Rabu, 15 Juli 2015

laila al qadr

Nafāis Tsamarāt: Keutamaan Lailatul Qadar

‏عَنْ ‏عَائِشَةَ ‏أمِّ المؤمنين رضي الله عنها ‏قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏يُجَاوِرُ (يعتكف) فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُولُ: “تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ”. رواه البخاري
Dari Aisyah radliyallāhu ‘anhā berkara: Rasulullah saw beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Dan Beliau bersabda: “Carilah lailatul qadar pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari).
و‏عَنْ ‏عَائِشَةَ‏ ‏رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ‏أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏‏قَالَ: “‏تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ”.
Dari Aisyah radliyallāhu ‘anhā bahwa Rasulullah saw bersabda: “Carilah lailatul qadar pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.
وروى النسائي عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم: «أتاكم رمضان شهر مبارك فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغل فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر من حرم خيرها فقد حرم».
An-Nasai meriwayatkan dari Abu Hurairah yang berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan yang diberkati. Allah azza wa jalla telah mewajibkan kalian berpuasa di bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan ini pintu-pintu langit dibuka, sebaliknya pintu-pintu Jahannam ditutup, dan di bulan Ramadhan ini pula medan perang setan dibelenggu. Adalah hak Allah bahwa di bulan Ramadhan ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang darinya, maka sungguh ia terhalang (dari semua kebaikannya).”
عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “مَن صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدَّم من ذنبه ومن قام ليلة القدر إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدَّم من ذنبه”. رواه البخاري ومسلم وأبو داود والنَّسائي والدارمي وابن حِبَّان.
Dari Abu Hurairah radliyallāhu ‘anhu dari Nabi saw yang bersabda: “Siapasaja yang berpuasa pada bulan Ramadlan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu. Siapasaja yang melakukan qiyamul lail pada malam lailatul qadar dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR Bukahri, Muslim, Abu Dawud, an-Nasai, ad-Darimi dan Ibnu Majah).
عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: “دخل رمضان، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن هذا الشهر قد حضركم وفيه ليلةٌ خيرٌ من ألف شهر، مَن حُرِمَها فقد حُرِم الخيرَ كلَّه، ولا يُحْرَم خيرَها إلا محرومٌ”. رواه ابن ماجه. ورواه أحمد والنَّسائي من طريق أبي هريرة رضي الله عنه
Dari Anas bin Malik radliyallāhu ‘ahu yang berkata bahwa ia mendapati bulan Ramadhan. Lalu Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) benar-benar telah datang kepadamu, dimana pada pada bulan Ramadhan ini ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang darinya, maka sungguh ia terhalang (dari) kebaikan semuanya. Dan tidak terhalang (dari) kebaikannya, kecuali orang-orang yang bernasib buruk.” (HR Ibnu Majah, dan diriwayatkan juga oleh Ahmad, sedang an-Nasai meriwayatkan dari jalan Abu Hurairah radliyallāhu ‘anhu).
Sumber: hizb-ut-tahrir.info, 11/7/2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar