ibnu Mas’ud ra, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kujujuran itu akan menuntun kepada kebaikan, sesungguhnya kebaikan itu akan menuntun ke surga, dan sesungguhnya orang yg senantiasa berlaku jujur akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yg jujur.” (HR. Bukhari-Muslim)

17.  Ia menyempurnakan wudhu
Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan ada seorang yg berwudhu kemudian menyempurnakan wudhunya lalu melakukan shalat dua rakaat, ... melainkan diwajibkan baginya masuk surga.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

18.  Suami yg Ridha pada Istrinya
Dari Ummu Salamah ra, berkata Rasulullah SAW, “Setiap istri yg meninggal dunia sedang suaminya meridhoinya, niscaya ia masuk surga.” (HR. Turmudzi)

19.  Ia takut kepada Allah SWT
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa takut, tentulah dia berangkat sejak permulaan malam. Dan barangsiapa yg berangkat di permulaan malam, niscaya akan sampai ke tempatnya. Ingatlah, sesungguhnya barang dagangan itu mahal. Ingatlah sesungguhnya barang dagangan Allah itu adalah surga.” (HR. Tirmidzi)

20.  Ia bertaubat
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yg luasnya seluas langit dan bumi yg disediakan untuk orang-ornag yg bertaqwa.” (QS. Ali-Imran: 133)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar