Senin, 07 November 2016

Demokrasi Menistakan Rakyat


[Al-Islam No. 829-4 Shafar 1438 H-4 November 2016]

Harapan umat Islam sebagai penduduk mayoritas negeri ini untuk mendapatkan keadilan atas kasus penistaan al-Quran yang dilakukan Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama, alias Ahok, sepertinya coba dipadamkan. Banyak upaya keras dari sejumlah pihak agar kasus penistaan Islam ini dipetieskan, mulai dari seruan agar umat menerima permintaan maaf Ahok hingga proses hukum yang terkesan dipersulit.
Pemerintah Lamban
Sejak awal Pemerintah dan Kepolisian terkesan lamban dalam merespon gugatan umat terhadap Ahok. Polda Metro Jaya sempat menolak gugatan sejumlah tokoh dan elemen umat Islam dengan dalih tidak ada fatwa dari MUI. Namun, saat MUI telah menetapkan bahwa isi video tersebut mengandung unsur penistaan agama, Bareskrim Polda Metro Jaya justru enggan menjadikan fatwa MUI sebagai dasar acuan pengaduan. “‎Bareskrim mencari tahu soal peristiwa ini secara hukum. Ini yang nanti mau ditanyakan ke ahli bahasa, seperti apa. Kemudian ahli agama, dalam hal ini MUI juga,” kata Ari Dono, Senin (24/10/2016) di Bareskrim, KKP, Gambir, Jakarta Pusat.
Pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Ahok juga dibuat menjadi tidak mudah. Kapolri Tito Karnavian mengatakan pemeriksaan Ahok selaku Gubernur DKI harus menunggu izin Presiden. Padahal aturan itu sudah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada 26 September 2012.
Terakhir, pihak Bareskrim menyatakan, Ahok bisa jadi lolos dari jerat tindak pidana dalam kasus ini. “Jadi kalau hukum agama mungkin kena hukum agama, kalau hukum positifnya kan belum tentu,” ujar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Agus Andrianto, terkait kedatangan Ahok ke Bareskrim Polri.
Lambannya respon dan penanganan kasus ini oleh Pemerintah membuat ghirah umat makin membara. Muslim yang sehat imannya tak akan berdiam diri manakala orang yang sudah menistakan agamanya masih berjalan seenaknya dan justru mendapat pembelaan. Sikap ini yang membuat gelombang unjuk rasa dari umat terus bergulir di berbagai daerah. Puncaknya adalah aksi besar di Ibukota pada tanggal 4 November 2016 (Jumat ini!).
Namun sayang, lagi-lagi Pemerintah, khususnya Kepolisian, menunjukkan sikap tidak adil dan berlebihan terhadap aksi umat ini. Selain mengerahkan ribuan pasukan, termasuk dari berbagai daerah, Kapolda Metro Jaya juga sempat memberikan instruksi agar anggotanya tidak ragu-ragu melakukan tembak di tempat bagi para pendemo yang dianggap merusuh tanggal 4 November 2016.
Namun, setelah dikritik keras oleh berbagai kalangan, termasuk oleh TNI, pihak Polda melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono, mengeluarkan bantahan. Malah menurut dia, pihak Kepolisian menyiapkan para petugas yang akan mengamankan demonstrasi tanpa dibekali senjata api.
Menghadapi persoalan penistaan agama ini, kita melihat Pemerintah dan aparat penegak hukum justru lebih fokus pada penanganan aksi unjuk rasa umat Islam pada 4 November, bukan pada akar persoalan sesungguhnya, yaitu kasus penistaan Islam. Padahal api yang menyulut kemarahan umat adalah penistaan Islam oleh Ahok. Jika umat merasa sudah mendapat keadilan, niscaya aksi unjuk rasa tidak akan mereka lakukan.
Omong-kosong Demokrasi!
Melihat lamban dan alotnya proses penanganan terhadap Ahok, wajar bila sejumlah kalangan menilai ada skenario untuk menyelamatkan sang gubernur petahana. Lebih dari itu, berbagai tindakan yang diambil Pemerintahan Jokowi dan Kepolisian menyiratkan kesan Ahok di atas segalanya; termasuk di atas negara dan kepentingan rakyat banyak, juga di atas kehormatan umat Islam dan kemuliaan ajaran Islam.
Pembelaan terhadap Ahok bukan tak mungkin karena dia didukung oleh para kapitalis. Bukan rahasia lagi bila Ahok ditopang oleh banyak konglomerat. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno pernah mengungkapkan bahwa kandidat calon petahana Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dibiayai sejumlah pengusaha kaya untuk mendukung dia di Pilgub DKI 2017 mendatang. “Saya dengar ada lima konglomerat di belakang Ahok. Ya, sponsornya kuat,” kata Hendrawan. Hal ini tidak dibantah oleh kubu Ahok dengan alasan sudah ada undang-undang yang mengatur dana sumbangan kampanye.
Keberpihakan Ahok kepada orang kaya dan ketidakpeduliannya terhadap rakyat miskin juga terlihat jelas. Kawasan warga miskin seperti Kampung Rawajati, Kampung Luar Batang, Pasar Ikan, dll digusur. Sebaliknya, banyak bangunan mewah milik pengusaha besar di jalur hijau didiamkan. Ahok juga mengizinkan mobil-mobil pribadi masuk ke jalur busway dan melarang kendaraan roda dua masuk ke sejumlah jalur perkantoran di Jakarta. Ahok menggusur kawasan lokalisasi ecek-ecek Kalijodo, tetapi mendiamkan kawasan prostitusi kelas atas di daerah Glodok dan sekitarnya.
Bila sudah begini, slogan demokrasi adalah “dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat” adalah omong-kosong. Faktanya, rakyat hanya dirangkul pada setiap musim Pemilu, tetapi mereka kemudian dinistakan saat kekuasaan sudah dalam genggaman. Penguasa terpilih malah lebih banyak berpihak kepada kaum kapitalis yang telah mendanai mereka selama Pemilu.
Fakta bahwa penguasa produk demokrasi sering lebih memuliakan para konglomerat dan menistakan rakyat sesungguhnya tidak aneh. Situs berita al-jazeera.com pada bulan Februari 2015 menurunkan tulisan berupa hasil dua buah studi politik yang menunjukkan bahwa demokrasi sebenarnya dimiliki dan dikendalikan orang kaya. Para senator di AS rata-rata lebih berpihak dan memperhatikan kepentingan para donor dibandingkan pemilih yang lain (http://america.aljazeera.com/opinions/2015/2/new-evidence-suggests-that-the-rich-own-our-democracy.html). Di Indonesia juga sama saja. Pada tahun 2008, Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) menegaskan parpol hanya dimiliki oleh pihak tertentu yaitu aristokrat, saudagar dan jawara.
Karena itu meski mayoritas rakyat (umat Islam) menuntut keadilan dalam kasus pelecehan ayat al-Quran, sangat mungkin tuntutan mereka akan diabaikan. Penguasa yang disokong oleh para konglomerat tentu akan mati-matian menyelamatkan Ahok yang mereka dukung meski harus mengorbankan kepentingan rakyat banyak. Inilah wajah demokrasi yang sebenarnya: menistakan rakyat!
Campakkan Demokrasi, Tegakkan Khilafah
Semoga umat makin sadar bahwa demokrasi bukanlah sistem kehidupan yang sahih. Demokrasi penuh dengan tipudaya, menyengsarakan umat, serta menistakan agama. Dalam demokrasi, orang kafir dan zalim sekaligus penista Islam semacam Ahok justru bisa dicalonkan sebagai kepala daerah dan dielu-elukan oleh media massa hanya karena didukung oleh para konglomerat.
Semoga umat Islam pun makin sadar bahwa sistem demokrasi tidak akan pernah memberikan keadilan sesuai tuntunan al-Quran dan as-Sunnah. Hanya dalam sistem Islam, keadilan yang hakiki dapat diwujudkan. Hanya dengan syariah Islam kehormatan Islam dapat dibela dan penista Islam dapat dihukum seadil-adilnya. Allah SWT berfirman:
﴿أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ﴾
Apakah sistem hukum Jahiliah yang mereka kehendaki. (Hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (QS al-Maidah [5]: 50).
Wahai kaum Muslim!
Masalah penistaan Islam—yang sesungguhnya terus berulang—hanya bisa dituntaskan sepenuhnya dengan menegakkan syariah Islam dalam kepemimpinan Khilafah. Penghulu umat ini, Rasulullah saw., telah menegaskan bahwa hanya Imam/Khalifah yang dapat melindungi Islam dan umatnya, bukan yang lain.
‏«إِنَّمَا الْإِمَامُ ‏‏جُنَّةٌ ‏ ‏يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَيُتَّقَى بِهِ»
Sesungguhnya Imam (Khalifah) itu adalah perisai. Umat diperangi di belakang Khalifah dan akan dijaga oleh Khalifah (HR Muslim).

Khalifah akan melindungi Islam dan umatnya dengan menerapkan syariah Islam yang datang dari Allah SWT, bukan hukum hasil kompromi penguasa dan wakil rakyat dengan kaum kapitalis. Hukum produk demokrasi terbukti hanya memperpanjang penderitaan umat dan penistaan agama akan terjadi lagi berulang-ulang.
Karena itu sudah saatnya energi umat dikerahkan untuk mewujudkan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Umat harus bersatu menuntut penerapan syariah Islam secara kâffah dalam seluruh aspek kehidupan dalam institusi Khilafah. Inilah wujud kecintaan dan penghormatan umat ini terhadap al-Quran dan as-Sunnah. Mengabaikan penegakan syariah Islam hakikatnya justru melecehkan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.
﴿وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا﴾
Tidaklah patut bagi laki-laki dan perempuan Mukmin, jika Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu perintah (ketetapan), akan ada pilihan lain tentang urusan mereka. Siapa saja yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, sungguh dia telah sesat dengan kesesatan yang nyata (QS al-Ahzab: 36). []

Minggu, 09 Oktober 2016

pengalaman hidupku

Pejalananku yang tak kusangka

Nasib tak selamanya buruk.  yang kualami sendiri adalah menjadi baik ketika dijalani dengan sabar dan penuh semngat tak mengenal lelah.  itulah sebuah perjalananku sejak dari kecil hingga dewasa seperti saat ini.    Karena aku dimasa kecil bersama dengan orang tua angkat (tante, Om, Nenek) yang selalu mendidik dan menyayangiku, hingga pada saat aku berusia smp, kelas 1 sempat terhenti sekolah kurang lebih 3  tahun, karena ditinggal oleh ayah tercintah,  itu karena tidak ada lagi motivasi dari sekelilingku,  bahkan sempat hampir merantau bersama om di Palu, namun juga karena tidak ada biaya sebanyak 25 Ribu rupiah akhirnya tidak jadi.  Tunggu pertunggu akhirnya hanya datang tinggak bersama dengan nenek, atau om atau ibuku (indo'ku).  kadang membantu mereka dikebun atau disawa.  namun saat sepupu yang lebih mudah dariku lulus SD kemudian om dan tanteku bersama kakak-kakak sepupu tanyakan ke saya untuk lanjut lagi sekolah ke SMP. Akhirnya sekolah kembali sampai tamat SMU di SMU N3 Makale kab. tana Toraja, pada tahun1999. setelah lulus SMU lanjut ke perguruan tinggi negeri di Palu (UNTAD) lulus di jurusan Pendidikan matematika Jurusan PMIPA Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. kuliah kurang lebih 7 tahun, waktu yang sangat lama karena dalam perjalanan perkuliahan hampir-hampir semua kebutuhan sehari-hari biaya sendiri. kecuali biaya SPP yang di tanggung oleh kakak Tertua (Ir. Halim Poya) terima kasih atas bantunnya semoga Allah SWT dapat membalasnya.  Karena saya tidak akan mampuh untuk membalasnya.  Nah untuk pengalaman pada saat kuliah akan dibahas di tempat lain............ begitu pula episode setelah lulus Kuliah.  Selamat membaca......

Perjalan Hidup Dirantau

Perjalanan adalah sebuah usaha untuk berpindah tempat daritempat yang satu ke tempat yang lain.  itulah yang menjadi topik pada pembahasan kali ini.   Dengan adanya perjalanan yang cukup panjang yang kita lalui   menjadi sebuah pengalaman yang cukup untuk menceritakan apa yang di alami, dilihat, dirasakan.  Maka pada saat ini yang menjadi sasaran utama yang diceritakan adalah setelah berada dirantau, yang diawali ketika pertama sekali pergi ke Palu sulawesi tengah, untuk mengadu nasib nenuntut ilmu dikampunya orang.  Pada tahun 1999, tepatnya bulan juli tangganya udah lupa, perjalanan dari Toraja menuju palu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.  Soalnya baru pertama sekali perjalan jauh 

Perjalan Hidup Dirantau

Perjalanan adalah sebuah usaha untuk berpindah tempat daritempat yang satu ke tempat yang lain.  itulah yang menjadi topik pada pembahasan kali ini.   Dengan adanya perjalanan yang cukup panjang yang kita lalui   menjadi sebuah pengalaman yang cukup untuk menceritakan apa yang di alami, dilihat, dirasakan.  Maka pada saat ini yang menjadi sasaran utama yang diceritakan adalah setelah berada dirantau, yang diawali ketika pertama sekali pergi ke Palu sulawesi tengah, untuk mengadu nasib nenuntut ilmu dikampunya orang.  Pada tahun 1999, tepatnya bulan juli tangganya udah lupa, perjalanan dari Toraja menuju palu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.  Soalnya baru pertama sekali menempuh perjalan jauh.    

Motivasiku.


Mengambil hak seseorang dengan paksa atau sembunyi-sembunyi itu adalah kecurangan.

Melakukan hal yang terbaik adalah sebuah kebaikan itu sendiri.

Melangkah dengan hati-hati tidak akan terjerumus ke dalam lubang kebinasaan.

Berkata yang baik atau diam.

lupakanlah kebaikan yang perna dilakukan terhadap seseorang dan ingatlah semua kesalahan yang perna dilakukan.

memberi tanpa pamri adalah amalan yang tak ternilai.

Menyingkirkan keburukan dalam diri kita adalah sebuah hal yang baik.

Bekerja dengan ikhlas dapat menambah semngat kerja kita.

Janganlah selalu mengharapkan imbalan dari sebuah perbuatan yang kita lakukan.

Jagalah anak-anak kita dari hal-hal yang subhat.

Laksanakanlah kebaikan sebelum terlambat.

Salakan, 10 0ktober 2016


MOTIVASI

Kata Kata Motivasi Pagi Hari
Jangan pernah menganggap dirimu hebat tetaplah rendah hati, karena dengan seperti itu rezeki akan menghampiri kita.

Dunia ini terlalu indah bila hanya dihabiskan untuk membenci seseorang, akan menjadi indah bila saling melengkapi.

Jangan menunggu seseorang untuk menyelesaikan masalahmu, jadilah dewasa dengan menyelesaikannya sendiri segera.

Jika kita mensyukuri apa yang kita miliki, kita telah selangkah sampai pada kebahagiaan.

Ketika kenyataan tidak seperti yang diharapkan, yakinlah semua akan dibukakan jalannya apabila kita terus berusaha.

Dengan kekuranganmu kamu juga melihat, siapa sebenarnya yang menerimamu apa adanya, bukan ada apanya 

Masa lalu tak perlu dilupakan, tapi jadikan itu semua pelajaran untuk masa depanmu 

Keyakinan akan menciptakan kenyataan yang sebenarnya 

Cintailah orang tua dengan sunguh-sungguh, karena cinta orang tua tak pernah menghadirkan airmata kesedihan 

Orang yang tulus mencintaimu adalah orang yang akan membuat kamu mengeluarkan air mata bahagia 

Untuk membuat sebuah senyuman itu tidaklah mudah, tapi untuk membuat satu tangisan sangatlah mudah

Hidup ini tak akan pernah lepas dari cinta, karna kita lahir dan di besarkan karena cinta 

Kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silahturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik 

Jangan pernah berjanji kamu tak akan saling mengecewakan, namun berjanjilah kamu akan tetap bersama meski dikecewakan 

Masalalu bukan untuk diratapi terus, masalalu ada untuk kita jadikan pelajaran berharga 

Kebahagiaan datang dari hati yang tulus, bukan dari senyum yang dipaksakan.

Selalu ada pelajaran dibalik setiap kejadian. Jangan anggap masalah sebagai musibah, tapi carilah hikmah dan jangan menyerah.

Ketika luka buatmu tak mampu berkata, sebuah pelukan akan buatmu temukan tawa. Karena pelukan mampu berkata tanpa perlu bersuara.

Sahabat sejati sulit tuk ditemukan. Jangan sia-siakan sahabat yang ada dalam hidupmu.

Hati itu memang hanya ada satu. Maka jika memang ingin memberi dengan utuh, ya berilah pada satu orang juga; bukan beberapa. 

Hanya orang kecil yang berupaya mengecilkan Anda agar dia merasa besar. Sabarlah. Perilaku orang kecil memang begitu.

KATA BIJAK MOTIVASI

Tuhan, dampingilah upayaku untuk menjadi anak yang sukses, yang membahagiakan kedua orang tuaku

Tuhan, dalam tidur kami malam ini jernihkanlah kekalutan jiwa kami, dan bangunkanlah kami dalam kedamaian.

Tuhan, aku mohon Engkau meluluskanku dari studiku dan memasukkanku ke pekerjaan yang baik.

Tuhan, indahkanlah malamku dan segarkanlah pagiku, sehatkanlah aku dan baikkanlah rezekiku.

Tuhan, mampukanlah aku menikmati sukses dalam kesyukuran dan kerendahan hati. Aamiin

Yang saya tunggu tak lebih penting daripada yang saya lakukan. Yang saya lakukan adalah sebab datangnya yang saya tunggu.

Seorang bintang akan lama bersinar jika dia tetap rendah hati dan meningkatkan kualitas dirinya.

Jika aku malas melakukan sesuatu, harus ku akui pasti ada kebaikan yang sedang kuhindari.

Tuhan, bisikkanlah nama kami dalam mimpi belahan jiwa yang akan Kau temukan dengan kami yang masih sendiri

Semoga hari ini Tuhan menghadiahkan kepada Anda rezeki besar yang belum pernah Anda terima selama ini.

Semoga kekasih yang penyayang, mesra, setia dan baik rezekinya ditemukan dengan hari ini atau esok.

Dear friends, semoga Tuhan memelihara hati kita hari ini dan menggembirakannya dengan berita-berita yang baik

Jika yang Anda lakukan adalah kebaikan, maka kebaikanlah yang akan mencarikan jalan bagi Anda.

Lebih baik berkecil hati tapi bertindak, daripada lompat-lompat bersemangat tapi menghindari pekerjaan.

Selalu, orang yang paling mudah untuk dicintai – memiliki kapasitas yang besar untuk mencintai.

Tanpa kemampuan untuk menikmati, tidak akan ada kenikm*tan, dan semuanya menjadi sumber keluhan.

Jangan menilai masa depan anak muda dari keadaan ekonominya yang masih kurang hari ini. Beri dia waktu. You’ll see.

Orang yang mengeluhkan kesulitan – tidak tahu bahwa kesulitan adalah pancingan agar dia menguatkan diri.

Saat kesulitan datang, mengeluhlah jika perlu, tapi pastikan Anda lebih bertindak daripada melemahkan diri.

Kita rugi satu kali saat malas, dua kali saat pesimis, dan rugi total jika kita mengumpat.

Orang yang gampangan soal cintanya, akan sulit kehidupan cintanya. Yang sabar yang akan berbahagia

Selalu optimis memang tidak menjamin keberhasilan, tapi tetap lebih baik daripada selalu pesimis.

And may I see you again tomorrow in a life full of better lucks and joyous and faithful love for us all

Semoga keraguan Anda tentang masa depan terhapus hari ini dan digantikan dengan harapan yang baik.

Semoga Tuhan membantu Anda menghapus sifat-sifat yang menjadikan Anda dijauhi oleh calon belahan jiwa.

Semoga Tuhan menguatkan kebaikan di dalam diri Anda, yang akan menjadi magnit rezeki dan cinta.

Semoga studi Anda baik, lulus dengan lancar, yang kemudian tersambung dengan pekerjaan yang baik.

Semoga Anda dan keluarga yang kurang sehat, segera disembuhkan dan dikembalikan ke kehidupan yang aktif

Say: Tuhan tidak membuat kesalahan dalam penciptaanku. Kekuranganku adalah tanda adanya kelebihanku.

Orang yang tidak mengerti, paling cepat mengatakan tidak semudah itu

Orang yang pandai – akan diam, mengamati, mengambil baiknya, meninggalkan yang buruk, lalu bertindak.

Anehnya, orang yang tidak mengerti tentang takdir, paling banyak berbicara tentang takdir.

Jangan bermain dengan perasaan seseorang, kamu mungkin akan tertawa, namun pada akhirnya kamu akan kehilangan dia selamanya

Patuhilah petunjuk kebaikan hidup agar nasibmu baik. Jangan risaukan takdir. Itu urusan mutlak Tuhan.

Orang yang tersiksa oleh urutan kekasih yang panjang, karena menggunakan cara yang sama dalam memilih kekasih.

Patah hati itu resiko wajar dalam upaya menemukan cinta sejatimu. Bangkitlah, indahkan dirimu, mulai lagi

Kehidupan ini seperti cermin. Yang Anda lihat hanya seindah hati dan semungkin pikiran Anda.

Kerugian dan kecelakaan lebih cepat terjadi kepada orang yang memaki orang yang berdoa

Jika mereka tidak melukaimu, kapankah engkau akan belajar memaafkan?

Jika mereka tidak membuatmu marah, kapankah engkau akan melatih kesabaranmu?

Semoga hari ini Tuhan mencabut penyakit dari jiwa dan tubuh saudara kita yang sedang sakit.

Semoga urusan studi Anda lancar dan tuntas hari ini, dan Anda diselamatkan dari kegelisahan karena menunda.

Hati adalah tempat berangkatnya doa. Janganlah kau kotori dengan kebencian dan dendam.

Jangan mengumumkan Anda ingin diterima apa adanya. Itu berarti selama ini Anda tidak diinginkan

Jika yang Anda katakan adalah kebenaran, diam Anda pun akan dihormati.

Jangan mengidamkan wanita yang mau diajak miskin, karena tidak ada wanita bersedia memiskinkan keluarganya.

Senin, 26 September 2016

Biografi Sahabat Nabi, Zubair bin Awwam : Kisah Syahidnya, Ucapan Duka Untuknya,Dan Harta Warisannya (Seri 19)


Kisah Syahidnya, Ucapan Duka Untuknya, Dan Harta Warisannya

5. Ucapan duka untuknya

Kaum muslimin dan keluarga besar Zubair merasakan kesedihan yang amat mendalam. Bukan karena kematiannya, karena kematian adalah pasti, dan merupakan akhir dari perjalanan setiap makhluk hidup di dunia. Namun kesedihan mereka adalah karena sikap pengecut yang digunakan oleh pembunuhnya, seorang laki-laki pengecut yang disesatkan oleh Allah, yang telah membunuh Zubair dengan licik. Zubair Radhiyallahu kemudian bergabung dengan rombongan para syuhada sebagaimana yang telah diberitakan oleh Rasulullah Shallallahualaihi wa Sallam.
Istrinya meratapi kepergiannya, begitu pula dengan saudarinya, dan banyak orang yang ikut meratapinya dengan membacakan syair-syair menyentuh dan penuh dengan kenangan tentangnya. Syair-syair yang mengungkapkan tentang musibah karena kehilangannya, dan sekaligus menceritakan tentang sifat-sifatnya yang mulia dan keutamaan-keutamaan yang dimilikinya.
Dari Abdurrahman bin Abu Az-Zinad, ia berkata, “Ketika berita wafatnya Zubair sampai ke telinga Ali, putrinya Fathimah binti Ali mememik karena sedih. Lalu dikatakan kepada Ali, “Fathimah menangisi wafatnya Zubair! Ali menjawab, “Siapa lagi setelah Zubair yang akan ditangisi?”
Bersambung Insya Allah . . .

Biografi Sahabat Nabi, Zubair bin Awwam : Kisah Syahidnya, Ucapan Duka Untuknya,Dan Harta Warisannya (Seri 17)


Penyesalan Ibnu Jurmuz atas Kelicikan dan Permohonannya kepada anak-anak Zubair untuk melaksanakan Qisash atasnya

Saat ia melihat sikap Ali kepadanya, dan mendengar ancaman yang menakutkan tentang tempat kembalinya yang amat buruk di akhirat nanti, serta kemurkaan Allah atasnya, dan ancaman neraka untuknya, ia pun merasakan penyesalan atas pembunuhan Zubair. Maka ia mendatangi anak-anaknya dan memohon kepada mereka agar membunuhnya sebagai qishash atas Zubair, namun mereka menolak, dan ia pun mati dalam penyesalan dan dosanya.
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Sufyan bin Uyaynah, “Amru bin Jurmuz mendatangi Mush’ab bin Zubair (ketika ia menjadi gubernur di Iraq atas nama saudaranya Abdullah bin Zubair) dan berkata, “Bunuhlah aku karena Zubair”. Maka Mush’ab menulis surat kepada Abdullah bin Zubair, dan dijawab, “Aku harus membunuh Ibnu Jurmuz karena Zubair?! Biarkan dia, bahkan sampai sandalnya sekalipun!”
Dan dalam sebuah riwayat dari Abdullah bin Urwah, “Bahwasanya Amru bin Jurmuz menemui Mush’ab hingga ia menangkapnya, dan melemparkannya ke penjara. Kemudian Mush’ab menulis surat kepada Abdullah bin Zubair menceritakan perkaranya. Maka Abdullah membalas dan berkata, “Alangkah buruk apa yang telah kau lakukan, apakah kau mengira aku akan membunuh seorang arab badui dari Bani Tamim karena Zubair? Biarkan dia, maka Mushab melepaskannya. Hingga suatu hari ia naik ke atas sebuah benteng, dan meminta seseorang untuk melemparkannya dari sana, maka ia pun dilemparkan dari atasnya, dan mati terbunuh! Saat itu telah begitu membenci hidupnya, karena rasa takut yang terus mengejarnya, dan bahkan di dalam mimpinya, karena itulah ia memilih untuk mengkahiri hidupnya.”
Bersambung Insya Allah . . .

Biografi Sahabat Nabi, Zubair bin Awwam : Kisah Syahidnya, Ucapan Duka Untuknya,Dan Harta Warisannya (Seri 18)


Kelahirannya, wafatnya, serta usianya

Al-Fasawi, Al-Hakim, dan Ibnu Asakir meriwayatkan dari Musa bin Thalhah, “Ali bin Abi ThalibZubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqash, dan Thalhah bin Ubaidillah, dilahirkan pada tahun yang sama.”
Adz-Dzahabi menyebutkan bahwa Sa’ad masuk Islam saat berusia 17 tahun, sementara Zubair masuk Islam saat berusia 16 tahun, maka kemunggkinan Sa’ad dilahirkan di awal tahun, dan Zubair di akhir dari tahun yang sama.
Dengan begitu, maka kira-kira ia dilahirkan pada tahun 28 sebelum hijrah.
Para perawi sepakat bahwa ia meninggal pada perang Jamal, dan itu terjadi pada hari kamis, 10 Jumadits Tsaniyah tahun 36 H.
Adapun Umurnya, diriwayatkan oleh Ibnu Sa’ad dan lainnya, dari Urwah bin Zubair, ia berkata, “Ayahku terbunuh pada perang Jamal, dan ia telah berusia enam puluh empat tahun.”
Dan inilah yang benar, ini juga dikuatkan oleh riwayat yang menyebutkan tahun kelahiran dan wafatnya.

Bersambung Insya Allah . . .

Biografi Sahabat Nabi, Zubair bin Awwam : Kisah Syahidnya, Ucapan Duka Untuknya,Dan Harta Warisannya (Seri 17)


Penyesalan Ibnu Jurmuz atas Kelicikan dan Permohonannya kepada anak-anak Zubair untuk melaksanakan Qisash atasnya

Saat ia melihat sikap Ali kepadanya, dan mendengar ancaman yang menakutkan tentang tempat kembalinya yang amat buruk di akhirat nanti, serta kemurkaan Allah atasnya, dan ancaman neraka untuknya, ia pun merasakan penyesalan atas pembunuhan Zubair. Maka ia mendatangi anak-anaknya dan memohon kepada mereka agar membunuhnya sebagai qishash atas Zubair, namun mereka menolak, dan ia pun mati dalam penyesalan dan dosanya.
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Sufyan bin Uyaynah, “Amru bin Jurmuz mendatangi Mush’ab bin Zubair (ketika ia menjadi gubernur di Iraq atas nama saudaranya Abdullah bin Zubair) dan berkata, “Bunuhlah aku karena Zubair”. Maka Mush’ab menulis surat kepada Abdullah bin Zubair, dan dijawab, “Aku harus membunuh Ibnu Jurmuz karena Zubair?! Biarkan dia, bahkan sampai sandalnya sekalipun!”
Dan dalam sebuah riwayat dari Abdullah bin Urwah, “Bahwasanya Amru bin Jurmuz menemui Mush’ab hingga ia menangkapnya, dan melemparkannya ke penjara. Kemudian Mush’ab menulis surat kepada Abdullah bin Zubair menceritakan perkaranya. Maka Abdullah membalas dan berkata, “Alangkah buruk apa yang telah kau lakukan, apakah kau mengira aku akan membunuh seorang arab badui dari Bani Tamim karena Zubair? Biarkan dia, maka Mushab melepaskannya. Hingga suatu hari ia naik ke atas sebuah benteng, dan meminta seseorang untuk melemparkannya dari sana, maka ia pun dilemparkan dari atasnya, dan mati terbunuh! Saat itu telah begitu membenci hidupnya, karena rasa takut yang terus mengejarnya, dan bahkan di dalam mimpinya, karena itulah ia memilih untuk mengkahiri hidupnya.”
Bersambung Insya Allah . . .

Biografi Sahabat Nabi, Sa’id Bin Zaid : Keutamaannya Dan Jaminan Surga Untuknya (Seri 6)


Keutamaannya Dan Jaminan Surga Untuknya

Sa’id menyamai saudara-saudaranya yang lain dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga dalam banyak keutamaan, sejajar dengan mereka dalam banyak keistimewaan, dan menandingi mereka dalam berlomba menuju kebaikan. Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dengan memudahkannya dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan mulia. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam pun memuliakannya dengan memberikannya kabar gembira berupa surga. Dan menyematkan lencana kejujuran kepadanya ketika Jabal Nur bergoyang di bawah kaki mereka.
Sa’id adalah satu di antara kelompok yang pertama kali masuk Islam, dan termasuk salah satu tokoh kaum Muhajirin. Dan Allah telah memberikannya pujian bagi mereka dalam firmannya, “Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung (QS. At-Taubah [9]: 100)”.
Dan juga ikut dalam perang Badar, sesuai dengan kesaksian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallamsendiri. Dan keutamaan mereka yang turut dalam perang Badar telah diketahui dan diucapkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam dalam perkataan beliau kepada Umar bin Khaththab Radhiyallahu’anhu“Mungkin engkau tidak tahu, bahwa barangkali Allah telah mengetahui perihal mereka yang ikut perang Badar dan berfirman, “Berbuatlah apa yang kalian hendaki, sungguh kalian telah kuampuni.”
Dalam riwayat lain, “Berbuatlah apa yang kalian kehendaki, sungguh telah wajib surga bagi kalian.”
Sa’id pun ikut menyertai Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam dalam perjanjian Hudaibiyah, dan ikut berbai’at di bawah pohon, dan Allah telah memuji mereka dalam kitab-Nya, Allah berfirman ,“Sungguh, Allah telah meridhai orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu (Muhammad) di bawah pohon, Dia mengetahui apa yang ada dalam hati mereka, lalu Dia memberikan ketenangan atas mereka dan memberi balasan dengan kemenangan yang dekat (QS. Al-Fath [48] : 18)”.
Dia juga ikut dalam perang Tabuk yang disebut dalam Al-Qur’an sebagai masa-masa sulit, dan Allah pun memuji mereka yang ikut dalam perang tersebut dalam firman-Nya, “Sungguh, Allah teklah meneria taubat Nabi, orang-orang Muhajirin dan orang-orang Anshar, yang mengikuti Nabi pada masa-masa sulit, setelah hati segolongan dari mereka hamper berpaling, kemudian Allah menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengasihm, Maha Penyayang kepada mereka (QS. At-Taubah [9]: (117)”.
Sa’id meriwayatkan sebuah peristiwa menakjubkan tersebut saat dia bersama RasulullahShallallahu’alaihi wa Sallam dengan sejumlah shahabat di gunung Hira. Tiba-tiba gunung tersebut bergetar dan bergoyang karena takut dan sekaligus gembira. Takut karena kebesaran orang-orang yang saat itu menginjak tanahnya, dan gembira karena kehormatan yang didapatnya dengan keberadaan mereka dan risalah yang diemban mereka. Juga karena keberadaan Nabi yang mereka ikuti serta pekerjaan besar yang mereka lakukkan! Gunung itu pun menggoyangkan kedua sisinya, membanggakan diri kepada gunung-gunugn lain disekitarnya dan berkata, “Akulah gunugn dimana pemimpin anak cucu Adam mengasingkan diri kepada Tuhannya. Di antara batu-batu karangku yang keraslah wahyu diturunkan, yang berupa beberapa ayat pembuka surat Al-Alaq, dan merupakan ayat-ayat pertama dari Al-Qur’an Al-Hakim. Dan inilah aku sekarang, dimuliakan dengan keberadaan manusia-manusia terbaik dimuka bumi yang berjalan dengan langkah-langkah mereka di atas punggungku. Maka gunung manakah di muka bumi ini yang lebih berbahagia dariku?!”
Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam merasakan itu dari gunung Hira, beliaupun berbicara kepadanya untuk menenangkannya. Dan menjelaskan keutamaan-keutamaan dari kumpulan shahabat-shahabat nya yang mulia, menegaskan kontribusi-kontribusi mereka yang terbaik, dan gunung itu pun menjadi tenang dan tunduk.
Ahmad dan ulama hadit pemilik kitab As-Sunan, serta Ibnu Hibban dan yang lainnya meriwayatkan dengan sanad yang shahih, dari Abdullah bin Zhalim Al-Mazini. Dari Sa’id bin Zaid berkata, “Suatu waktu kami dan unung itu pun bergetar. Maka beliau berkata, “Tenanglah hai Hira, tidak ada yang berada di atasmu kecuali seorang Nabi, atau seorang shiddiq, atau seorang syahid.” Aku berkata, “Dan siapa saja saat itu yang berada di Hira?” ia menjawab, “Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam,Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Thalhah, Zubair, Abdurrahman bin Auf, dan Sa’ad.” Kami bertanya, “Lalu siapa yang kesepuluh?” dia menjawab, “Aku.”
Dan di dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Ahmad, Al-Humaidi, ulama hadits pemilik kitab As-Sunan, Ibnu Hibban, dan lainnya dari jalan yang banyak, dan Riyah bin Al-Harits An-Nakha’i, “Bahwasanya Sa’id bin Zaid berkata, Aku bersaksi kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam atas apa yang telah didengar oleh kedua telingaku, dan dipahami oleh hatiku dari RasulullahShallallahu’alaihi wa Sallam. Sungguh aku tidak akan mengatakan kebohongan jika ia bertanya kepadaku saat bertemu dengannya nanti. Sungguh beliau telah bersabda, “Abu Bakar di surga, Umar di surga, Ali di surga, Utsman di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman di sruga, Sa’ad di surga.” Dan orang mukmin yang kesembilan, kalau aku mau aku akan menyebutkan namanya! Maka orang yang hadir di masjid menjadi ribut dan memintanya, “Wahai sahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam, siapakah yang kesembilan tersebut? Ia menjawab, “Kalian telah memintaku dengan nama Allah yang Maha Agung, akulah orang mukmin yang kesembilan tersebut. Dan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam yang kesepuluh.”
Dan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Auf dari Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “Sepuluh orang yang disurga (teks hadits yang lengkap telah disebutkan sebelumnya) dan menyebutkan Sa’id bin Zaid di antara mereka.”
Bersambung Insya Allah . . .

Biografi Sahabat Nabi, Sa’id Bin Zaid: Perjalanan Hidup Dan Kepribadiannya (Seri 4)


Perjalanan Hidup Dan Kepribadiannya

Perjalanan Hidup Sa’id telah diwarnai oleh petunjuk dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam yang disampingnya selama lebih kurang dua puluh tiga tahun. Kebersamaan yang panjang dan indah tersebut memberikan pengaruh yang sangat baik dalam kehidupan Sa’id. Membentuk kepribadiannya, meninggikan kepribadiannya, membekalinya dengan akhlak yang terpuji, dan ia adalah salah satu dari mereka yang berhasil lulus dengan keikhlasan dan kesucian. Dia termasuk mereka yang terdidik dengan keikhlasan dan kesucian. Terdidik untuk zuhud, menjaga kehormatan diri, bersikap tawadhu’, saling menasihati dalam da’wah, dan konsisten dengan akhlak mulia yang diajarkan Islam.
Adapun riwayat-riwayat yang bercerita tentang perjalanan hidup Sa’id, kisah kehidupannya, dan kepribadiannya, walaupun tidak banyak, namun itu cukup memberikan gambaran tentang ciri-ciri kepribadian nya yang mulia dan sangat selaras dengan risalah yang dibawanya dan konsep hidup yang telah diajarkan kepadanya. Sa’id sangat konsisten menjaga kebersamaan dengan jamaah kaum muslimin, zuhud dalam duniawi maupun kepemimpinan, mencintai jihad, dan selalu ingin terus meningkatkan dirinya menuju sebuah kesempurnaan. Ia mencintai kedua orangtua dan keluarganya, menyayangi saudara-saudaranya dan siap membela mereka apabila mereka disakiti, baik saat mereka ada atau tidak. Ia terus berusaha menjauhkan diri dari hal-hal yang syubhat (samar), dan berpegang teguh kepada ajaran-ajaran Nabi. Karena itulah ia memiliki kedudukan yang mulia di sisi RasulullahShallallahu’alaihi wa Sallam, dan para shahabatnya, dan doanya diterima di sisi Allah.
Ahmad, Asy-Syaikhani, Ibnu Hibban, dan lainnya meriwayatkan dari Ibnu Abbas sebuah hadits panjang tentang Kisah Saqifah dan Pembaiatan kepada Abu Bakar, dan sikap Umar pada masa pemerintahannya. Pada saat haji terakhir yang dilakukannya, ia berkata, “Kalau nanti Umar telah wafat, maka aku pasti memba’iat si fulan.” Ibnu Abbas berkata, “Ketika kami sampai di Madinah pada akhir Dzul Hijjah, hari jum’at pun tiba. Aku segera bergegas untuk ke masjid, karena apa yang telah aku dengan dari Abdurrahman bin Auf. Namun aku mendapatkan Sa’id telah mendahuluiku, dan ia duduk di sisi sebelah kanan dari mimbar. Akupun duduk di sampingnya sehingga lututku menyentuh lututnya. Tidak lama kemudian Umar keluar dan menuju kea rah mimbar.”
Inilah Ibnu Abbas yang telah berusaha untuk datang lebih dahulu dan duduk di shaf pertama dan mendengarkan khutbah Amirul Mukminin, ternyata mendapati Sa’id telah mendahuluinya datang ke Masjid, dan duduk di samping mimbar menunggu shalat dan berdzikir kepada Allah.
Dalam hadits dari Ka’ab bin Malik dalam kisah tiga orang yang tidak turut dalam perang Tabuk dan ia adalah satu dari mereka ia menceritakan turunnya ayat yang menerima taubat mereka, dan bagaimana ia mendapatkan kabar gembira tersebut, kemudian ia berkata,
“Abu Al-A’war Sa’id bin Zaid bin Amru bin Nufail pergi menemui Hilal (dia adalah hilal bin Umayyah Al-Waqifi, satu di antara mereka yang tidak ikut. Yang kedua adalah Murarah bin Ar-Rabi’, dan yang ketiga Ka’ab) untuk memberinya kabar gembira di Bani Waqif, dan ketika ia mengabarkannya, Hilal segera sujud. Sa’id berkata, “Aku telah menyangka bahwa dia tidak akan pernah lagi mengangkat kepalanya sampai jiwanya keluar.” Tangis kebahagiaannya jauh lebih banyak dari tangis kesedihan yang dirasakannya, hingga orang-orang mengkhawatirkannya. Kemudian orang-orang menemuinya untuk mengucapkan selamat. Dia hamper tidak bisa berjalan menemui Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam karena kelemahan, kesedihan, dan tangisannya. Hingga kemudian ia mengendarai keledai!”
Sebuah situasi yang indah dan menunjukkan sikap saling mendukung antara individu-individu masyarakat yang dibentuk oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam. Yang menggambarkan perhatian besar dari seorang saudara kepada saudaranya yang lain, kecintaannya kepadanya, dan kegembiraannya akan kebahagiaannya, ketergesaannya dalam menyampaikan berita tentang diterimanya taubanyatnya yang memberikan kegembiraan dalam jiwanya, dan mengangkat kesedihan dan kesempitan yang dirasakannya akibat boikot social yang diterimanya dari seluruh masyarakat karena dosa yang telah diperbuatnya. Ini adalah buah dari didikan dan bimbingan yang menakjubkan kepada generasi tersebut, di mana antara satu dengan yang lainnya benar-benar bagaikan satu kesatuan bangunan yang saling menguatkan.
Kemudian mari kita lihat sikap yang di tunjukkan Sa’id dengan orang-orang shahabat besar yang menjadi gubernur, dan hanya diam ketika dalam sebuah kesempatan di majelisnya seseorang mencaci-maki Ali. Maka Sa’id segera bangkit menyuarakan kebenaran di hadapan sang gubernur dan semua orang yang berada di majelis tersebut. Dan menceritakan kepada mereka satu di antara kemuliaan Ali Radhiyallahu’anhu.
Ahmad dan empat Ashabus-Sunan juga Ibnu Hibban dan yang lainnya meriwayatkan dengan sanad yang shahih, dari Shadaqah bin Al-Mutsana bin An-Nakha’I, dari kakeknya Riyah bin Al-Harits An-Nakha’I, ia mengatakan “Suatu hari Al-Mughirah bin Syu’bah berada di masjid besar, dengan ditemani penduduk Kufah di kiri dan kanannya. Ghirah menyambutnya dan mendudukannya di dekatnya di atas alas duduknya. Lalu datang seorang laki-laki (seorang penduduk Kufah bernama Qais bin Ilqimah, dalam riwayat lain disebutkan dengan namanya), dari penduduk Kufah yang menemui Al-Mughirah, dan kemudian mencaci maki. Sa’id bertanya, “Siapakah yang di caci maki wahai Mughirah?” Ia menjawab, “Ia mencaci maki Ali bin Abu Thalib!” Maka Sa’id berkata, “Hai Mughirah bin Syu’bah,hai Mughirah bin Syu’bah,” sampai tiga kali. Tidakkah aku mendengar shahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam dicaci di hadapanmu dan engkau sama sekali tidak mencegah dan melarang?! Aku bersaksi kepada Rasulullah atas apa yang telah didengar kedua telingaku, dan difahami oleh hatiku dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam. Sungguh aku tidak akan mengatakan kebohongan jika ia bertanya kepadaku saat bertemu dengannya nanti. Sungguh beliau telah bersabda, “Abu Bakar di surga, Umar di surga, Ali di surga, Utsman di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman di surga, Sa’ad di surga, dan orang mukmin yang kesembilan di surga,” kalau aku mau aku akan menyebutkan namanya.” Maka orang-orang yang hadir di masjid menjadi rebut dan memintanya, “Wahai shahabat Rasulullah, siapakah yang kesembilan tersebut? Ia menjawab, “Kalian telah memintaku dengan nama Allah, demi Allah yang Maha Agung, akulah orang mukmin yang kesembilan tersebut. Dan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam yang kesepuluh. Kemudian ia melanjutkan dengan sebuah sumpah “Demi Allah, sebuah peperangan yang diikuti oleh seorang laki-laki, dimana wajahnya penuh debu bersama Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam lebih baik dari apda amal perbautan siapapun dari kalian, bahkan walaupun ia berumur seperti Nabi NuhAlaihissalam.”
Sebagian mereka menambahkan dalam riwayat ini, “Kemudian Sa’id berkata, “Sungguh benar, ketika umur-umur mereka terputus, Allah berkehendak untuk tidak memutus pahala mereka sampai hari kiamat. Celakalah orang yang membenci mereka, dan berbagialah orang yang mencintai mereka.”
Adapun laki-laki yang merugi tadi, yang telah mencaci seorang shahabat yang mulia, khalifah NabiShallallahu’alaihi wa Sallam, dan putra dari paman beliau, serta suami dari pemuka para wanita di dunia, dan yang pertama-tama masuk Islam, yang memiliki keutamaan-keutamaan, dan kedudukan yang tinggi, yang dicacinya di hadapan banyak orang dan juga shahabat, sungguh matanya telah buta, dan jalannya telah sesat. Kita dapat katakana kepadanya, “Wahai orang yang bodoh, apa yang bisa membandingkanmu dengan Ali?! Kalaulah karena tidak karena peristiwa yang memalukan ini, engkau tidak akan dikenal oleh siapapun, dan sejarahpun takkan pernah mencatat namamu. Sungguh celaka engkau yang dikenal karena sikap yang keji dan jalan yang tercela ini!” Adapun Ali, selama atas sejarah yang seolah berdendang menyebutkan namanya, berbahagialah pena yang menuliskan kiprahnya, dan berbajagialah mereka yang membela dan menceritakan keutamaan-keutamaan nya. Dan sungguh tepat apa yang diucapkan Sa’id, “Ketika umur-umur mereka terputus, Allah berkehendak untuk tidak memutus pahala mereka sampai hari kiamat.” Baik dengan perbuatan-perbuatan mereka yang terpuji, atau dengan nama-nama mereka yang selalu dikenang dan didoakan untuk senantiasa mendapatkan keridhaan dari Allah, atau dengan mengambil kebaikan orang-orang yang membenci mereka dan kemudian ditambahkan kepada lembaran sejarah kehidupan mereka yang bersih. Jadi bagaimanapun cara Ali dan saudara-saudaranya yang lain dikenang, mereka akan selalu mendapatkan ganjaran dan pahala.”
Namun ini semua tidak menghalangi Sa’id untuk bangkit menentang kemungkaran dan sikap yang sudah keterlaluan tersebut. Dia pun mencela Mughirah dan mengatakan kepadanya, “Hai Mughirah bin Syu’bah’, sampai tiga kali! Bagaimana mungkin engkau bisa diam sementara seorang shahabat di caci di majelismu, tanpa kau cegah. Seharusnya engkau menghukum orang ini di depan umum agar menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang setelahnya!
Sa’id adalah seorang yang berpendirian teguh, berperilaku mulia, sangat wara’, amat menjauhi hal-hal yang berbau syubhat, apalagi yang haram. Dia telah menyimak petunjuk dan perjalanan hidup Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam, mendengar langsung hadits-hadits beliau, dan berakhlak dengan akhlak beliau. Dan di antara yang ia dengar dari beliau adalah larangan untuk mengambil sejengkal tanah orang lain yang bukan haknya, dan ancaman yang menakutkan bagi mereka yang melakukannya. Karena itulah ia sangat takut, dan amat menjaga sikap wara’nya untuk jangan sampai mengambil tanah tetangga-tetangganya, baik itu berupa rumah, atau ladang, ataupun bangunan-bangunan lain.
Sikap wara’ yang dimilikinya ini tidak terlihat begitu saja tanpa di landasi oleh keikhlasan kepada AllahTa’ala, namun Allah berkehendak untuk menguji Sa’id dengan seorang tetangga wanitanya yang menuduhnya melebihi batas tanahnya dan mencuri sebagian dari tanahnya. Kemudian mengadukannya kepada gubernur Madinah saat itu Marwan bin Hakam. Allah pun membukakan tabir kebenaran, dan membebaskan Sa’id. Maka akhlak mulia yang tertutup rapi dengan keikhlasan itupun tampak jelas, dan menjadi pelajaran bagi manusia selama berabad-abad. Dan menjadi bukti bagi mereka bahwa di balik sebuah cobaan terdapat nikmat yang agung. Dan kedudukan Sa’id pun semakin tinggi di sisi Allah, juga dalam pandangan manusia.
Al-Bukhari, Muslim dan yang lainnya meriwayatkan dari Urwah bin Zubair, ia mengatakan “Arwa binti Uwais mengaku bahwa Sa’id bin Ziad telah mengambil sedikit dari tanahnya, maka ia mengadukannya kepada Marwan bin Hakam. Sa’id berkata, “Akankah aku mengambil sebagian dari tanahnya setelah apa yang kudengar dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam?! Marwan berkata, “Apa yang engkau dengar dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam? Sa’id menjawab, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengambil sejengkal tanah secara zhalim, maka Allah akan mengalungkannya dengan tujuh lapis bumu pada hari kiamat.” Maka Marwan berkata kepadanya, “Aku tidak akan meminta bukti kepadamu setelah ini.” Kemudian Sa’id berkata, “Ya Allah, kalau wanita itu berdusta, maka butakanlah matanyam dan matikan ia di tanahnya.” Urwah berkata, “Dan wanita itu tidak mati hingga matanya buta, kemudian saat ia berjalan di tanah miliknya, ia terjatuh ke dalam sebuah sumur dan mati.”
Dan Arwa belum cukup sampai di sana, bahkan ia mengutus seseorang untuk berbicara kepada Sa’id, lalu menambah api permusuhan nya dengan mengancam bahwa ia akan membongkar keburukan Sa’id di depan umum di masjid Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam!
Ibnu Abdil Barr meriwayatkan dalam Al-Isti’ab dari Abu Bakar bin Amru bin Hazm, ia berkata, “Arwa binti Uwais datang menemui ayahku, Muhammad bin Amru bin Hazm, dan berkata kepadanya, “Hai Abu Abdul Malik, sesungguhnya Sa’id bin Zaid bin Amru bin Nufail telah membangun sebuah dinding di tanah yang menjadi hakku. Datangilah dia, dan suruh agar ia melepaskan hakku, karena demi Allah, kalau ia tidak melakukannya aku akan meneriakkan ini di masjid Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam! Ia berkata kepadanya, “Janganlah engkau menyakiti shahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam, dia tidak akan pernah menzhalimimu atau mengambil hakmu.” Arwa pun pergi dan mendatangi Umarah bin Amru dan Abdullah bin Salamah dan berkata kepada mereka berdua, “Datangilah Sa’id bin Zaid, sungguh dia telah menzhalimiku dan membangun sebuah dinding di tanah yang merupakan hakku. Karena demi Allah, kalau ia tidak melakukannya aku akan meneriakkan ini di masjid Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam!” Mereka pun pergi mendatanginya di tanahnya yang berada di Aqiq, Sa’id berkata kepada mereka, “Apa yang membawa kalian kemari.” Mereka menjawab, “Arwa binti Uwais telah mendatangi kami dan menduga bahwa engkau telah membuat dinding di tanah yang merupakan haknya, dan bersumpah dengan nama Allah bahwa kalau engkau tidak mencopot nya, dia akan meneriakimu di masjid Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam. Maka kami merasa lebih baik untuk mendatangimu dan mengingatkanmu tentang itu.” Sa’id berkata, “Sungguh aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengambil sejengkal tanah secara zhalim, maka Allah akan mengalungkannya dengan tujuh lapis bumi pada hari kiamat.” Maka itu, silahkan ia datang dan mengambil apa yang menjadi haknya. Ya Allah, kalau ia berbohong atasku maka janganlah engkau matikan dia sehingga matanya buta, dan menjadikan kematiannya di tanahnya.” Merekapun kembali dan memberitahukan Arwa tentang itu. Arwa pun datang dan menghancurkan dinding tersebut dan membangun sebuah bangunan lain. Tidak berapa lama setelah itu, ia menjadi buta, dan saat itu ia selalu bangun pada malam hari dengan ditemani pembantunya untuk membangunkan para pekerja. Suatu malam ia bangun dan membiarkan pembantunya tidur, dan berjalan keluar hingga terjatuh ke dalam sebuah sumur dan mati di sana!”
Sikap wara’ Sa’id dan kerelaannya untuk tidak mempersoalkan hak nya sendiri semakin terlihat jelas ketika ia memberikan kepada wanita tersebut bagian yang luas dari tanahnya. Abu Nu’aim telah menceritakan dalam kita Hilyatul Auliya’, “Arwa binti Uwais mendatangi Marwan bin Hakam untuk mengadukan tentang Sa’id bin Zaid. Ia berkata, “Dia tetangganya di Aqiq, Maka Ashim bin Umar pun mendatangi Sa’id. Dan Sa’id berkata, “Aku mengambil hak dari Arwa?!” demi Allah aku telah melepaskan untuknya enam ratus hasta dari tanahku karena sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Barang siapa yang mengambil hak seseorang dari kaum muslimin yang bukan haknya, maka pada hari kiamat ia akan dikalungi dengan tujuh lapis bumi!” Bangunlah hai Arwa, dan ambillah apa yang anggap hakmu. Arwa bangkit dan mengambil tanah yang merupakan milik Sa;id lebih banyak lagi, kemudian Sa’id berdoa keburukan untuknya.”
Tidak beberapa lama setelah itu, Allah memperlihatkan kebenaran. Dan orang-orang pun mengetahui kejujuran Sa’id dan bahwa ia tidak bersalah. Setelah kejadian tersebut, Sa’id Radhiyallahu Anhuberdoa kepada Tuhannya agar menunjukkan kebenaran dalam kasusnya, demi menjaga kebersihan tanahnya, dan menjaga kesucian lembaran hidup nya di antara seluruh manusia.
Abu Nu’aim menceritakan dalam kitab Al-Hilyah, dan Ibnu Abdil Barr dalam Al-Isti’ab, dan juga Ibnu Hajar dalam Al-Ishabah, dari Abu Bakar bin Muhammad bin Amru bin Hazm, ia mengatakan “Sa’id berkata, “Ya Allah, sesungguhnya ia menyangka bahwa ia telah dizhalimi, kalau ia berdusta maka butakanlah matanya, dan lemparkanlah ia kedalam sumurnya. Dan perlihatkanlah hakku agar menjadi penerang bagi kaum muslimin bahwa aku tidak pernah menzhaliminya.” Dalam keadaan demikian, terjadilah sebuah banjir di Aqiq yang tidak pernah terjadi sebelumnya, dan membukakan batas tanah yang menjadi sengketa tersebut. Dan terbukti bahwa Sa’id tidak berbohong. Tidak berapa lama kemudian, wanita itu menjadi buta, dan ketika ia sedang berjalan-jalan di tanahnya itu, ia terpelosok ke dalam sumurnya sendiri.” Perawi berkata, “Di saat kecil, kami sering mendengar seseorang berkata kepada yang lain, “Semoga Allah membutakan matamu seperti butanya Arwa.” Saat itu kami mengira bahwa dia hanya hanya berbicara tidak sopan. Dan ternyata yang ia maksudkan adalah apa yang telah menimpa Arwa karena telah menuduh Sa’id.
Atas peristiwa inilah kemudian Sa’id Radhiyallahu Anhu dikenal sebagai orang yang dikabulkan doanya. Sangat benar apa yang telah dilakukan Sa’id dengan berdiri kokoh bagaikan sebuah gunung, setelah mendengar ancaman Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bagi orang yang mengambil sejengkal tanah yang bukan haknya. Ia tidak berkeinginan untuk melakukannya, namun berpegang teguh kepada hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam dan tidak hendak melangkahinya sedikitpun. Dan sudah sepantasnya bag setiap muslim untuk menjauhkan dirinya dari hal-hal yang berbau syubhat, menjauhi yang haram, khususnya hak-hak kaum muslimin, terutama yang berkaitan dengan tanah, agar tidak mengambil sejengkalpun yang bukan haknya. Semua ini karena ancaman keras yang diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam oleh banyak shahabat.
Para imam hadits telah mendiskusikan makna yang terkandung dalam hadits ini. Dan ungkapan “Dia akan dikalungi dengan tujuh lapis bumi” bermakna bahwa seolah orang yang mengambil tanah yang bukan miliknya, maka pada hari kiamat dia akan membawa tanah yang diambilnya tersebut ke padang mahsyar, dan menjadi bagaikan kalung di lehernya. Atau dibalas dengan melemparkannya ke tujuh lapis bumi, sehingga setiap lapis bumi bagaikan kalung tersendiri di lehernya. Ini diperjelas oleh hadits riwayat Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari “Dia akan dilemparkan pada hari kiamat kepada tujuh lapis bumi.” Atau dia akan dibebani dengan menjadikannya kalung di lehernya, dan ia tidak mampu. Maka dia akan diadzab demikian sebagaimana orang yang berbohong dalam tidurnya “Bahwa ia akan melaksanakan suatu ibadah.” Atau pengalungan yang dimaksudkan adalah pengalungan dosa, sehingga kezhaliman yang ia lakukan akan terus menggantung dilehernya sebagaimana dosa yang akan terus dibawanya. Dalam hal ini terdapat firman Allah Ta’ala“Dan setiap manusia telah Kami kalungkan (catatan) amal perbuatannya di lehernya (QS. Al-Isra’ [17]: 13).”Juga ada kemungkinan bahwa mereka yang melaksanakan dosa ini akan terbagi. Sebagian dengan di adzab dengan ini, dan yang lain diadzab dengan hal lainnya, sesuai dengan besar kecilnya kerusakan yang ia sebabkan.
Khalifah Utsman bin Affan telah memberikan untuk Sa’id sebuah jatah tanah di Kufah, maka ia pun pergi dan tinggal di sana. Kemudian setelah kepergiannya, rumah tersebut didiami oleh sebagian anaknya. Sa’id bahkan tidak tinggal di Kufah sampai akhir hayatnya, namun ia kembali ke Madinah dan meninggal di Aqiq.
Sa’id adalah seorang anak yang sangat berbakti kepada ayahnya. Karena apa yang dilihatnya tentang kesungguhan ayahnya dalam mencari agama, dan keseriusannya untuk mendapatkannya. Juga penantian ayahnya akan kemunculan Nabi yang ditunggu-tunggu, sebagaimana kabar gembira yang diterimanya. Namun ternyata ajal mendahuluinya sehingga tidak sempat mendapatkannya.
Maka ketika Islam datang, Sa’id menginginkan agar ayahnya juga mendapatkan kebaikan yang telah lama ditunggunya tersebut. Maka Sa’id meminta Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam untuk mendoakan ayahnya.
Ahmad dan Al-Hakim meriwayatkan dari Sa’id bin Zaid, “Sesungguhnya ia meminta kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam agar ayahnya Zaid di ampuni Allah, maka dia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ayahku Zaid bin Amru bin Nufail sebagaimana yang telah engkau ketahui, dan sebagaimana yang telah kau dengar, kalau saja ia bisa mendapatkanmu niscaya ia akan beriman kepadamu. Maka mintakanlah ampunan untuknya.” Rasulullah menjawab, “Ya” Dan belia memintakan ampunan untuknya, dan berkata, “Sesungguhnya dia akan dibangkitkan pada hari kiamat sendirian seabgai sebuah umat.”
Sa’id telah mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi para khalifah, shahabat, dan ummahatul mukminin. Telah diceritakan sebelumnya sikapnya terhadap Al-Mughirah bin Syu’bah yang saat itu merupakan seorang gubernur. Ketika ia datang, Mughiralah segera menyambutnya, mendekatkannya dan mendudukannya di tempatnya.
Al-Baihaqi dan yang lain meriwayatkan dari Muharib bin Ditsar, “Bahwasanya Ummul Mukminin Maimunah mewasiatkan agar Sa’id bin Zaid yang menshalatkan jenazahnya.”
Ketika Sa’id wafat, dan para shahabat diberitahu tentang itu, Ibnu Umar yang sedang bersiap-siap untuk melaksanakan shalat jumat, segera meninggalkannya dan berangkat menuju rumah Sa’id di Aqiq. Setelah itu ia menyelenggarakan jenazahnya bersama yang lain dan kemudian membawanya di atas pundak-pundak mereka menuju Madinah, tempat di mana ia akan dimakamkan.
Perjalanan shahabat yang mulia ini pun menjadi sempurna, dengan menyatukan seluruh unsur kebaikan, mulai dari mengikuti petunjuk Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallamm, senantiasa bersikap zuhud dan wara’, menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, mencintai kaum muslimin, menolong para shahabat dan membela mereka, meneruskan perjalanan jihad yang tlah dimulainya sejak di Mekah, dengan berpegang teguh kepada agamanya dan bersabar atas segala siksaan, kemudian keikutsertaannya dalam seluruh peperangan yang diikuti Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam, lalu melanjutkannya dengan mengikuti beberapa peristiwa pada masa khulafaur rasyidin.
Ketika pasukam kaum muslimin menuju wilayah Syam, Sa’id segera menaiki kudanya dan berangkat bersama para mujahidin. Ia menyaksikan pengepungan Damaskus dan penaklukannya. Lalu Abu Ubaidah bin Al-Jarrah menunjuknya menjadi gubernur di sana. Maka dia adalah orang pertama yang bekerja memimpin Damaskus dari umat ini.
Namun jiwa Sa’id tidak bisa berlama-lama dalam kepemimpinan, sementara ia menyaksikan para mujahidin mengerahkan seluruh kemampuan dan nyawa mereka di jalan Allah, dan menerima pahala yang tidak bisa didapatkan oleh umat Islam yang lain.
Maka ketika ia mengetahui bahwa Abu Ubaidah telah berangkat untuk menaklukkan Elia – Baitul Mqadis, dan Abu Ubaidah menunggu sikap dari penduduknya. Namun mereka menolak untuk menyerah atau berdamai, maka ia pun maju dan mengepung mereka. Dan yang bertugas untuk memimpin penyerangan saat itu adalah Khalid bin Walid dan Yazid bin Abu Sufyan, yang masing-masing berada di sisinya. Berita ini pun sampai ke telinga Sa’id yang saat itu merupakan gubernur di Damaskus. Maka ia menulis surat kepada Abu Ubaidah bin Al-Jarrah Radhiyallahu’anhuma ,“Bismillahirrahmanirrahim, dari Sa’id bin Zaid kepada Abu Ubaidah bin Al-Jarrah, keselamatan untukmu, sesungguhnya aku memuji Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Amma Ba’du. Demi Allah, sungguh aku tidak bisa mendahulukanmu dan shahabat-shahabatmu untuk berjihad di jalan Allah dari diriku. Ataupun dari hal lain yang mendekatkanku dari keridhaan Allah Azza wa Jalla, Apabila seuratku ini sampai kepadamu, maka utuslah untuk pekerjaan ini orang yang lebih menginginkannya dariku. Agar dia bisa bekerja untukmu sesuai dengan keinginanmu. Karena sesungguhnya aku akan segera datang kepadamu di sana Insya Allah. Maka Abu Ubaidah berkata kepada Yazid bin Abu Sufyan, “Pimpinlah Damaskus untukku.”
Bersambung Insya Allah . . .