Kamis, 09 Februari 2017

hidup akan Berkah, Sukses dan Bahagia

7 Sunnah Rasulullah SAW, 

Assalamualaikum Wr.Wb.

Semoga kita selalu dalam lindungan  Allah SWT,selalu mendapat nikmat dan hidayahnya, selalu diberi kemudahan dalam segala hal, mendapat rizki yang banyak dan berkah, dan selalu diberi kesehatn agar bisa beribadah,aamiin,,,
Saudaraku seiman, mungkin sobat sudah tahu 7 amalan yang di sunnahkan oleh Nabi kita Muhammad SAW, yang dengan mengamalkan amalan ini insyaAllah kita bisa menjalani hidup ini dengan sukses,berkah dan bahagia di dunia maupun akhirat.
Sobatku yang saya sayangi, apa saja 7 sunnah rahasia hidup berkah, sukses dan bahagia itu? mari kita simak.
disini saya g banyak menulis, jadi to the point aja yach,,,biar enak bacanya tidak terlalu panjang lebar dan insyaAllah yang sedikit tulisan ini bisa terserap kedalam otak kita dan bisa kita amalkan.
Nah ini 7 sunnah rahasia itu yang diajakarkan oleh Nabi Muhammad SAW:


  • Menjaga Wudhu, klo mau Sholat sobatkan harus bersuci dulu atau wudhu dulukan. Nah itu dia sobat harus bisa menjaganya sampai habis sholat. Kalaupun batal,sobat bisa ambil wudhu lagi,jadi setiap saat sobat selalu dalam keadaan suci. Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakanlah hal itu”". (Riwayat Bukhari dan Muslim).
  • Tahajud dan Witir, sobat pasti sudah tahu, Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah orang tidur dan bangun di sepertiga malam. Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajjudlah kamu sebagai ibadah nafilah bagimu, mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Al-Isro’:79).                                                                                                                                                                           Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam.” (HR Muslim No. 757), disini jelas,dengan melakukan sholat tahajud maupun witir doa kita akan dikabulkan oleh Allah. Jadi apa yang kita inginkan baik didunia dan akhirat akan dikabulkan oleh Allah,selama niat kita baik.
  • Sholat berjama'ah, sholat yang dikerjakan 2 orang atau lebih dalam satu tempat. biasa dikerjakan di masjid atau musholla. dengan sholat berjamaan akan terjalin silaturahmi antar manusia. Ada pepatah mengatakan, banyak kawan banyak rejeki. Bagi pria wajib untuk menunaikan sholat berjamaah di masjid.
  • Tadabur Al Quran, membaca Al Quran. Setiap muslim diharuskan bisa membaca kitab sucinya yaitu Al Quran atau klo belum bisa membacanya minimal mendengarkan murotal Al Quran. Dengan membaca atau mendengarkan Al Quran dan membaca maknanya hati kita akan tenang dan damai, hati bisa bersih dari sifat-sifat tercela.
  • Sholat Dhuha, Sholat sunnah yang dikerjakan setelah terbit matahari setinggi sepenggalah. sholat sunnah ini bisa membuka pintu rejeki kita. Dengan sholat dhuha bisa memberi sedekah bagi seluruh persendian kita. Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:“Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala” (HR Muslim).                                                                                                       Dan dengan sholat dhuha kita akan dibangunkan rumah disurga kelak,sesuai dengan hadits :“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami`: 634).                                                                                                          Dosa kitapun akan di ampuni oleh Allah SWT,walaupun itu sebanyak buih dilautan,“Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi).                                                                                                                  Inilah sebagian keutamaan Sholat Dhuha,masih banyak lagi keutamaannya.
  • Puasa Senin-Kamis, puasa yang dikerjakan pada hari seni dan kamis setiap minggunya. bagus juga buat yang bertubuh subur,bisa langsing nantinya heee,,,dan bisa menambah kesehatan tubuh kita.Sehubungan dengan hal ini ada 2 hadis dari Rasulullah yg berkenaan dengan pemilihan hari Senin dan Kamis.Yang pertama, dalam Hadist Riwayat Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah mengatakan bahwa semua amal dibentangkan di hari Senin dan Kamis. Karena itu, sebagai orang beriman, sungguhlah baik bila pada saat malaikat melaporkan amalan kita itu kita tengah berpuasa.Yang kedua, hari Senin Kamis adalah hari istimewa karena pada hari itulah Rasulullah dilahirkan, menjadi rasul dan mendapat wahyu (HR Muslim).    Puasa bisa juga membuat awet muda sobat, beberapa orang ahli dari Barat yang non-muslim, seperti Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika) telah mengakui kalau puasa bisa membuat awet muda dan badan tambah sehat.
    Allan Cott M.D bahkan telah membukukan beberapa hikmah dari puasa ke dalam sebuah buku yang berjudul Why Fast?
    Berikut adalah beberapa hikmah dari puasa yang diambil dari buku Why Fast? :
    1. To feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental)
    2. To look and fell younger (supaya terlihat dan merasa lebih muda)
    3. To clean out the body (membersihkan badan)
    4. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak)
    5. To get more out of sex (lebih mampu mengendalikan sex)
    6. To let the body health itself (membuat tubuh sehat dengan sendirinya)
    7. To relieve tension (mengendorkan/melepaskan ketegangan jiwa)
    8. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi)
    9. To gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri)
    10. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan)
    Sementara itu, Dr. Yuri Nikolayev berpendapat bahwa kemampuan puasa yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda adalah sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan: “What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting.”
    (Menurut pendapat Anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional).
    Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh (fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour). Gimana  hebatnya puasa?selamat berpuasa.
  • Sedekah, Dianjurkan untuk senantiasa bersedekah dalam kondisi apapun. Sebagaimana Firman Allah Swt yang artinya: “(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan/menyedekahkan (hartanya), baik di waktu lapang (banyak rizki) maupun sempit (tidak banyak rizki), dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Al-Imron (3): 134).                                                                                                                         ”Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, Dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga), Maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah (kesuksesan).” (QS. Al-Lail (92): 5-7).                                                                                                Bersedekah bukan berrti kita akan jadi miskin,malah justru sebaliknya,akan dilipat gandakan ganjaran dari sedekah kita oleh Allah SWT,:   “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. 2 : 261). Dengan sedekah hidup kita akan lebih bahagia,lebih tenang,mau sembuh mari sedekah,mau punya anak monggo sodakoh dan sobat mau apa,lakukan sedekah,lalu mintalah hajat sobat kepada Allah. Lakukan pada keluarga terdekat,sahabat,tetangga dan orang yang ada di sekitar kita. semoga sobat bisa menjadi orang yang bermanfaat,,,         
Nah,itu 7 rahasia sunnah Rasulullah SAW yang dianjurkan oleh beliau untuk umatnya. InsyaAllah kita bisa mengamalkannya dan kita bisa mendapatkan nikmat,kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat,aamiin. semua kebenaran dari Allah dan kesalahan dari saya pribadi.
wassalamualaikum Wr.Wb.  
Kirimkan Komentar yang membangun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar