Senin, 21 Mei 2018

Selamat menjalankan ibadah puasa 1439H

Kata Mutiara Puasa Pertama

Dari sahabat Jabir, Utsman bin Abu Al ‘Ash dan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Puasa merupakan perisai terhadap neraka, sebagaimana perisai kalian pada peperangan,” (H.R. Imam Ahmad).

Kata Mutiara Puasa Kedua

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Puasa adalah tameng. Bila salah seorang dari kalian berada pada hari puasa, janganlah ia berbuat dia-sia dan janganlah ia banyak mendebat. Jika orang lain mencercanya atau memusuhinya, hendaknya ia berkata, ‘Aku sedang berpuasa’,” (H.R. Al Bukhari dan Muslim).

Kata Mutiara Puasa Ketiga

Dalam hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan kebaikannya menjadi sepuluh hingga 700 kali lipat. Allah berfirman, ‘Kecuali puasa. Sesungguhnya amalan itu (puasa) adalah khusus bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya, karena  orang yang berpuasa meninggalkan syahwat dan makanan karena Aku. Bagi orang yang berpuasa, ada dua kegembiraan; yakni kegembiraan ketika ia berbuka dan kegembiraan ketika ia berjumpa dengan Rabb-Nya,” (H.R. Muslim).

Kata Mutiara Puasa Keempat

Dari Sahl bin Sa’ad, Nabiyullah bersabda, “Sesungguhnya di Surga ada pintu bernama Ar Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan memasukinya di hari kiamat. Tidak ada seorang pun yang melewati pintu tersebut Kecua dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka (orang-orang yang berpuasa) pun memasukinya. Jika orang terakhir diantara mereka telah masuk, maka pintu itu pun dikunci hingga tak ada seorang pun yang memasukinya,” (H.R. Al Bukhari dan Muslim).

Kata Mutiara Puasa Kelima

Seorang sahabat, Abu Umamah, bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, perintahkanlah kepadaku untuk mengerjakan suatu amalan yang dengannya dapat memasukkanku ke dalam surga.” Lalu Beliau bersabda, “Berpuasalan, karena puasa itu tak ada bandingannya,” (H.R. Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Hibban, dan yang lainnya).

Kata Mutiara Puasa Keenam

Dari Abu Sa’id Al Khudry, Nabi Muhammad bersabda, “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh perjalanan 70 tahun,” (H.R. Al Bukhari dan Muslim).

Kata Mutiara Puasa Ketujuh

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang teh lalu akan diampuni,” (H.R. Al Bukhari dan Muslim).

Kata Mutiara Puasa Kedelapan

Dalam hadis Abdullah Bin ‘Amr, Nabi Muhammad bersabda, “Puasa dan Alquran akan memberi syafaat untuk seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku telah melarangnya terhadap makanan dan syahwat pada siang hari, maka izinkanlah aku memberikan syafa’at baginya.’ Alquran berkata, ‘Aku telah menghalanginya dari tidur malam, maka izinkanlah aku untuk memberi syafa’at baginya.’ Rasul bersabda, Maka keduanya mendapat izin untuk memberikan syafa’at kepada hamba tersebut,” (H.R. Ahmad, Al Hakim dan selain keduanya).

Kata Mutiara Puasa Kesembilan

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada harum kasturi,” (H.R. Muslim).

Kata Mutiara Puasa Kesepuluh

Dari Abdullah bin Mas’ud, Nabiyullah bersabda, “Wahai sekalian pemuda, barangsiapa diantara kalian yang mampu menikah, hendaklah ia menikah. Karena hal tersebut lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, hendaknya ia berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah pemutus syahwatnya,” (H.R. Al Bukhari dan Muslim).
Kirimkan Komentar yang membangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar