Jumat, 04 Oktober 2013

Kemuliaan dan fitrah manusia

Sudah menjadi fitrah manusia untuk menjadikan dirinya seorang manusia yang mulia. Kata mulia sendiri jika kita lihat dalam KBBI(kamus besar bahasa indonesia-red) berarti tinggi kedudukan, pangkat ,atau  martabatnya, atau bisa juga tertinggi maupun terhormat. Dengan menjadi mulia seorang manusia akan dihargai dan mendapatkan kedudukan yang terhormat. Dalam “Hierarki kebutuhan Maslow” yang cukup terkenal dalam bidang psikologi, juga disebutkan bahwa kebutuhan untuk dihargai atau esteem needs adalah kebutuhan yang dimilki oleh setiap orang.
Jika kita lihat realita yang terjadi sekarang, banyak sekali fenomena yang terjadi di masyarakat dalam hal mencari kemuliaan ini. Khususnya mencari kemuliaan dimata manusia. Banyak cara mereka lakukan untuk mendapat kemuliaan, bahkan hingga menggunakan berbagai macam cara. Mulai dari membeli ijazah agar terlihat sebagai orang pintar, mengeluarkan uang yang tidak sedikit dan menggunakan berbagai cara yang kotor untuk mendapatkan jabatan, melakukan hal yang tidak baik untuk mendapatkan poularitas semata, dan lain-lain.
Lalu , apakah islam melarang kita mencari kemuliaan? Tentu sebagaidien yang mulia dan fitrah (yang sangat sesuai degan fitrah manusia, karena diturunkan langsung oleh Sang Pencipta manusia itu sendiri), islam sangat mengerti betul kebutuhan manusia yang satu ini. Lalu bagai mana islam memandang kemuliaan?
Kemuliaan sejati adalah kemuliaan di mata Allah
Dari Sulaiman bin Yasar, dia berkata: Suatu saat, ketika orang-orang mulai bubar meninggalkan majelis Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu-, maka Natil berkata kepadanya, “Wahai Syaikh, tuturkanlah kepada kami suatu hadits yang pernah anda dengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”
Abu Hurairah menjawab, “Baiklah. Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang pertama kali diadili pada hari kiamat adalah: Seorang lelaki yang telah berjuang demi mencari mati syahid. Lalu dia dihadirkan dan ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat yang sekiranya akan diperolehnya, sehingga dia pun bisa mengenalinya. Allah bertanya kepadanya,“Apa yang telah kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua?”. Dia menjawab, “Aku berperang di jalan-Mu sampai aku menemui mati syahid.” Allah menimpali jawabannya, “Kamu dusta. Sebenarnya kamu berperang agar disebut-sebut sebagai pemberani, dan sebutan itu telah kamu peroleh di dunia.” Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk menyeretnya dalam keadaan tertelungkup di atas wajahnya hingga akhirnya dia dilemparkan ke dalam api neraka.
Seorang lelaki yang menimba ilmu dan mengajarkannya serta pandai membaca/menghafal al-Qur’an. Lalu dia dihadirkan dan ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat yang sekiranya akan diperolehnya, sehingga dia pun bisa mengenalinya. Allah bertanya kepadanya, “Apa yang telah kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua?”. Dia menjawab, “Aku menimba ilmu dan mengajarkannya serta aku membaca/menghafal al-Qur’an di jalan-Mu.” Allah menimpali jawabannya,“Kamu dusta. Sebenarnya kamu menimba ilmu agar disebut-sebut sebagai orang alim, dan kamu membaca al-Qur’an agar disebut sebagai qari’. Dan sebutan itu telah kamu dapatkan di dunia.” Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk menyeretnya dalam keadaan tertelungkup di atas wajahnya hingga akhirnya dia dilemparkan ke dalam api neraka.
Seorang lelaki yang diberi kelapangan oleh Allah serta mendapatkan karunia berupa segala macam bentuk harta. Lalu dia dihadirkan dan ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat yang sekiranya akan diperolehnya, sehingga dia pun bisa mengenalinya. Allah bertanya kepadanya, “Apa yang telah kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua?”. Dia menjawab, “Tidak ada satupun kesempatan yang Engkau cintai agar hamba-Mu berinfak padanya melainkan aku telah berinfak padanya untuk mencari ridha-Mu.” Allah menimpali jawabannya, “Kamu dusta. Sesungguhnya kamu berinfak hanya demi mendapatkan sebutan sebagai orang yang dermawan. Dan sebutan itu telah kamu dapatkan di dunia.” Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk menyeretnya dalam keadaan tertelungkup di atas wajahnya hingga akhirnya dia dilemparkan ke dalam api neraka.”
(HR. Muslim [1903], lihat Syarh Muslim [6/529-530])
Dari hadist yang cukup terkenal tersebut, dapat kita lihat bahwa bagi kita seorang muslim, kemuliaan dan penghargaan di mata manusia dapat saja bernilai kecil bahkan nol di hadapan Allah. Sudah barang tentu kita ingin dan bahkan lebih baik jika kita  menjadi mulia dimanapun kita berada dan dihadapan siapapun. Tetapi jika kita merujuk dari salah satu  hikmah yang bisa diambil dari hadits di atas adalah, kemuliaan kita di hadapan Allah adalah lebih kita prioritaskan dibading kemuliaan dihadapan siapapun.
Dapatkan kemuliaan itu 
Mendapatkan kemuliaan (di hadapan Allah) bukan perkara yang sulit sebenarnya, tetapi juga bukan perkara yang gampang. Karena Allah sudah banyak memberikan kita petunjuk , baik itu dari Al-Qur’an , Hadits, maupun hikmah dari para ulama. Dapat menjadi sulit karena banyak halangan dan kekurangan kita sebagai manusia yang itu dapat menghambatnya, seperti, keodohan, kesombongan, dll. Ada banyak jalan kemuliaan yang Allah tunjukkan kepada kita, salah satunya adalah:
Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)
Yap, kebermanfaatan. Islam memberikan konsep yang sangat berbeda dengan hawa nafsu kita kebanyakan, yang menilai kemuliaan dari harta dan jabatan. Dimana orang yang mulia adalah orang yang mempunyai kebermanfaatan untuk sekitar dimanapun ia berada.
Juga
“Maukah kalian aku tunjukkan akhlak yang paling mulia di dunia dan diakhirat? Memberi maaf orang yang menzhalimimu, memberi orang yang menghalangimu dan menyambung silaturrahim orang yang memutuskanmu.” (H.R. Baihaqi).
Tidak jarang orang beranggapan bahwa orang yang minta maaf atau memaafkan itu hina, dan statusnya lebih rendah. Tapi islam berkata lain, dengan meminta maaf dan memaafkan ternyata memang kita menjadi orang yang  jauh lebih mulia. Lalu banyak cara-cara lainnya dalam memperoleh kemuliaan yang akan terlalu banyak jika disebutkan satu-satu.
Mengukur Kadar Kemuliaan kita
Setelah mengetahui apa pentingnya dan hakikat kemuliaan itu sendiri, tentu kita ingin tahu semulia apa kedudukan kita disisi Allah , ternyata dengan sangat indah Allah memberitahu kita melalui baginda Rasulullah saw, tentang hal itu:
Siapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah hendaklah dia mengamati bagaimana kedudukan Allah dalam dirinya. Sesungguhnya Allah menempatkan hambaNya dalam kedudukan sebagaimana dia menempatkan kedudukan Allah pada dirinya. (HR. Al Hakim)
Sebagaimana kedudukan Allah didalam diri kita , seperti itu pulalah Allah menempatkan kita di sisi-Nya. Mari kita sama-sama introspeksi diri seperti apa keadaannya sekarang? Apakah panggilan-Nya untuk shalat tepat waktu sering kita abaikan. Apakah Qalam-Nya yang agung yaitu Al-Qur’an sering kita abaikan (tidak dibaca, ditaddaburi , dihafalkan, maupun diamalkan) , juga bila diperdengarkan kepada kita tidak membekas apapun pada diri kita?
Sudah terlalu banyak sepertinya jika kita ingat – ingat hal yang membuktikan bahwa kedudukan Allah dalam diri kita tidak setinggi harapan akan kedudukan kita di sisi-Nya. Jadi tunggu apa lagi, raih kemuliaan dan kita pertanyakan lagi pada diri kita sejauh mana kadar kemuliaan kita di sisi Allah.
Wallahu a’lam.

Mengenal Angan-angan



"Melanturnya angan-angan ialah menginginkan hidup untuk waktu yang panjang, dengan memastikan. sedangkan pendeknya angan-angan yaitu tidak memastikan dalam berangan-angan itu, misalnya : mengikatnya dengan istitsnaa (Insya ALLAH, dengan kehendak dan ilmu Allah SWT) dalam menuturkannya, atau dengan syarat baik dalam menginginkannya".

Dengan demikian, bila kita menyebut-nyebut hidup kita, umpamanya : "aku masih akan hidup sesudah tarikan nafas yang kedua, atau jam yang kedua, atau hari yang kedua", dengan memastikan, maka kita dinamakan orang yang melantur angan-angannya. hal ini merupakan makshiyat, karena yang demikian berarti memastikan perkara yang ghaib.

Jika kita membuat qayyid (mengikat) angan-angan itu dengan kehendak Allah SWT dan ilmu-NYA, lalu kita berkata : "aku akan hidup insyaAllah", berarti kita keluar dari hukum angan-angan dan kita bisa di sifati orang yang mneninggalkan angan-angan.

Begitu pula jika kita menginginkan hidup hingga waktu yang kedua secara memastikan, maka kita diebut orang yang panjang angan-angan. Tetapi, kalau kita membuat qayyid terhadap keinginginan kita itu dengan syarat yang baik, maka kita keluar dari hukum angan-angan dan kita disebut orang yang pendek angan-angannya, karena kita tidak memastikan dalam keinginan kita.

Karena itu lah, mari kita tinggalkan memastikan dalam menyebut kekekalan dan menginginkannya. Yang dimaksud "menyebut" adalah ingatnya hati, yakni memantapkan menetapkan pada hati untuk meninggalkan perbuatan memastikan itu. coba kita pahami keterangan di atas, mudah-mudahan petunjuk (insyaAllah).

Angan-angan itu ada dua macam : angan-angan umum dan angan-angan khusus. angan-angan umum yaitu menginginkan hidup terus untuk mengumpulkan dunia dan bersenang-senang dengannya. ini adalah makshiyat yang murni, dan lawannya adalah pendeknya angan-angan.
Allah SWT telah berfirman yang artinya :
"Biarkanlah mereka itu makan dan bersenang-senang serta di sibukkan oleh angan-angan mereka, maka mereka bakal mengetahui akibat perbuatan mereka".
Sedangkan angan-angan khusus yaitu menginginkan terus hidup untuk menyempurnakan amal yang baik. angan-angan ini mengandung hal yang mngkhawatirkan, yakni sesuatu yang tidak diyakini kebaikannya. sebab, kadang-kadang seseorang dalam melakukan kebaikan atau menyempurnakannya itu tidak ada bagusnya, karena terjerumus ke dalam ujub atau riyaa atau afat lain, di mana kebaikan yang di lakukan tidak seimbang dengan afatnya. jadi kalau begitu, apabila seseorang mulai melakukan shalat, puasa atau lainnya, maka ia tidak memastikan bahwa ia bakal dapat menyemournakannya. sebab, kesempurnaan itu merupakan perkara yang samar. juga tidak boleh bermaksud menyempurnakannya dengan memastikan sebab boleh jadi hal itu tidak ada kebaikannya bagi orang tersebut, sebaiknya ia harus.

Kemuliaan hati Imam Algazalih

Hakikat tentang kemuliaan akal/Hati

Mungkin telah banyak kita ketahui tentang akal, dan perlu kita tahu bahwa pembahasan kali ini bukanlah bermaksud untuk mempersulit kejelasan tentang akal itu sendiri.

Akal adalah tempat bersandar-nya ilmu yang pertama kali sebelum ilmu itu masuk ke hati seseorang dan ter-patri disana, tempat terbit dan sendi dari ilmu. bagaimana bisa akal itu tidak mulia sedangkan ia adalah jalan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. sedangkan hewan dalam kepicikan tamyis-nya (sifat hewan dalam membedakan sesuatu) merasa kecut terhadap akal. sehingga seekor hewan yang bertubuh besar sekalipun, yang punya keberanian luar biasa dan bertenaga kuat, apabila melihat manusia lalu merasa kecut (ciut) dan takut karena dirasakan-nya manusia itu akan menggagahinya, karena keistimewaannya manusia, memperoleh hela dan daya upaya.

Dari itu, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Seorang Syeikh (kepala) pada kaumnya adalah seperti Nabi pada umatnya." bukan karena Syeikh itu banyak hartanya, besar tubuhnya dan lebih kekuatannya, tetapi karena pengelamannya yang lebih sebagai hasil dari akalnya. oleh karena itu pula, ketika kebanyakan orang yang ingkar akan membunuh Rasulullah SAW, maka tatkala pandangan mereka jatuh pada Nabi SAW dan gemetar dengan sinar wajah beliau yang mulia, lalu timbullah ketakutan dihati mereka. kelihatan kepada mereka suatu yang bersinar gilang gemilang atas keelokan wajah beliau dari Nur keNabian. meskipun itu adalah suatu kebatinan dalam diri Rasulullah SAW sebagaimana kebatinan akalnya.

Kemuliaan akal dapat diketahui dengan mudah. hanya maksud kami disini hendak membentangkan hadits-hadits dan ayat-ayat yang menyebutkan kemuliaan akal tersebut.

Allah Ta'ala menamakan akal itu dengan "nur" dalam firman-Nya: "Allah Ta'ala pemberi nur bagi langit dan bumi. bandingan nur-Nya adalah seperti satu kurungan pelita yang didalamnya ada pelita..." (S. An Nur, ayat 35).

Dan Allah Ta'ala menamakan ilmu yang diperoleh dari akal itu dengan sebutan ruh, wahyu dan hidup. Berfirman Allah Ta'ala: "Begitulah Kami wahyukan kepada engkau ruh itu dengan perintah Kami." (S. Asy Syura, ayat 52).
"Apakah orang-orang yang sudah mati, kemudian Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, dengan itu dia dapat berjalan ditengah-tengah manusia." (S. Al An'am, ayat 122).

Kalau Al-Qur-an menyebutkan An-Nur (cahaya) dan Adh-Dhulmah (gelap) maka maksudnya adalah ilmu pengetahuan dan kebodohan, seperti firman-Nya: "Dikeluarkan mereka oleh Tuhan dari kegelapan (kebodohan)kepada nur-cahaya (ilmu pengetahuan)." (S. Al Baqarah, ayat 257). dan bersabda Nabi Muhammad SAW: "Wahai manusia ! pakailah akal untuk mengenal Tuhanmu, nasehat-nasehatilah dengan menggunakan akal, niscaya kamu ketahui apa yang diperintahkan kepadamu dan apa yang dilarang! ketahuilah bahwa akal itu menolong kamu untuk mengenal Tuhanmu! ketahuilah bahwa orang yang berakal itu orang yang menta'ati Allah Ta'ala, meskipun mukanya tidak cantik, dirinya hina, kedudukannya rendah dan bentuknya buruk. dan orang yang bodoh ialah orang yang mendurhakai Allah Ta'ala, meskipun mukanya cantik, dia orang besar, kedudukannya mulia, bentuknya bagus, lancar dan pandai berbicara. beruk dan khinzir lebih lebih berakal disisi Allah Ta'ala dari pada orang yang mendurhakai-Nya. engkau jangan tertipu dengan pernghormatan penduduk dunia kepadamu, sebab merek termasuk orang yang merugi."

Bersabda Rasulullah SAW: "Yang pertama dijadikan Allah Ta'ala ialah akal, maka berfirman Allah Ta'ala kepadanya: Menghadaplah! lalu menghadaplah ia. kemudian Allah Ta'ala berfirman:Membelakanglah!lalu membelakanglah ia. Kemudian Allah Ta'ala berfirman: Demi kemuliaan-Ku dan demi Kebesaran-Ku! Tidak aku jadikan suatu makhluk pun yang lebih mulia disisiKu selin engkau. dengn engkau Aku mengambil, dengan engkau Aku memberi, dengan engkau Aku memberi pahala, dan dengan engkau Aku memberi siksaan."

Andai kita bertanya, jika akal itu adalah sifat, maka bagaimanakah ia dijadikan sebelum tubuh dan jika ia zat, maka bagaimanakah zat itu berdiri sendiri dan tidak berpihak.?

Perlu kita tahu bahwa ini adalah sebagian dari ilmu mukasyafah, maka tidaklah layak diterangkan dengan ilmu mu'amalah. sedangkan maksud kami diatas adalah menerangkan akal dari segi ilmu mu'amalah.

Hakikat kemuliaan

JIKA ENGKAU BERKEHENDAKKAN KEMULIAAN YANG ABADI JANGANLAH ENGKAU MENCARI KEMULIAAN YANG SEMENTARA.

Manusia mencari kemuliaan melalui berbagai-bagai cara. Mereka mencarinya melalui harta, pangkat dan kekuasaan. Ada yang mencarinya melalui ilmu dan amal. Ada yang mencarinya melalui wajah yang cantik dan suara yang merdu. Ada pula mencarinya melalui tindakan yang mencabar seperti terjun dari tempat yang tinggi. Semua kemuliaan yang diperolehi dengan cara demikian bersifat sementara. Bila orang yang berkenaan berpisah daripada alat yang menjadikannya mulia maka hilang juga kemuliaan yang dimilikinya. Semua kemuliaan tersebut adalah fatamorgana. Orang yang berpangkat, berkuasa dan berharta akan tidak berasa mulia lagi bila berhadapan dengan orang yang tinggi pangkatnya, lebih besar kuasanya dan lebih banyak hartanya. Orang yang dimuliakan kerana kecantikannya tidak dimuliakan lagi apabila wajahnya sudah berkedut. Orang yang dimuliakan kerana kemerduan suaranya tidak dimuliakan lagi bila ada orang lain yang lebih merdu suaranya. Orang yang dimuliakan kerana berani terjun dari tempat yang tinggi tidak dimuliakan lagi bila ada orang lain yang lebih berani terjun dari tempat yang lebih tinggi.
 Orang yang memiliki kemuliaan yang bersifat sementara itu tidak dapat merasakan kedamaian kerana bimbangkan kemuliaannya akan dicabar oleh orang lain. Orang yang dimuliakan kerana ilmu juga bimbang takut-takut ada orang lain yang lebih berilmu akan mengambil alih kedudukannya. Orang yang dimuliakan kerana kekuatan amal kebaikannya masih juga bimbang takut-takut orang ramai mendapat tahu akan keburukannya yang lalu atau yang tersembunyi. Semua kemuliaan tersebut akan berakhir apabila manusia mengalami kematian. Jasadnya disemadikan di dalam tanah dan kemuliaannya ditinggalkan di atas kuburnya.
 Jika diperhatikan benar-benar didapati bahawa apa yang dikatakan kemuliaan bukanlah apa yang dimiliki dan bukan apa yang diletakkan oleh orang lain kepada seseorang itu. Kemuliaan dan kemegahan adalah perasaan yang timbul di dalam hati. Ada orang yang kuasanya tidak seberapa tetapi sudah merasakan sangat mulia. Ada orang yang hanya menjadi pemandu raja tetapi sudah berasa mulia seperti raja. Ada orang yang namanya disebutkan oleh pembesar negeri di hadapan khalayak ramai, pun sudah merasakan dirinya mulia.
 Kalam Hikmat yang lalu telah memberi gambaran tentang aspek zahir serta aspek batin. Alam dalam aspek zahirnya adalah tipu daya. Kemuliaan dan kemegahan yang dibina di atas tapak zahir alam juga bersifat tipu daya, bukan asli dan sama sekali tidak kekal. Kemuliaan dan kemegahan yang demikian hanyalah sangkaan.
Tidaklah patut  mereka (orang-orang munafik) mencari kekuatan dan kemuliaan di sisi orang-orang kafir itu, kerana sesungguhnya kekuatan dan kemuliaan itu ialah milik Allah, (diberikan-Nya kepada sesiapa yang dikehendaki-Nya). ( Ayat 139 : Surah an-Nisaa’ )
 Hanya Allah s.w.t yang memiliki kemuliaan. Tidak ada satu pun makhluk yang dapat mengwujudkan kemuliaan. Apa yang dicipta oleh makhluk hanyalah gambaran yang menurut sangkaan. Kemuliaan sejati hanya boleh didapati dari Allah s.w.t. Jalannya adalah dengan mengambil perhatian kepada aspek batin yang bersangkutan dengan ketuhanan. Hamba Allah s.w.t yang tidak tertipu oleh zahirnya alam akan terus berpegang pada aspek batinnya yang memberi peringatan dan petunjuk. Mereka bersabar dalam menempuh gelombang takdir Ilahi sehingga mereka terdampar di pantai keredaan Ilahi.
 Di sana dipakaikan kepada mereka pakaian kemuliaan iaitu tauhid yang benar. Tauhidlah kemuliaan yang sejati dan abadi. Tauhid mengajarkan hanya Allah s.w.t Yang Maha Esa, Maha Mulia, tidak yang lain. Apabila hati seseorang sudah dipenuhi oleh tauhid maka ia dipenuhi oleh kemuliaan. Kemuliaan yang dipancarkan oleh tauhid tidak akan rosak binasa. Perpisahan daripada benda-benda alam, pendapat orang lain dan apa sahaja tidak sedikit pun menjejaskan hati yang bertauhid. Hati yang sudah penuh dengan kemuliaan Allah s.w.t tidak lagi menghiraukan penghinaan makhluk. Ia tidak berakhir dengan kematian kerana Allah s.w.t tidak binasa dan kemuliaan-Nya juga tidak binasa. Ia tetap mulia di dalam kuburnya, mulia ketika dibangkitkan dari kuburnya dan lebih mulia lagi di akhirat yang kekal abadi. 

Jumat, 20 September 2013

cara menon aktivkan klik kanan

 
Ingin blog anda menggunakan Exstrem disable right click ?? Fungsinya adalah  saat ada yang mencoba klik kanan maka akan muncul pesan untuk jangan mengulangi perbuatannya dan apabila ada yang melakukan klik kanan untuk kedua kalinya maka browsernya harus ditutup karena sudah tidak dapat digunakan kembali. Dan parahnya browser tadi tidak dapat di close secara biasa (klik tanda silang pada pojok kanan atas) tetapi harus dengan ctrl+alt+del.
Nah bagi kalian yang ingin menggunakan disable right click pada blognya, kenapa gak coba aja..!!! Disini saya mempunyai 3 jenis disable right click yaitu disable right click no Alert, disable right click with message, dan exstrem disable right click. Mau tahu cara-caranya..??? ini dia langkah-langkahnya..!!
1. Disable Right Click no Alert
Pada cara ini klik kanan tida dapat digunakan dan juga tidak menampilkan pesan peringatan. Jadi hanya tidak dapat klik kanan saja.
1. Login ke blogger
2. Klik Tataletak
3. Klik tambah Gadget
4. Pilih HTML/JAVASCRIPT
5. Copy dan pastekan code dibawah ini. Lalu save
<script language=JavaScript>
<!–//For full source code, visit http://www.ebenk789.blogspot.com
var message=””;
///////////////////////////////////
function clickIE() {if (document.all) {(message);return false;}}
function clickNS(e) {if
(document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(message);return false;}}}
if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS;}
else{document.onmouseup=clickNS;document.oncontextmenu=clickIE;}
document.oncontextmenu=new Function(“return false”)
// –>
</script>
2. Disable Right Click With Message
Saat ada yang melakukan klik kanan maka akan muncul pesan peringatan
1. Login ke blogger
2. Klik Tataletak
3. Klik tambah Gadget
4. Pilih HTML/JAVASCRIPT
5. Copy dan pastekan code dibawah ini. Lalu save
<script language=JavaScript>
<!–//Disable right mouse click Script
//By ebenk789
//For full source code, visit http://www.ebenk789.blogspot.com
var message=”BERI PESAN DISINI“;
///////////////////////////////////
function clickIE4(){
if (event.button==2){
alert(message);
return false;
}
}
function clickNS4(e){
if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){
if (e.which==2||e.which==3){
alert(message);
return false;
}
}
}
if (document.layers){
document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
document.onmousedown=clickNS4;
}
else if (document.all&&!document.getElementById){
document.onmousedown=clickIE4;
}
document.oncontextmenu=new Function(“alert(message);return false”)
// –>
</script>
3. Exstrem Disable Right Click
pada saat ada yang melakukan klik kanan pertama akan muncul pesan lalu apabila klik kanan diulang untuk kedua kalinya maka browser harus di close dengan ctrl+alt+del
1. Login ke blogger
2. Klik Tataletak
3. Klik tambah Gadget
4. Pilih HTML/JAVASCRIPT
5. Copy dan pastekan code dibawah ini. Lalu save
<script language=”JavaScript”>
var a=0;
var message=”Upz…\n\nJangan Ulangi perbuatan Anda!\n\nKalo mau Copy artikel pake ctrl+c aja ya..!!!“;function klik_kanan()
{
evil_klik();
alert(message);
a=a+1;
}
function evil_klik()
{
if(a>0)
{
alert(“DASAR BANDEL!!\n\nSudah saya bilang jangan diulangi lagi..\n\n Jadi susah sendirikan..???“);
evil_klik();
}
}
function clickIE4(){
if (event.button==2){
klik_kanan();
return false;
}}
function clickNS4(e){
if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){
if (e.which==2||e.which==3){
klik_kanan();
return false;
}}}
if (document.layers){
document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
document.onmousedown=clickNS4;
}
else if (document.all&&!document.getElementById){
document.onmousedown=clickIE4;
}document.oncontextmenu=new Function(“klik_kanan();return false”)
</script>
Tidak susaH bukan..???

Senin, 16 September 2013

Kesetiaan

Hidup dengan penuh kasih Sayang seperti ini
begitu indah,
begitu sempurna,
apabila hati mempunyai kesetiaan dan kejujuran,
alangkah damainya dunia yang dimiliki,
tiada kecurigaan, tiada kebohongan yang terjadi..,,

yang utama tanamkanlah dalam hati,
karena keduanya begitu saling erat,
bagaikan satu tali darah, tidak dapat di pisahkan,
setialah pada hati, dan jujurlah pada diri,.,

tiada gunanya saling menutupi suatu kebohongan,
hanya akan mengundang suatu kehancuran dalam jiwa,..,

suatu hubungan akan terasa indah,
bila keduanya saling jujur dan setia,
cinta tanpa didasari dengan kesetiaan dan kejujuran,
itu adalah sebuah kebohongan,

didalam kesetian dan kejujuran
itu adalah sebuah komitmen jujur dan ikhlas,,
tiada kepura-puraan....
dan suatu hubungan akan bisa bertahan,
itu adalah modal utama dalam menjalani suatu hubungan.,

apa gunanya kalau tidak ada kesetian dan kejujuran dalam hati..??
dan apa gunanya suatu kebohongan..??? 
yang ada hanya suatu penyesalan diri pada akhirnya 


tapi, masih adakah kesetiaan dan kejujuran di dunia ini..???

Motivasi

"Berpikirlah seperti ratu. Ratu tidak takut gagal. Kegagalan adalah batu loncatan lain untuk keberhasilan" -


Saat Anda mengalami masa-masa sulit, memang susah menjaga pola pikir untuk tetap  positif dan mencegah hati merasa sebagai seorang pecundang. Tetapi dengan mengingat lagi kisah-kisah orang besar, bisa
dipastikan setiap orang yang berhasil pasti pernah gagal. Tetapi mereka tidak pernah menganggap dirinya sebagai orang gagal. Wolfgang Mozart, misalnya, salah satu pencipta musik genius pernah dikritik
oleh Kaisar Ferdinand yang menganggap operanya berjudul The Marriage of Vigaro "terlalu bising" dan
mengandung "terlalu banyak not". Pelukis Vincent van Gogh yang lukisannya mencapai rekor tertinggi

dalam nilai penjualan, hanya berhasil menjual satu lukisan selama seumur hidupnya.

Mantan presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln pun punya daftar panjang kegagalan. Gagal dalam
bisnis, berulang kali juga gagal terpilih menjadi anggota kongres dan senat. Hingga pada akhirnya, di tahun
1860 ia terpilih sebagai presiden ke-16 Amerika Serikat  dan menjadi salah satu presiden tersukses dalam
sejarah negara itu. Pada akhirnya, tidak jadi masalah, kapan dan di mana Anda pernah gagal atau berapa banyak kesalahan yang Anda buat. Saat menghadapi semua kesulitan, penolakan dan kegagalan itu, tetaplah percaya diri dan MENOLAK menganggap diri sebagai  orang gagal.



Tersenyumlah

"Senyum yang hangat adalah bahasa universal sebuah kebaikan" - Willi
Hafidz yang murah senyum,Tersenyumlah, setiap kali Anda membuka mata di pagi hari.
Tersenyumlah untuk hari baru, harapan baru dan berkah baru.
Meskipun Anda sedang punya masalah, Anda selalu punya sejuta alasan untuk tersenyum. 
Karena jika Anda hitung, berkah Tuhan pasti lebih banyak daripada masalah yang datang kepada Anda.
Hafidz  tersenyumlah, karena kemana pun Anda pergi, atau apapun bahasa yang diucapkan orang, setiap orang di semua budaya dan negara ini mengerti dan merespon untuk sebuah bahasa universal:  senyum... :-)
Senyum menciptakan koneksi dengan orang yang asing sekali pun, yang tidak berbicara dalam bahasa kita.
Senyum juga menular. Begitu Anda tersenyum pada orang lain, ia akan tersenyum balik kepada Anda.

Hafidz tersenyumlah, karena senyum Anda akan merangsang munculnya hormon-hormon seratonin, dopamine dan hormon-hormon lainnya yang memberikan rasa senang dan bahagia kepada Anda.
Senyum Anda juga dapat memperkebal sistem imun tubuh, mengurangi stress, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan citra positif Anda.
Hafidz  tersenyumlah, senyum manis Anda yang akan dikenang orang lain dan menghibur orang-orang yang Anda kasihi.
Hafidz tersenyumlah, karena senyum itu pun mudah dan gratis :-)


Jumat, 06 September 2013

Bahaya merokok

Berita-berita yang muncul tentang bahaya rokok terhadap perokok aktif maupun pasif sudah bukan hal yang baru lagi. Tetapi, menurut sebuah studi baru-baru ini, yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health, statistik bisa menunjukkan betapa seriusnya akibat rokok.
Para peneliti menemukan bahwa ada 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dan 900 bayi termasuk di antaranya. Selain itu, ada 600.000 orang yang berpotensi meninggal dunia setiap tahunnya, dan akibatnya ada 6,6 miliar USD kerugian diderita akibat berkurangnya produktifitas.
Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup, para perokok dan non-perokok tampaknya tidak menyadari bahayanya rokok, khususnya bagi perokok pasif.
Dan, untuk mengetahui dengan lebih pasti bahaya rokok tersebut, maka para peneliti tersebut memeriksa penanda toksin dari rokok dalam tubuh, yang disebut cotinine.
Cotinine adalah produk antara yang pasti ada dalam tubuh perokok dan jumlahnya dapat menunjukkan banyaknya nikotin yang dihisap oleh seseorang. Para peneliti tersebut mengukur kadar cotinine tersebut dalam darah orang yang meninggal akibat rokok dan mendapati bahwa tingkat kematian paling tinggi lebih diakibatkan oleh efeknya terhadap paru-paru dibandingkan pada jantung.
Memang akan ada lebih banyak statistik yang bisa kita cari tentang betapa bahaya rokok bagi kesehatan. Maka, agar lebih termotivasi untuk berhenti merokok, Anda perlu tahu tujuh hal berikut ini.

Merokok dapat Mengganggu ‘Aktifitas’ Anda di Tempat Tidur

Nikotin adalah vasokonstriktor. Artinya, itu dapat memperkecil pembuluh darah arteri Anda. Dengan demikian, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, kendali otak untuk merasakan kenikmatan akan terganggu.
Sebuah penelitan yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan American Heart Association, dengan tema Pencegahan dan Epidemiologi Penyakit Kardiovaskular, mengemukakan bahwa pria yang mengonsumsi rokok lebih dari 20 batang per hari memiliki resiko disfungsi ereksi 60% lebih tinggi dibandingkan pria yang tidak pernah merokok. Bahkan, angka 15% dari pria perokok yang sudah mengalaminya lebih menunjukkan lagi bahaya rokok tersebut.

Merokok Dapat Mengganggu Istirahat Anda

Sebuah penelitian yang muncul dalam jurnal edisi Februari 2008 yang diterbitkan oleh American College of Chest Physicians (ACCP) mengungkapkan bahwa masa tidur nyenyak seorang perokok lebih sedikit daripada non-perokok.
Hal ini mungkin tampaknya tidak termasuk dalam bahaya rokok, tetapi kurangnya tidur yang ‘dalam’, atau nyenyak, dapat mempersingkat umur seseorang dalam jangka panjang.

Tulang yang Rapuh

Kepala bagian pembedahan ortopedi di Carolina Medical Center, Edward N. Hanley Jr., MD, menyelidiki bahaya rokok terhadap tulang. Dia mendapati bahwa 50% perokok akan mengalami nyeri punggung, dibandingkan dengan hanya 20% dari non-perokok.
Selain itu, nikotin juga dapat memperlambat kesembuhan setelah patah tulang dan menghambat fungsi esterogen. Bahaya rokok juga lebih nyata dengan adanya angka 2,3%- 3,3% hilangnya kepadatan tulang wanita yang menghisap 10 pak rokok per tahun.

Telinga Berdenging

Lagi-lagi, nikotin-lah biang keroknya. Karena memperlambat sirkulasi darah ke struktur telinga, nikotin dapat menyebabkan Tinnitus atau telinga berdenging. Dan, yang cukup mengkhawatirkan dari bahaya rokok adalah bahwa perokok memiliki resiko 70% lebih tinggi mengalami kehilangan pendengaran dibandingkan non-perokok.

Interaksi dengan Obat

Rokok dan pil KB adalah paduan sempurna yang dapat menyebabkan kematian. Jika dikonsumsi oleh seorang perokok, kontrasepsi oral dapat menyebabkan meningkatnya resiko penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke.
Seorang wanita yang menghisap lebih dari 15 batang rokok per hari perlu ekstra hati-hati terhadap bahaya rokok yang satu ini. Resiko ini lebih tinggi lagi pada wanita berumur 35 tahun ke atas yang adalah perokok berat.

Resiko Psoriasis

Mengonsumsi rokok setiap hari ternyata dapat menimbulkan resiko psoriasis. Resiko ini lebih tinggi lagi jika si perokok mengonsumsi lebih dari 20 batang per hari.

Sulit Berhemat

Rata-rata, seorang perokok bisa menghabiskan Rp. 300-500 ribu setiap bulannya hanya untuk membeli rokok. Dengan semakin membumbungnya harga rokok setiap hari, tentu ini akan berbahaya bagi keuangan Anda.
Itu belum seberapa jika dihitung juga biaya perawatan kesehatan Anda akibat tidak kunjung berhenti merokok. Meski ini bukan bahaya rokok yang paling fatal, kalau boleh memilih, tentu tidak ada yang mau mengeluarkan biaya semacam itu.
Bagi Anda yang telah terlanjur merokok dan ingin membersihkan tubuh, ada beberapa makanan yang dianjurkan bagi Anda. Diet tersebut direkomendasikan untuk membantu menggantikan nutrien yang selama ini hilang akibat merokok. Di antaranya adalah jagung, coklat, nanas, pisang, dan buah Noni.
Jagung mengandung betacryptoxanthin. Ini bisa membantu melawan virus yang menyebabkan kanker paru-paru. Coklat diyakini mengandung zat-zat yang dapat sangat membantu memperlancar sirkulasi darah di tubuh.
Nanas, selain manis dan segar, dapat membersihkan nikotin dari tubuh sedikit demi sedikit. Pisang, yang kaya akan kalium, membantu peredaran oksigen dalam tubuh, terutama di otak.
Dan, yang terakhir namun paling bagus untuk pembersihan tubuh adalah buah Noni. Noni juice tidak hanya bagus untuk perokok tetapi juga untuk non-perokok. Mengapa?
Karena buah ini mengandung scopoletin yang membantu dalam mengatur tekanan darah, juga morindin yang mempunyai efek anti-bakteri dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, Noni juga kaya akan antioksidan sehingga dapat mengikat radikal bebas, faktor bahaya rokok yang paling utama.

Baca informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/tujuh-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-bahaya-rokok.html#ixzz09wm1QyTF

Selasa, 03 September 2013

arti matematika

Anda mungkin tidak percaya, tapi pengertian matematika yang terdapat dikamus sangatlah pendek. Pengertian matematika adalah ilmu berhitung secara pasti itu saja. Namun seperti yang biasanya ada di sekitar kita, daftar orang yang ‘ngeri’ dengan matematika tidaklah sependek pengertian matematika. Btw, kali ini kangmoes tidak akan membahas mengenai mengapa banyak orang yang ngeri terhadap matematika. Tapi mari kita fokus pada pengertian matematika saja.
Kata matematika, saya rasa diserap dari bahasa inggris mathematics. Ya. Mathematics bukan “math” seperti yang selama ini kita lihat di dalam jadwal pelajaran. Mengapa saya bisa begitu yakin? Kamus Oxford jawabannya. Di sana tidak terdapat definisi kata “math”. Tapi yang ada adalah definisi atau pengertian mathematics. Di kamus tersebut mathematics didefinisikan sebagai “the science of numbers, quantitiy and space”.  Atau jika diterjemahkan secara bebas menjadi “ilmu tentang angka, jumlah dan ruang”.
Dalam literatur lain saya mendapati bahwa matematika berasal dari bahasa yunani yang memiliki pengertian sebagai studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Penggunaan matematika muncul ketika diperlukan perhitungan-perhitungan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, dalam konteks studi matematika di sekolah umum, sebagian orang mempertanyakan efisiensi pengajaran matematika di sekolahan yang kurang menyentuh kehidupan sosial. Sehingga yang terjadi adalah ketika seorang siswa keluar dari sekolah, mereka akan begitu saja melupakan ilmu matematika yang telah mereka pelajari selama ini.
Dalam hal ini, entah mana yang bersalah;  murid yang mengabaikan ilmu yang mereka pelajari selama di sekolah atau kurikulum yang kurang menyentuh aspek sosial sehingga apa yang diajarkan menjadi kurang aplikatif. Ibaratnya pelajaran matematika mengajarkan setiap siswa untuk menaklukkan gajah padahal dalam kehidupan nyata mereka tidak pernah berhadapan dengan gajah. Memang ilmu itu penting, namun pengajaran ilmu yang kurang relefan menjadikan waktu dan tenaga siswa menjadi sia-sia. Bayangkan betapa banyak buku matematika yang dicetak dan berapa juta jam yang digunakan untuk mengajar ilmu matematika yang tidak aplikatif bagi siswa.
Sekali lagi, sebagian orang mungkin akan membantah dengan keras dengan mengatakan “hei bukankah kita perlu mengetahui pengertian matematika dan ilmu-ilmu matematika rumit untuk kemajuan teknologi?” Jawaban saya adalah; “memang benar kita perlu menguasai itu untuk kemajuan , namun bukan berarti bahwa setiap orang harus menguasainya bukan? Ibaratnya penguasaan untuk membuat makanan yang lezat memang diperlukan, namun bukan berarti setiap orang harus bisa membuat makanan yang lezat bukan? Ada orang yang perlu belajar bagaimana , ada yang perlu belajar bagaimana bercocok-tanam, ada orang yang perlu belajar bagaimana ‘memanage’ psikologi dll. Tentu orang-orang ini tidak benar-benar perlu untuk menguasai bagiamana cara membuat makanan yang empuk dan lezat. Demikian pula dengan matematika, penguasaan akan pengertian matematika dengan segala pengembangannya dan kerumitannya, mutlak diperlukan oleh orang-orang yang memang mengkhususkan diri atau dikhususkan untuk menguasainya. Namun tentu akan lebih baik jika tidak semua orang HARUS menguasai detail dan kerumitannya. Diluar itu semua, saya membuka diri bagi anda yang ingin memberikan komentar, jika anda rasa pengertian matematika yang saya dapatkan tersebut keliru.

Faktor yang mempengaruhi belajar

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar. Faktor-faktor itu ada yang terdapat pada diri kita sendiri, tetapi ada pula yang di luar kita. Dalam hal ini faktor yang mempengaruhi proses belajar ada tujuh faktor (Hutabarat), yaitu:
1. Faktor Kecerdasan
Yang dimaksud dengan kecerdasan ialah kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan berfikir yang bersifatnya rumit dan abstrak. Tingkat kecerdasan dari masing-masing tidak sama. Ada yang tinggi, ada yang sedang dan ada pula yang rendah. Orang yang tingkat kecerdasannya tinggi dapat mengolah gagasan yang abstrak, rumit dan sulit dilakukan dengan cepat tanpa banyak kesulitan-kesulitan dibandingkan dengan orang yang kurang cerdas. Orang yang cerdas itu dapat memikirkan dan mengerjakan lebih banyak, lebih cepat dengan tenaga yang relatif sedikit. Kecerdasan adalah suatu kemapuan yang dibawa dari lahir sedangkan pendidikan tidak dapat meningkatkannya, tetapi hanya dapat mengembangkannya. Namun hal ini tingginya kecerdasan seseorang bukanlah suatu jaminan bahwa ia akan berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik, karena keberhasilan dalam belajar bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan saja tetapi juga oleh faktor-faktor lainnya.
2. Faktor Belajar
Yang dimaksud dengan faktor belajar adalah semua segi kegiatan belajar, misalnya kurang dapat memusatkan perhatian kepada pelajaran yang sedang dihadapi, tidak dapat menguasai kaidah yang berkaitan sehingga tidak dapat membaca seluruh bahan yang seharusnya dibaca. Termasuk di sini kurang menguasai cara-cara belajar efektif dan efisien.
3. Faktor Sikap
Banyak pengaruh faktor sikap terhadap kegiatan dan keberhasilan siswa dalam belajar. Sikap dapat menentukan apakah seseorang akan dapat belajar dengan lancar atau tidak, tahan lama belajar atau tidak, senang pelajaran yang di hadapinya atau tidak dan banyak lagi yang lain.  Diantara sikap yang dimaksud di sini adalah minat, keterbukaan pikiran, prasangka atau kesetiaan. Sikap yang positif terhadap pelajaran merangsang cepatnya kegiatan belajar.
4. Faktor Kegiatan
Faktor kegiatan ialah faktor yang ada kaitannya dengan kesehatan, kesegaran jasmani dan keadaan fisik seseorang. Sebagaimana telah diketahui, badan yang tidak sehat membuat konsentrasi pikiran terganggu sehingga menganggu kegiatan belajar.
5. Faktor Emosi dan Sosial
Faktor emosi seperti tidak senang dan rasa suka dan faktor sosial seperti persaingan dan kerja sama sangat besar pengaruhnya dalam proses belajar. Ada diantara faktor ini yang sifatnya mendorong terjadinya belajar tetapi ada juga yang menjadi hambatan terhadap belajar efektif.
6. Faktor Lingkungan
Yang dimaksud faktor lingkungan ialah keadaan dan suasana tempat seseorang belajar. Suasana dan keadaan tempat belajar itu turut juga menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan belajar. Kebisingan, bau busuk dan nyamuk yang menganggu pada waktu belajar dan keadaan yang serba kacau di tempat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar. Hubungan yang kurang serasi dengan teman dapat menganggu kosentrasi dalam belajar.
7. Faktor Guru
Kepribadian guru, hubungan guru dengan siswa, kemampuan guru mengajar dan perhatian guru terhadap kemampuan siswanya turut mempengaruhi keberhasilan belajar. Guru yang kurang mampu dengan baik dalam mengajar dan yang kurang menguasai bahan yang diajarkan dapat menimbulkan rasa tidak suka kepada yang diajarkan dan kurangnya dorongan untuk menguasainya dipihak siswa. Sebaliknya guru yang pandai mengajar yang dapat menimbulkan pada diri siswa rasa menggemari bahan yang diajarkannya sehingga tanpa disuruh pun siswa banyak menambah pengetahuannya dibidang itu dengan membaca buku-buku, majalah dan bahan cetak lainnya. Guru dapat juga menimbulkan semangat belajar yang tinggi dan dapat juga mengendorkan keinginan belajar yang sungguh-sungguh. Siswa yang baik berusaha mengatasi kesulitan ini dengan memusatkan perhatian kepada bahan pelajaran, bukan kepada kepribadian gurunya.

Minggu, 18 Agustus 2013

siafat iklas

Tahu kah anda bahwa mengerjakan sesuatu dengan hati yang iklas akan memberikan ketenangan yang sangat berarti dan bisa memotivasi kita untuk melaksanakannya dengan penu atusias, namu jika kita tidak iklas maka akan memberikan dampak yang sangat berbedah dan tidak berarti apa-apa....... ingatlah wahai pada para pengemban tugas yang muliah di dunia ini.... jika tidak maka akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT.  teladan kita adalah para nabi dan rasul.... mereka semuanya melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab......walaupun mereka disiksa, dikucilkan, dimusuhi namu mereka tetap teguh dan ikhlas.... penuh kesabaran.  sejarah telah membuktikan kepada kita bahwa dengan sifat iklas maka semuanya dilaksanakan dengan mudah dan hasilnya juga sangat memuaskan batin....

Simaklah....

01. dalam dakwah ini kita perlu banyak berbaik sangka | karena buruk sangka jelas bukan awal dakwah yang mengena

02. berbaik sangka bahwa setiap manusia masih ada naluri kebaikan | kecenderungan manusia pada keadilan dan kebenaran

03. selain berbaik sangka wajib pula bagi kita tidak jumawa | sombong lalu merasa diri kita lebih baik dan lebih taat darinya

04. menuturkan penjelasan kepadanya tanpa menghakimi | memberikan pilihan padanya agar akalnya memilih sendiri

05. memberikan harapan dengan pertaubatan dari dosa | dan menyampaikan kabar gembira tentang pahala dan surga

06. kalimat yang benar layak disampaikan dengan cara yang baik | dengannya kita berharap maksud hati bisa terhantar dengan baik

07. yang haram tetap sampaikan haram jangan takutkan | yang harus diubah bukan halal-haram tapi cara penyampaian

08. sampaikan kebenaran walau menentang mayoritas | selisihi kesalahan walau kita minoritas

09. berkata-kata karena manusia | atau diam karena manusia | keduanya sama riya sama buruknya

10. ilmu memang harus disampaikan agar semua manusia memahami  | dan membuat manusia tertarik ilmu pun tantangan tersendiri

11. jangan meremehkan orang apapun bentuknya | walaupun ia kafir sekalipun tidak ada benarnya

12. kita berdakwah bukan karena masa lalu seseorang | tapi masa depannya yang bisa kita ubah dan jelang

13. yang berencana membunuh Rasulullah bisa menjelma semisal Umar | yang sudah membunuh banyak Muslim bisa menjadi Khalid

14. bukan masa lalunya yang kita cela | tapi kita berharap pada masa depannya

15. banyak membaca Al-Qur'an agar Allah berikan ketenangan | yang benar kita perlukan ditengah dunia yang mulai hilang kewarasan

16. sampaikan ayat Allah, tanpa ragu dan bosan | apapun jawab manusia, Allah sudah tetapkan bagi kita balasan

Rabu, 31 Juli 2013

Guru hebat yang akan merubah dunia 2

Kini saatnya kita lanjutkan untuk membicarakan hal hal yang harus ada dan dilakukan seorang guru hebat yang bisa membawa perubahan di dunia ini. Di artikel sebelumnya, pada catatan sebelumnya bagian 1, kita sudah membicarakan lima hala yang harsus dilakukan guru hebat ini dan sekarang kita akan lanjutakan dengan hal hal lain yang sama pentingnya untuk segera dilakukan calon calon guru hebat indonesia. Baiklah kita mulai dari;

w  Have self-awareness
Seorang guru yang baik harus memiliki kesadaran diri yang tinggi. Hanya dengan kesadaraan diri yang tinggi orang bisa mengontrol tingkahlakunya dan mampu membuat perencanaan yang matang akan semua hal yang dilakukannya. Keasadaran diri ibaratnya adalah sebuah program bagi komputer. Tanpa ada programnya apa yang bisa dilakuakn sebuah komputer? Kesadaran diri seorang guru akan tumbuh apabila guru tersebut bisa memiliki empat hal;
Pertama kehormatan, seorang guru haruslah meyakini bahwa profesinya adalah profesi yang terhormat dan oleh karena itu dia harus yakin bahwa dia adalh orang yang terhormat dan menjaga kehormatan itu haruslah diyakini sebagi suatu hal yang harus dilakukan. Itu artinya seorang guru tidak boleh bertingkah, berlku, berbuat dan bertutur kata yang akan merusak kehormatannya.
Yang kedua adalah kebanggan,seorang guru yang hebat harus yakin bahwa profesinya adalah profesi yang penting dan membanggakan. Guru yang hebat tidak akan mencederai kebanggaannya terhadap profesi yang dia sandang. Itulah kenapa menjadi guru atau kalau sekolah memilih guru haruslah orang yang secara naluriah punya panggilan jiwa untuk jadi guru, karena hanya orang orang yang memiliki natural call inilah yang akan bisa menjaga kebanggannya sebagai guru dan oleh karena itu akan bekrja dengan sebaik baiknya sebagai guru. Beda dengan guru yang bekerja karena kepepet tidak ada pekerjaan lain, golongan ini pasti tidak membanggakan profesinya dan oleh karena itu mereka akan bekerja dengan malas dan ogah ogahan karena mereka tidak memiliki kebanggaan dalam hal ini.
Yang ketiga adalah penghargaan diri. Setelah terkumpul rasa hormat dan bangga pada diri sendiri dan profesinya, seorang guru akan memiliki rasa penghargaan diri yang tinggi. Penghargaan diri ini sangat penting dimiliki seorang guru karena penghargaan pada diri sendiri  yang tinggi dari seorang gurulah  yang akan membawa guru pada point keempat yaitu rasa percaya diri.
Tak bisa diragukan lagi bahwa seorang guru sangat memerlukan rasa percaya diri, karena hanya dengan rasa percaya dirilah seorang guru mampu mengajar siswanya dan mengendalikan kelas yang harus mereka ajar. Selain itu rasa percaya diri juga diperlukan seorang guru untuk bisa menghadapi orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya. Rasa percaya diri seorang guru akan menyiratkan  mutu dari sekolah dimana guru itu mengajar. Tentu anda sendiri akan sangsi dengan mutu sekolah yang bila diajak bicara gurunya nampak grogi dan plendas plendus bukan? Dan itu artinya rasa percaya diri seorang guru akan menentukan puas atau tidak puasnya orangtua terhadap ppendidikan yang diberikan di sekolah.

w  Create safe and comfortable environment
Seorang guruyang hebat adalah juga seorang guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Sudah berulang kali dan dibeberapa artikel, penulis bicara tentang pentingnya kondisi aman dan nyaman untuk belajar ini. Karena siswa hanya akan bisa belajar dengan benar dan fokus bila mereka merasa aman secara psikologis dan nyaman secara fisik badaniah. Untuk memperoleh susanan itu guru harus memastikan hal hal berikut:
a.       Lingkungan belajr yang baik bagi siswa adalah lingkungan belajar yang terbebas dari hal hal yang membuat siswa tertekan (stressors). Oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi stressors yang mungkin timbul dalam ruangan kelasnya dan membuangnya jauh jauh.  Stressor bisa dikarenakan situasi lingkungan misal, kebisingan, suasana panas dan sumpeg, tugas tugas guru yang kebanyakan melebihi batas kemampuan siswa untuk mengerjakannya, atau dari lingkungan pergaulan siswa itu sendiri misal ada satu dua siswa yang suka melakukan bullying terhadap siswa yang lain. Bahkan stressor itu bisa gurunya sendiri yang sok galak, sok berwibawa, omongannya kurang santun, suka memepermalukan siswa didepan teman temannya dll. Namun bisa juga stressor itu berasal dari luar kelas, misal saja diluar sana ada preman atau anak nakal yang suka menghadang dan mmemalak siswa. Semua hal itu harus dihilangkan oleh guru yang hebat kita.
b.      Lingkungan yang nyaman untuk belajar, juga harus memberikan semua siswa kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Guru harus mampu meningkatkan partisipasi semua siswanya dalam belajar. Jangan biarkan ada anak yang tertinggal dan tidak terlibat dalam proses belajar. Istilah kerennya “ no one left behind”.
c.       Suasana belajar akan semakin enak dan nyaman kalau guru mampu memuat suasan yang bisa mengembangkan fungsi otak kiri maupun otak kanan. Karena dengan pelibatan kedua belahan otak. Siswa akan makin merasa pintar dan tertanntang untuk maju sehingga mereka bisa merasa nyaman dalam belajar. Belajar akan terasa menyenangkan bagi siswa kalau mereka bisa mengembangkan kemampuan kedua belah belahan otaknya secara bersamaan. Caranya? Yah pikir sendiri atuh mas.....hahahha...

w  Possess creative thinking
Banyak siswa kehilangan semangat belajarnya bukan karena mereka malas atau bodoh, tapi karena cara dan metode pengajaran yang dipakai guru begitu saja, monotone. Guru datang berdiri buka buku bicara sendiri dengan nada datar. Waduh... betapa ngeboseninnya guru macam ini. Nah tugas guru hebat adalah mencari methode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dan beragam bagi masing masing siswa. Siswa tidaklah seragam dalam hal gaya belajarnya, dan guru haruslah mengakomodasii semua gaya belajar siswanya, dengan metode dan pndekatan yang monotone bagaimana guru bisa mengakomodasi semua gaya belajar? Oleh karean itu tidaklah salah kalau salah satu kwajiban guru adalah banyak banyak baca buku tentang pendidikan dan banyak diskusi dengan sesamam guru untuk saling bertukar best practices  dalam hal pendidikan dan pengajaran. Dengan banyak belajar, membaca dan berdiskusi dengan sesma guru diharapakan gru mempunyai pikiran yang kreatif baik dalam hal pengajaran maupun dalam hal materi yang diajarkan. Begitulah guru hebat bertindak.

w  Learn how to learn
Diatas sudah disinggung tentang perbedaaan gaya belajar yang dipunyai siswa siswi kita, ada yang punya gaya belajar auditory, kinestetik, taktil, visual dan seterusnya. Nah tugas guru adalah mampu mendorong siswanya untuk bisa belajar untuk belajar. Maksudnya mendrong siswanya untuk memahami gaya belajar yang tepat bagi dirinya sendiri. Selain itu untuk memepertajam kepandaian siswa guru yang hebat harus juga mampu dan memberi waktu semua siswanya saling belajar dan mengajar. Siswa diijinkan untuk saling mengajari. Dengan cara ini siswa juga akan semakin mudah untuk mengetahui gaya belajar yang tepat bagi mereka sendiri. Selian itu akan mudah dan enak untuk bertanya daan memperdalam ilmu bilan yang mengajar adalah teman sendiri.
Dengan berlandaskan kesadaran bahwa setiap siswa punya karakter dan punya gaya belajarnya sendiri sendiri, tentu guru harus meyakikan diri bahwa tidak akan menggunakan pendekatan yang sama baik untuk mendorong siswa belajar maupun untuk memecahkan permasalahan psikis dan sosialnya.
w  Teach from the heart
Yang berikutnya, guru hebat haruslah melakukan tugasnya dengan tulus dan iklas. Niat yang tulus untuk mendidik putra putri tunas bangsa demi kemajuan bangsa dan negara di masa depan harus dimiliki oleh guru hebat. Ketulusan niat akan membawa kesabaran apabila menghadapi permasalahan selama menjalankan tugasnya sebagi guru. Ketidaktulusan niat sebaliknya akan membawa sikap tidak sabar dan amarah dalam menjalankan tugas bila ada permasalahan dalam bertugas. Itulah kenapa mencari guru haruslah yang memang memiliki panggilan jiwa menjadi guru. Jangan ambil guru dari orang yang kebetulan sarjana lagi nganggur sehingga kerja apa saja diiyakan termasuk jadi guru. Guru yang karena kepept begini tidak bisa diandalkan kesabarannya dalm menjalankan tugasnya yang jelas butuh kesabaran membimbing siswa. Oleh karena itu psikotest sepertinya layak dilakukan untuk menjaring guru yang benar memiliki natural call ini.


w  Keep it clear.
Semua yang jelas akan menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Semua orang akan senang kalau semua hal yang dihadapinya jelas. Nah sebagai guru anda haruslah membuat semua hal jadi jelas bagi siswa dan siswi anda, agar mereka juga bisa merasakan nyaman dan tenang dalam belajarnya. Nah apa saja yang harus jelas dan bagaimana membuatanya jadi jelas baca saja artikel saya yang lain dengan judul “KEEP IT CLEAR” di blog ini juga kok.

w  Listen to what to listen to
Sebagai guru anda akan didengar oleh siswa, namun sebaliknya anda juga akan mendengar banyak hal, oleh karena  itu seorang guru harus mampu memilah dan memilih apa yang harus didengarkan. Artinya  seorang guru harus bisa memilih mana yang harus ditanggapi dari semua yang didengar. Tidak semua hal yang didengar di kelas harus ditanggapi. Sebagai guru janganlah terlalu berperasaan sensitif, sehingga setiap ada omongan sedikit saja dijadikan masalah. Kalau anda termasuk yang memiliki perasaan sensitif begini saya pastikan anda akan sangat capai bermasalah dalam bekerja sebagai guru, dengan begitu mulailah memilih milih apa yang harus ditanggapi dari apa yang anda dengar di dalam kelas. Anda cukup memperhatikan hal  hal yang penting saja. Jangan sibukkan dii dengnhal hal yang tidak penting, tindakan sia sia yang menguras tenaga. Kata orang barat “  It is not good to have sensitive feeling but it will helpful to have sensitive mind


w  Able to manage classes
Guru yang hebat juga wajib mampu mengatur suasana kelas sehingga kondusif untuk belajar, selain itu juga wajib menjaga tingkah laku siswanya agar ruang kelas tetap dalam kondisi aman dan nyamman untuk belajar. Untuk bisa menciptakan suasana yang seperti ini, guru hebat wajib mempunyai pemahaman dan ketrampilan tentang:
w       Classroom managements
w                                            Behavior managements
Classroom management akan berguna bagi guru untuk mendisgn atau men-setting bentuk dan suasana kelas sehingag cocok dan sesuai dengan proses belajar mengajar yang akan berlangsung, sementara behaviour management adalah upaya yang terprogram dari seorang guru untuk menata dan mengatur tingkah laku siswa dengan standard standard yang sudah dipersiapkan dan ditentukan. Kedua hal ini sedikit banyak sudah saya tulis juga di blog mini. Kalau pembaca ingin tahu ya muter muter sebentar dech di blog ini.

w  Make good assessments and evaluations
Penilaian dan evaluasi yang baik dan tepat untuk kemajuan siswa juga akan sangat berdampak pada motivasi dan semangt siswa untuk maju. Oeh karena itu guru waji tahu bagaimana memberi evaluasi yang baik pada siswanya. Boleh dikata penilaian autenthik adalah penilaian yang terbaik bagi siswa kita, Cuma sayangnya penilaian authentik tidak sejalan dengan kebijakan kemtrian pendidikan di negara Indonesia ini. Satu kalimat dlam bahasa inggris yang berkesan dalam hati saya tentang evaluasi siswa adalah “It is important to make students know the right answers, but the most important is making them have the proper reasons to the right answers”. Semoga kaliamat ini memberi inspirasi bagi bapak dan ibu guru semuanya untuk mampu membuat alat evaluasi yang baik bagi siswanya.
Terima kasih. Semoga berguna....