Selasa, 24 Mei 2016

Menghadapi Bulan Ramadhan 1437 H

Marhaban Ya Ramadhan.....
Bulan yang penuh dengan keutamaan-keutamaan, bulan yang suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang beriman, memberikan banyak berkah kepada orang yang ingin bersedekah, menjadi harapan buat orang fakir dan miskin karena ada bagian mereka, menjadikan orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa ramadhan menjadi orang yang bertaqwa. bulan yang di dalamnya pintu surga dibuka lebar dan pintu neraka ditutup rapat-rapat, syetan-syetan dibelenggu, tingkat keimanan kaum muslimin meningkat hingga 100 derajat, bulan yang didalamnya rahmat Allah diturunkan, maqfirah Allah diturunkan dan ampunan Allah dibuka lebar.  
Banyak orang yang justeru begitu senang menyambut kedatangan Ramadhan dan tampak sedih saat Ramadhan pamit meninggalkan kita karena memang tak ada jaminan jika pada tahun selanjutnya akan bisa kita laksanakan ibadah di bulan Ramadhan itu. Mungkin bisa jadi umur kita tidak panjang. Karenanya jelas yang mesti dilakukan adalah bagaimana kita memanfaatkan Ramadhan yang hadir ini sebaik-baiknya dan menjadikannya sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas keimanan kita untuk 11 bulan mendatang.
Jadi teramat sia-sia orang yang tak memanfaatkan Ramadhan secara optimal. Justeru kebanyak orang malaha asyik mempersiapkan acara untuk Idul Fitri yang jika diukur dengan uang bukanlah uang yang sedikit jumlahnya. Justeru bukan di situ titik tekannya, melainkan sebenarnya bagaimana kaum muslimin menjadikan momentum Ramadhan untuk bisa meningkatkan keimanannya serta bagaimana ia mampu membentuk akhlaknya untuk menjadi muslim yang taat kepada Allah serta mencintai sesamanya.
"Sekiranya manusia mengetahui kebaikan-kebaikan yang terdapat di bulan Ramadhan, tentu mereka mengharapkan agar seluruh bulan adalah Ramadhan. " (HR Ibnu Huzaimah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar