Kamis, 09 Februari 2017

SEHAT DAN BERKAH ALA RASULULLAH


TIPS HIDUP 



Tips hidup sehat & berkah ala Rasulullah
Diantara penyebab munculnya penyakit pada tubuh manusia adalah karena serangan virus dan bakteri. Faktor lainnya bisa karena gaya hidup yang kurang sehat, misalnya saja tidak pernah berolahraga karena sibuk dengan aktivitas kantor dan senang memakan makanan yang serba instan.
Jadi, langkah pertama dan terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit pada tubuh kita adalah dengan merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat dan suka mengkonsumsi makanan alami.
Gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, istirahat di malam hari yang berkualitas, memakan makanan alami, dan menjaga kebersihan memang dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit. Akan tetapi hal tersebut tak menutup kemungkinan suatu hari anda tetap terserang penyakit misalnya karena gangguan virus dan bekteri yang bisa saja menginfeksi anda saat berada di tempat umum.
1)      Hidup sehat dengan pola makan yang tepat
2)      Hidup sehat dengan pola tidur sehat
3)      Hidup sehat dengan olahraga ketat
4)      Hidup sehat dengan puasa
5)      Hidup sehat dengan shalat
6)      Hidup sehat dengan kebersihan badan, pakaian, dan tempat
7)      Sehatkan diri dengan kebiasaan berjalan kaki
8)      Sehatkan diri dengan mengelola emosi
9)      Hidup penuh berkah berkat sedekah
10)  Raih keberkahan hidup dengan bersyukur yang tiada pernah cukup
11)  Hidup berkah dengan amalan sunnah
Gaya hidup sehat telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sejak lama. Dan ini tidak banyak diketahui oleh umatnya. Perlu kita mengingat lagi firman Allah SWT : “Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”. (al-Ahzab [33]:21).
Dalam bebagai aktivitas dan pola kehidupan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam memang sudah dirancang oleh Allah subhaanahu wa ta’ala sebagai contoh teladan yang baik (uswah hasanah) bagi semua manusia. Teladan ini mencakup berbagai aspek kehidupan termasuk dalam hal pola makan yang bermuara pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Kesehatan merupakan aset kekayaan yang tak ternilai harganya. Ketika nikmat kesehatan dicabut oleh Allah  subhaanahu wa ta’ala, maka manusia rela mencari pengobatan dengan biaya yang mahal bahkan ketempat yang jauh sekalipun.
Sayangnya, hanya sedikit orang yang peduli dan memelihara nikmat kesehatan yang Allah subhaanahu wa ta’ala telah anugerahkan sebelum dicabut kembali oleh-Nya.
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda :
“Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR Bukhari no. 6412).
Dalam hadist lain disebutkan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
“Nikmat yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah ketika dikatakan kepadanya, “Bukankah aku telah menyehatkan badanmu serta memberimu minum dengan air yang menyegarkan?” (HR. Tirmidzi:3358).
Jangan sampai kita menjadi muslim yang mengabaikan kehidupan sehat, sebab dengan kesehatan tubuh yang kita miliki maka akan membuat ibadah kita menjadi maksimal. Jika ibadah maksimal, maka pahala pun akan diberikan maksimal pula oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar