Senin, 16 September 2013

Motivasi

"Berpikirlah seperti ratu. Ratu tidak takut gagal. Kegagalan adalah batu loncatan lain untuk keberhasilan" -


Saat Anda mengalami masa-masa sulit, memang susah menjaga pola pikir untuk tetap  positif dan mencegah hati merasa sebagai seorang pecundang. Tetapi dengan mengingat lagi kisah-kisah orang besar, bisa
dipastikan setiap orang yang berhasil pasti pernah gagal. Tetapi mereka tidak pernah menganggap dirinya sebagai orang gagal. Wolfgang Mozart, misalnya, salah satu pencipta musik genius pernah dikritik
oleh Kaisar Ferdinand yang menganggap operanya berjudul The Marriage of Vigaro "terlalu bising" dan
mengandung "terlalu banyak not". Pelukis Vincent van Gogh yang lukisannya mencapai rekor tertinggi

dalam nilai penjualan, hanya berhasil menjual satu lukisan selama seumur hidupnya.

Mantan presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln pun punya daftar panjang kegagalan. Gagal dalam
bisnis, berulang kali juga gagal terpilih menjadi anggota kongres dan senat. Hingga pada akhirnya, di tahun
1860 ia terpilih sebagai presiden ke-16 Amerika Serikat  dan menjadi salah satu presiden tersukses dalam
sejarah negara itu. Pada akhirnya, tidak jadi masalah, kapan dan di mana Anda pernah gagal atau berapa banyak kesalahan yang Anda buat. Saat menghadapi semua kesulitan, penolakan dan kegagalan itu, tetaplah percaya diri dan MENOLAK menganggap diri sebagai  orang gagal.



Tersenyumlah

"Senyum yang hangat adalah bahasa universal sebuah kebaikan" - Willi
Hafidz yang murah senyum,Tersenyumlah, setiap kali Anda membuka mata di pagi hari.
Tersenyumlah untuk hari baru, harapan baru dan berkah baru.
Meskipun Anda sedang punya masalah, Anda selalu punya sejuta alasan untuk tersenyum. 
Karena jika Anda hitung, berkah Tuhan pasti lebih banyak daripada masalah yang datang kepada Anda.
Hafidz  tersenyumlah, karena kemana pun Anda pergi, atau apapun bahasa yang diucapkan orang, setiap orang di semua budaya dan negara ini mengerti dan merespon untuk sebuah bahasa universal:  senyum... :-)
Senyum menciptakan koneksi dengan orang yang asing sekali pun, yang tidak berbicara dalam bahasa kita.
Senyum juga menular. Begitu Anda tersenyum pada orang lain, ia akan tersenyum balik kepada Anda.

Hafidz tersenyumlah, karena senyum Anda akan merangsang munculnya hormon-hormon seratonin, dopamine dan hormon-hormon lainnya yang memberikan rasa senang dan bahagia kepada Anda.
Senyum Anda juga dapat memperkebal sistem imun tubuh, mengurangi stress, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan citra positif Anda.
Hafidz  tersenyumlah, senyum manis Anda yang akan dikenang orang lain dan menghibur orang-orang yang Anda kasihi.
Hafidz tersenyumlah, karena senyum itu pun mudah dan gratis :-)


Jumat, 06 September 2013

Bahaya merokok

Berita-berita yang muncul tentang bahaya rokok terhadap perokok aktif maupun pasif sudah bukan hal yang baru lagi. Tetapi, menurut sebuah studi baru-baru ini, yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health, statistik bisa menunjukkan betapa seriusnya akibat rokok.
Para peneliti menemukan bahwa ada 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dan 900 bayi termasuk di antaranya. Selain itu, ada 600.000 orang yang berpotensi meninggal dunia setiap tahunnya, dan akibatnya ada 6,6 miliar USD kerugian diderita akibat berkurangnya produktifitas.
Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup, para perokok dan non-perokok tampaknya tidak menyadari bahayanya rokok, khususnya bagi perokok pasif.
Dan, untuk mengetahui dengan lebih pasti bahaya rokok tersebut, maka para peneliti tersebut memeriksa penanda toksin dari rokok dalam tubuh, yang disebut cotinine.
Cotinine adalah produk antara yang pasti ada dalam tubuh perokok dan jumlahnya dapat menunjukkan banyaknya nikotin yang dihisap oleh seseorang. Para peneliti tersebut mengukur kadar cotinine tersebut dalam darah orang yang meninggal akibat rokok dan mendapati bahwa tingkat kematian paling tinggi lebih diakibatkan oleh efeknya terhadap paru-paru dibandingkan pada jantung.
Memang akan ada lebih banyak statistik yang bisa kita cari tentang betapa bahaya rokok bagi kesehatan. Maka, agar lebih termotivasi untuk berhenti merokok, Anda perlu tahu tujuh hal berikut ini.

Merokok dapat Mengganggu ‘Aktifitas’ Anda di Tempat Tidur

Nikotin adalah vasokonstriktor. Artinya, itu dapat memperkecil pembuluh darah arteri Anda. Dengan demikian, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, kendali otak untuk merasakan kenikmatan akan terganggu.
Sebuah penelitan yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan American Heart Association, dengan tema Pencegahan dan Epidemiologi Penyakit Kardiovaskular, mengemukakan bahwa pria yang mengonsumsi rokok lebih dari 20 batang per hari memiliki resiko disfungsi ereksi 60% lebih tinggi dibandingkan pria yang tidak pernah merokok. Bahkan, angka 15% dari pria perokok yang sudah mengalaminya lebih menunjukkan lagi bahaya rokok tersebut.

Merokok Dapat Mengganggu Istirahat Anda

Sebuah penelitian yang muncul dalam jurnal edisi Februari 2008 yang diterbitkan oleh American College of Chest Physicians (ACCP) mengungkapkan bahwa masa tidur nyenyak seorang perokok lebih sedikit daripada non-perokok.
Hal ini mungkin tampaknya tidak termasuk dalam bahaya rokok, tetapi kurangnya tidur yang ‘dalam’, atau nyenyak, dapat mempersingkat umur seseorang dalam jangka panjang.

Tulang yang Rapuh

Kepala bagian pembedahan ortopedi di Carolina Medical Center, Edward N. Hanley Jr., MD, menyelidiki bahaya rokok terhadap tulang. Dia mendapati bahwa 50% perokok akan mengalami nyeri punggung, dibandingkan dengan hanya 20% dari non-perokok.
Selain itu, nikotin juga dapat memperlambat kesembuhan setelah patah tulang dan menghambat fungsi esterogen. Bahaya rokok juga lebih nyata dengan adanya angka 2,3%- 3,3% hilangnya kepadatan tulang wanita yang menghisap 10 pak rokok per tahun.

Telinga Berdenging

Lagi-lagi, nikotin-lah biang keroknya. Karena memperlambat sirkulasi darah ke struktur telinga, nikotin dapat menyebabkan Tinnitus atau telinga berdenging. Dan, yang cukup mengkhawatirkan dari bahaya rokok adalah bahwa perokok memiliki resiko 70% lebih tinggi mengalami kehilangan pendengaran dibandingkan non-perokok.

Interaksi dengan Obat

Rokok dan pil KB adalah paduan sempurna yang dapat menyebabkan kematian. Jika dikonsumsi oleh seorang perokok, kontrasepsi oral dapat menyebabkan meningkatnya resiko penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke.
Seorang wanita yang menghisap lebih dari 15 batang rokok per hari perlu ekstra hati-hati terhadap bahaya rokok yang satu ini. Resiko ini lebih tinggi lagi pada wanita berumur 35 tahun ke atas yang adalah perokok berat.

Resiko Psoriasis

Mengonsumsi rokok setiap hari ternyata dapat menimbulkan resiko psoriasis. Resiko ini lebih tinggi lagi jika si perokok mengonsumsi lebih dari 20 batang per hari.

Sulit Berhemat

Rata-rata, seorang perokok bisa menghabiskan Rp. 300-500 ribu setiap bulannya hanya untuk membeli rokok. Dengan semakin membumbungnya harga rokok setiap hari, tentu ini akan berbahaya bagi keuangan Anda.
Itu belum seberapa jika dihitung juga biaya perawatan kesehatan Anda akibat tidak kunjung berhenti merokok. Meski ini bukan bahaya rokok yang paling fatal, kalau boleh memilih, tentu tidak ada yang mau mengeluarkan biaya semacam itu.
Bagi Anda yang telah terlanjur merokok dan ingin membersihkan tubuh, ada beberapa makanan yang dianjurkan bagi Anda. Diet tersebut direkomendasikan untuk membantu menggantikan nutrien yang selama ini hilang akibat merokok. Di antaranya adalah jagung, coklat, nanas, pisang, dan buah Noni.
Jagung mengandung betacryptoxanthin. Ini bisa membantu melawan virus yang menyebabkan kanker paru-paru. Coklat diyakini mengandung zat-zat yang dapat sangat membantu memperlancar sirkulasi darah di tubuh.
Nanas, selain manis dan segar, dapat membersihkan nikotin dari tubuh sedikit demi sedikit. Pisang, yang kaya akan kalium, membantu peredaran oksigen dalam tubuh, terutama di otak.
Dan, yang terakhir namun paling bagus untuk pembersihan tubuh adalah buah Noni. Noni juice tidak hanya bagus untuk perokok tetapi juga untuk non-perokok. Mengapa?
Karena buah ini mengandung scopoletin yang membantu dalam mengatur tekanan darah, juga morindin yang mempunyai efek anti-bakteri dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, Noni juga kaya akan antioksidan sehingga dapat mengikat radikal bebas, faktor bahaya rokok yang paling utama.

Baca informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/tujuh-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-bahaya-rokok.html#ixzz09wm1QyTF

Selasa, 03 September 2013

arti matematika

Anda mungkin tidak percaya, tapi pengertian matematika yang terdapat dikamus sangatlah pendek. Pengertian matematika adalah ilmu berhitung secara pasti itu saja. Namun seperti yang biasanya ada di sekitar kita, daftar orang yang ‘ngeri’ dengan matematika tidaklah sependek pengertian matematika. Btw, kali ini kangmoes tidak akan membahas mengenai mengapa banyak orang yang ngeri terhadap matematika. Tapi mari kita fokus pada pengertian matematika saja.
Kata matematika, saya rasa diserap dari bahasa inggris mathematics. Ya. Mathematics bukan “math” seperti yang selama ini kita lihat di dalam jadwal pelajaran. Mengapa saya bisa begitu yakin? Kamus Oxford jawabannya. Di sana tidak terdapat definisi kata “math”. Tapi yang ada adalah definisi atau pengertian mathematics. Di kamus tersebut mathematics didefinisikan sebagai “the science of numbers, quantitiy and space”.  Atau jika diterjemahkan secara bebas menjadi “ilmu tentang angka, jumlah dan ruang”.
Dalam literatur lain saya mendapati bahwa matematika berasal dari bahasa yunani yang memiliki pengertian sebagai studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Penggunaan matematika muncul ketika diperlukan perhitungan-perhitungan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, dalam konteks studi matematika di sekolah umum, sebagian orang mempertanyakan efisiensi pengajaran matematika di sekolahan yang kurang menyentuh kehidupan sosial. Sehingga yang terjadi adalah ketika seorang siswa keluar dari sekolah, mereka akan begitu saja melupakan ilmu matematika yang telah mereka pelajari selama ini.
Dalam hal ini, entah mana yang bersalah;  murid yang mengabaikan ilmu yang mereka pelajari selama di sekolah atau kurikulum yang kurang menyentuh aspek sosial sehingga apa yang diajarkan menjadi kurang aplikatif. Ibaratnya pelajaran matematika mengajarkan setiap siswa untuk menaklukkan gajah padahal dalam kehidupan nyata mereka tidak pernah berhadapan dengan gajah. Memang ilmu itu penting, namun pengajaran ilmu yang kurang relefan menjadikan waktu dan tenaga siswa menjadi sia-sia. Bayangkan betapa banyak buku matematika yang dicetak dan berapa juta jam yang digunakan untuk mengajar ilmu matematika yang tidak aplikatif bagi siswa.
Sekali lagi, sebagian orang mungkin akan membantah dengan keras dengan mengatakan “hei bukankah kita perlu mengetahui pengertian matematika dan ilmu-ilmu matematika rumit untuk kemajuan teknologi?” Jawaban saya adalah; “memang benar kita perlu menguasai itu untuk kemajuan , namun bukan berarti bahwa setiap orang harus menguasainya bukan? Ibaratnya penguasaan untuk membuat makanan yang lezat memang diperlukan, namun bukan berarti setiap orang harus bisa membuat makanan yang lezat bukan? Ada orang yang perlu belajar bagaimana , ada yang perlu belajar bagaimana bercocok-tanam, ada orang yang perlu belajar bagaimana ‘memanage’ psikologi dll. Tentu orang-orang ini tidak benar-benar perlu untuk menguasai bagiamana cara membuat makanan yang empuk dan lezat. Demikian pula dengan matematika, penguasaan akan pengertian matematika dengan segala pengembangannya dan kerumitannya, mutlak diperlukan oleh orang-orang yang memang mengkhususkan diri atau dikhususkan untuk menguasainya. Namun tentu akan lebih baik jika tidak semua orang HARUS menguasai detail dan kerumitannya. Diluar itu semua, saya membuka diri bagi anda yang ingin memberikan komentar, jika anda rasa pengertian matematika yang saya dapatkan tersebut keliru.

Faktor yang mempengaruhi belajar

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar. Faktor-faktor itu ada yang terdapat pada diri kita sendiri, tetapi ada pula yang di luar kita. Dalam hal ini faktor yang mempengaruhi proses belajar ada tujuh faktor (Hutabarat), yaitu:
1. Faktor Kecerdasan
Yang dimaksud dengan kecerdasan ialah kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan berfikir yang bersifatnya rumit dan abstrak. Tingkat kecerdasan dari masing-masing tidak sama. Ada yang tinggi, ada yang sedang dan ada pula yang rendah. Orang yang tingkat kecerdasannya tinggi dapat mengolah gagasan yang abstrak, rumit dan sulit dilakukan dengan cepat tanpa banyak kesulitan-kesulitan dibandingkan dengan orang yang kurang cerdas. Orang yang cerdas itu dapat memikirkan dan mengerjakan lebih banyak, lebih cepat dengan tenaga yang relatif sedikit. Kecerdasan adalah suatu kemapuan yang dibawa dari lahir sedangkan pendidikan tidak dapat meningkatkannya, tetapi hanya dapat mengembangkannya. Namun hal ini tingginya kecerdasan seseorang bukanlah suatu jaminan bahwa ia akan berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik, karena keberhasilan dalam belajar bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan saja tetapi juga oleh faktor-faktor lainnya.
2. Faktor Belajar
Yang dimaksud dengan faktor belajar adalah semua segi kegiatan belajar, misalnya kurang dapat memusatkan perhatian kepada pelajaran yang sedang dihadapi, tidak dapat menguasai kaidah yang berkaitan sehingga tidak dapat membaca seluruh bahan yang seharusnya dibaca. Termasuk di sini kurang menguasai cara-cara belajar efektif dan efisien.
3. Faktor Sikap
Banyak pengaruh faktor sikap terhadap kegiatan dan keberhasilan siswa dalam belajar. Sikap dapat menentukan apakah seseorang akan dapat belajar dengan lancar atau tidak, tahan lama belajar atau tidak, senang pelajaran yang di hadapinya atau tidak dan banyak lagi yang lain.  Diantara sikap yang dimaksud di sini adalah minat, keterbukaan pikiran, prasangka atau kesetiaan. Sikap yang positif terhadap pelajaran merangsang cepatnya kegiatan belajar.
4. Faktor Kegiatan
Faktor kegiatan ialah faktor yang ada kaitannya dengan kesehatan, kesegaran jasmani dan keadaan fisik seseorang. Sebagaimana telah diketahui, badan yang tidak sehat membuat konsentrasi pikiran terganggu sehingga menganggu kegiatan belajar.
5. Faktor Emosi dan Sosial
Faktor emosi seperti tidak senang dan rasa suka dan faktor sosial seperti persaingan dan kerja sama sangat besar pengaruhnya dalam proses belajar. Ada diantara faktor ini yang sifatnya mendorong terjadinya belajar tetapi ada juga yang menjadi hambatan terhadap belajar efektif.
6. Faktor Lingkungan
Yang dimaksud faktor lingkungan ialah keadaan dan suasana tempat seseorang belajar. Suasana dan keadaan tempat belajar itu turut juga menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan belajar. Kebisingan, bau busuk dan nyamuk yang menganggu pada waktu belajar dan keadaan yang serba kacau di tempat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar. Hubungan yang kurang serasi dengan teman dapat menganggu kosentrasi dalam belajar.
7. Faktor Guru
Kepribadian guru, hubungan guru dengan siswa, kemampuan guru mengajar dan perhatian guru terhadap kemampuan siswanya turut mempengaruhi keberhasilan belajar. Guru yang kurang mampu dengan baik dalam mengajar dan yang kurang menguasai bahan yang diajarkan dapat menimbulkan rasa tidak suka kepada yang diajarkan dan kurangnya dorongan untuk menguasainya dipihak siswa. Sebaliknya guru yang pandai mengajar yang dapat menimbulkan pada diri siswa rasa menggemari bahan yang diajarkannya sehingga tanpa disuruh pun siswa banyak menambah pengetahuannya dibidang itu dengan membaca buku-buku, majalah dan bahan cetak lainnya. Guru dapat juga menimbulkan semangat belajar yang tinggi dan dapat juga mengendorkan keinginan belajar yang sungguh-sungguh. Siswa yang baik berusaha mengatasi kesulitan ini dengan memusatkan perhatian kepada bahan pelajaran, bukan kepada kepribadian gurunya.

Minggu, 18 Agustus 2013

siafat iklas

Tahu kah anda bahwa mengerjakan sesuatu dengan hati yang iklas akan memberikan ketenangan yang sangat berarti dan bisa memotivasi kita untuk melaksanakannya dengan penu atusias, namu jika kita tidak iklas maka akan memberikan dampak yang sangat berbedah dan tidak berarti apa-apa....... ingatlah wahai pada para pengemban tugas yang muliah di dunia ini.... jika tidak maka akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT.  teladan kita adalah para nabi dan rasul.... mereka semuanya melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab......walaupun mereka disiksa, dikucilkan, dimusuhi namu mereka tetap teguh dan ikhlas.... penuh kesabaran.  sejarah telah membuktikan kepada kita bahwa dengan sifat iklas maka semuanya dilaksanakan dengan mudah dan hasilnya juga sangat memuaskan batin....

Simaklah....

01. dalam dakwah ini kita perlu banyak berbaik sangka | karena buruk sangka jelas bukan awal dakwah yang mengena

02. berbaik sangka bahwa setiap manusia masih ada naluri kebaikan | kecenderungan manusia pada keadilan dan kebenaran

03. selain berbaik sangka wajib pula bagi kita tidak jumawa | sombong lalu merasa diri kita lebih baik dan lebih taat darinya

04. menuturkan penjelasan kepadanya tanpa menghakimi | memberikan pilihan padanya agar akalnya memilih sendiri

05. memberikan harapan dengan pertaubatan dari dosa | dan menyampaikan kabar gembira tentang pahala dan surga

06. kalimat yang benar layak disampaikan dengan cara yang baik | dengannya kita berharap maksud hati bisa terhantar dengan baik

07. yang haram tetap sampaikan haram jangan takutkan | yang harus diubah bukan halal-haram tapi cara penyampaian

08. sampaikan kebenaran walau menentang mayoritas | selisihi kesalahan walau kita minoritas

09. berkata-kata karena manusia | atau diam karena manusia | keduanya sama riya sama buruknya

10. ilmu memang harus disampaikan agar semua manusia memahami  | dan membuat manusia tertarik ilmu pun tantangan tersendiri

11. jangan meremehkan orang apapun bentuknya | walaupun ia kafir sekalipun tidak ada benarnya

12. kita berdakwah bukan karena masa lalu seseorang | tapi masa depannya yang bisa kita ubah dan jelang

13. yang berencana membunuh Rasulullah bisa menjelma semisal Umar | yang sudah membunuh banyak Muslim bisa menjadi Khalid

14. bukan masa lalunya yang kita cela | tapi kita berharap pada masa depannya

15. banyak membaca Al-Qur'an agar Allah berikan ketenangan | yang benar kita perlukan ditengah dunia yang mulai hilang kewarasan

16. sampaikan ayat Allah, tanpa ragu dan bosan | apapun jawab manusia, Allah sudah tetapkan bagi kita balasan

Rabu, 31 Juli 2013

Guru hebat yang akan merubah dunia 2

Kini saatnya kita lanjutkan untuk membicarakan hal hal yang harus ada dan dilakukan seorang guru hebat yang bisa membawa perubahan di dunia ini. Di artikel sebelumnya, pada catatan sebelumnya bagian 1, kita sudah membicarakan lima hala yang harsus dilakukan guru hebat ini dan sekarang kita akan lanjutakan dengan hal hal lain yang sama pentingnya untuk segera dilakukan calon calon guru hebat indonesia. Baiklah kita mulai dari;

w  Have self-awareness
Seorang guru yang baik harus memiliki kesadaran diri yang tinggi. Hanya dengan kesadaraan diri yang tinggi orang bisa mengontrol tingkahlakunya dan mampu membuat perencanaan yang matang akan semua hal yang dilakukannya. Keasadaran diri ibaratnya adalah sebuah program bagi komputer. Tanpa ada programnya apa yang bisa dilakuakn sebuah komputer? Kesadaran diri seorang guru akan tumbuh apabila guru tersebut bisa memiliki empat hal;
Pertama kehormatan, seorang guru haruslah meyakini bahwa profesinya adalah profesi yang terhormat dan oleh karena itu dia harus yakin bahwa dia adalh orang yang terhormat dan menjaga kehormatan itu haruslah diyakini sebagi suatu hal yang harus dilakukan. Itu artinya seorang guru tidak boleh bertingkah, berlku, berbuat dan bertutur kata yang akan merusak kehormatannya.
Yang kedua adalah kebanggan,seorang guru yang hebat harus yakin bahwa profesinya adalah profesi yang penting dan membanggakan. Guru yang hebat tidak akan mencederai kebanggaannya terhadap profesi yang dia sandang. Itulah kenapa menjadi guru atau kalau sekolah memilih guru haruslah orang yang secara naluriah punya panggilan jiwa untuk jadi guru, karena hanya orang orang yang memiliki natural call inilah yang akan bisa menjaga kebanggannya sebagai guru dan oleh karena itu akan bekrja dengan sebaik baiknya sebagai guru. Beda dengan guru yang bekerja karena kepepet tidak ada pekerjaan lain, golongan ini pasti tidak membanggakan profesinya dan oleh karena itu mereka akan bekerja dengan malas dan ogah ogahan karena mereka tidak memiliki kebanggaan dalam hal ini.
Yang ketiga adalah penghargaan diri. Setelah terkumpul rasa hormat dan bangga pada diri sendiri dan profesinya, seorang guru akan memiliki rasa penghargaan diri yang tinggi. Penghargaan diri ini sangat penting dimiliki seorang guru karena penghargaan pada diri sendiri  yang tinggi dari seorang gurulah  yang akan membawa guru pada point keempat yaitu rasa percaya diri.
Tak bisa diragukan lagi bahwa seorang guru sangat memerlukan rasa percaya diri, karena hanya dengan rasa percaya dirilah seorang guru mampu mengajar siswanya dan mengendalikan kelas yang harus mereka ajar. Selain itu rasa percaya diri juga diperlukan seorang guru untuk bisa menghadapi orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya. Rasa percaya diri seorang guru akan menyiratkan  mutu dari sekolah dimana guru itu mengajar. Tentu anda sendiri akan sangsi dengan mutu sekolah yang bila diajak bicara gurunya nampak grogi dan plendas plendus bukan? Dan itu artinya rasa percaya diri seorang guru akan menentukan puas atau tidak puasnya orangtua terhadap ppendidikan yang diberikan di sekolah.

w  Create safe and comfortable environment
Seorang guruyang hebat adalah juga seorang guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Sudah berulang kali dan dibeberapa artikel, penulis bicara tentang pentingnya kondisi aman dan nyaman untuk belajar ini. Karena siswa hanya akan bisa belajar dengan benar dan fokus bila mereka merasa aman secara psikologis dan nyaman secara fisik badaniah. Untuk memperoleh susanan itu guru harus memastikan hal hal berikut:
a.       Lingkungan belajr yang baik bagi siswa adalah lingkungan belajar yang terbebas dari hal hal yang membuat siswa tertekan (stressors). Oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi stressors yang mungkin timbul dalam ruangan kelasnya dan membuangnya jauh jauh.  Stressor bisa dikarenakan situasi lingkungan misal, kebisingan, suasana panas dan sumpeg, tugas tugas guru yang kebanyakan melebihi batas kemampuan siswa untuk mengerjakannya, atau dari lingkungan pergaulan siswa itu sendiri misal ada satu dua siswa yang suka melakukan bullying terhadap siswa yang lain. Bahkan stressor itu bisa gurunya sendiri yang sok galak, sok berwibawa, omongannya kurang santun, suka memepermalukan siswa didepan teman temannya dll. Namun bisa juga stressor itu berasal dari luar kelas, misal saja diluar sana ada preman atau anak nakal yang suka menghadang dan mmemalak siswa. Semua hal itu harus dihilangkan oleh guru yang hebat kita.
b.      Lingkungan yang nyaman untuk belajar, juga harus memberikan semua siswa kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Guru harus mampu meningkatkan partisipasi semua siswanya dalam belajar. Jangan biarkan ada anak yang tertinggal dan tidak terlibat dalam proses belajar. Istilah kerennya “ no one left behind”.
c.       Suasana belajar akan semakin enak dan nyaman kalau guru mampu memuat suasan yang bisa mengembangkan fungsi otak kiri maupun otak kanan. Karena dengan pelibatan kedua belahan otak. Siswa akan makin merasa pintar dan tertanntang untuk maju sehingga mereka bisa merasa nyaman dalam belajar. Belajar akan terasa menyenangkan bagi siswa kalau mereka bisa mengembangkan kemampuan kedua belah belahan otaknya secara bersamaan. Caranya? Yah pikir sendiri atuh mas.....hahahha...

w  Possess creative thinking
Banyak siswa kehilangan semangat belajarnya bukan karena mereka malas atau bodoh, tapi karena cara dan metode pengajaran yang dipakai guru begitu saja, monotone. Guru datang berdiri buka buku bicara sendiri dengan nada datar. Waduh... betapa ngeboseninnya guru macam ini. Nah tugas guru hebat adalah mencari methode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dan beragam bagi masing masing siswa. Siswa tidaklah seragam dalam hal gaya belajarnya, dan guru haruslah mengakomodasii semua gaya belajar siswanya, dengan metode dan pndekatan yang monotone bagaimana guru bisa mengakomodasi semua gaya belajar? Oleh karean itu tidaklah salah kalau salah satu kwajiban guru adalah banyak banyak baca buku tentang pendidikan dan banyak diskusi dengan sesamam guru untuk saling bertukar best practices  dalam hal pendidikan dan pengajaran. Dengan banyak belajar, membaca dan berdiskusi dengan sesma guru diharapakan gru mempunyai pikiran yang kreatif baik dalam hal pengajaran maupun dalam hal materi yang diajarkan. Begitulah guru hebat bertindak.

w  Learn how to learn
Diatas sudah disinggung tentang perbedaaan gaya belajar yang dipunyai siswa siswi kita, ada yang punya gaya belajar auditory, kinestetik, taktil, visual dan seterusnya. Nah tugas guru adalah mampu mendorong siswanya untuk bisa belajar untuk belajar. Maksudnya mendrong siswanya untuk memahami gaya belajar yang tepat bagi dirinya sendiri. Selain itu untuk memepertajam kepandaian siswa guru yang hebat harus juga mampu dan memberi waktu semua siswanya saling belajar dan mengajar. Siswa diijinkan untuk saling mengajari. Dengan cara ini siswa juga akan semakin mudah untuk mengetahui gaya belajar yang tepat bagi mereka sendiri. Selian itu akan mudah dan enak untuk bertanya daan memperdalam ilmu bilan yang mengajar adalah teman sendiri.
Dengan berlandaskan kesadaran bahwa setiap siswa punya karakter dan punya gaya belajarnya sendiri sendiri, tentu guru harus meyakikan diri bahwa tidak akan menggunakan pendekatan yang sama baik untuk mendorong siswa belajar maupun untuk memecahkan permasalahan psikis dan sosialnya.
w  Teach from the heart
Yang berikutnya, guru hebat haruslah melakukan tugasnya dengan tulus dan iklas. Niat yang tulus untuk mendidik putra putri tunas bangsa demi kemajuan bangsa dan negara di masa depan harus dimiliki oleh guru hebat. Ketulusan niat akan membawa kesabaran apabila menghadapi permasalahan selama menjalankan tugasnya sebagi guru. Ketidaktulusan niat sebaliknya akan membawa sikap tidak sabar dan amarah dalam menjalankan tugas bila ada permasalahan dalam bertugas. Itulah kenapa mencari guru haruslah yang memang memiliki panggilan jiwa menjadi guru. Jangan ambil guru dari orang yang kebetulan sarjana lagi nganggur sehingga kerja apa saja diiyakan termasuk jadi guru. Guru yang karena kepept begini tidak bisa diandalkan kesabarannya dalm menjalankan tugasnya yang jelas butuh kesabaran membimbing siswa. Oleh karena itu psikotest sepertinya layak dilakukan untuk menjaring guru yang benar memiliki natural call ini.


w  Keep it clear.
Semua yang jelas akan menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Semua orang akan senang kalau semua hal yang dihadapinya jelas. Nah sebagai guru anda haruslah membuat semua hal jadi jelas bagi siswa dan siswi anda, agar mereka juga bisa merasakan nyaman dan tenang dalam belajarnya. Nah apa saja yang harus jelas dan bagaimana membuatanya jadi jelas baca saja artikel saya yang lain dengan judul “KEEP IT CLEAR” di blog ini juga kok.

w  Listen to what to listen to
Sebagai guru anda akan didengar oleh siswa, namun sebaliknya anda juga akan mendengar banyak hal, oleh karena  itu seorang guru harus mampu memilah dan memilih apa yang harus didengarkan. Artinya  seorang guru harus bisa memilih mana yang harus ditanggapi dari semua yang didengar. Tidak semua hal yang didengar di kelas harus ditanggapi. Sebagai guru janganlah terlalu berperasaan sensitif, sehingga setiap ada omongan sedikit saja dijadikan masalah. Kalau anda termasuk yang memiliki perasaan sensitif begini saya pastikan anda akan sangat capai bermasalah dalam bekerja sebagai guru, dengan begitu mulailah memilih milih apa yang harus ditanggapi dari apa yang anda dengar di dalam kelas. Anda cukup memperhatikan hal  hal yang penting saja. Jangan sibukkan dii dengnhal hal yang tidak penting, tindakan sia sia yang menguras tenaga. Kata orang barat “  It is not good to have sensitive feeling but it will helpful to have sensitive mind


w  Able to manage classes
Guru yang hebat juga wajib mampu mengatur suasana kelas sehingga kondusif untuk belajar, selain itu juga wajib menjaga tingkah laku siswanya agar ruang kelas tetap dalam kondisi aman dan nyamman untuk belajar. Untuk bisa menciptakan suasana yang seperti ini, guru hebat wajib mempunyai pemahaman dan ketrampilan tentang:
w       Classroom managements
w                                            Behavior managements
Classroom management akan berguna bagi guru untuk mendisgn atau men-setting bentuk dan suasana kelas sehingag cocok dan sesuai dengan proses belajar mengajar yang akan berlangsung, sementara behaviour management adalah upaya yang terprogram dari seorang guru untuk menata dan mengatur tingkah laku siswa dengan standard standard yang sudah dipersiapkan dan ditentukan. Kedua hal ini sedikit banyak sudah saya tulis juga di blog mini. Kalau pembaca ingin tahu ya muter muter sebentar dech di blog ini.

w  Make good assessments and evaluations
Penilaian dan evaluasi yang baik dan tepat untuk kemajuan siswa juga akan sangat berdampak pada motivasi dan semangt siswa untuk maju. Oeh karena itu guru waji tahu bagaimana memberi evaluasi yang baik pada siswanya. Boleh dikata penilaian autenthik adalah penilaian yang terbaik bagi siswa kita, Cuma sayangnya penilaian authentik tidak sejalan dengan kebijakan kemtrian pendidikan di negara Indonesia ini. Satu kalimat dlam bahasa inggris yang berkesan dalam hati saya tentang evaluasi siswa adalah “It is important to make students know the right answers, but the most important is making them have the proper reasons to the right answers”. Semoga kaliamat ini memberi inspirasi bagi bapak dan ibu guru semuanya untuk mampu membuat alat evaluasi yang baik bagi siswanya.
Terima kasih. Semoga berguna....

Guru hebat yang akan merubah dunia 1

Ada satu kalimat , yang ditulis oleh salah satu pembaca blog  ini dalam mesin pencari,  yang akhirnya menghantar pembaca tersebut menemukan blog ini. Tulisan itu sangat menarik perhatian saya karena terasa sangat indah di dalam pikiran saat membacanya. Kalimat pencarian itu adalah “ guru masa depan yang mengubah dunia”.  Tentu saya belum pernah menulis artikel dengan judul seperti itu, namun semua artikel yang saya tulis bertujuan untuk menciptakan guru macam itu sebanyak banyaknya. Makin banyak guru seperti itu yang muncul dimuka bumi semakin baguslah masa depan pendidikan bagi anak naka kita di dunia ini, khususnya di indonesia. Nah harapan saya sebagai penulis blog, guru guru macam itu terjadi karena terinspirasi oleh tulisan dalam blog ini, sehingga saya bisaikut merasakan pahala dari kebaikan yang  tercipta untuk kebahagian penulis fidunya wal akhirah begitu kira kira. Pendek kata, tulisan ini saya maksudkan untuk sedikit memberi jawaban pada kalimat yang ditulis di mesin pencari (search engine) tersebut.

Nah, sekarang kita mulai diskusikan siapa sich guru yang hebat itu? Atau seperti apakah guru yang mampu merubah dunia itu? Saya pribadi tidak bisa menjelaskan guru yang mana yang memiliki kekuatan hebat bisa merubah dunia itu. Saya Cuma bisa membantu dengan memberikan ciri ciri guru yang akan mampu merubah dunia itu. Nah silahkan sidang pembaca mencari sendiri guru yang mana yang mampu merubah dunia itu berdasarkan ciri ciri yang akan saya sebutkan satu persatu dibawah ini;


 Possess positive attitude
Ada peribahasa dalam bahasa Inggris yang berbunyi  “Your attitude determines your altitude”,  yang kira kira maksudnya adalah “sikapmu menentukan ketinggian (pencapaian)mu”. Hal ini juga sangat saya yakini kebenarannya. Saking yakin saya akan hal ini,  ada beberapa kali dalam tulisan saya di blog ini,  selalu saya katakan sikap atau karakter kita yang akan menentukan keberhasilan kita di masa datang, dan bukan kepandaian kita. Pun begitu bagi kita yang berprofesi guru, sukses tidaknya kita jadi guru akan sepenuhnya ditentukan sikap, watak, dan tingkah laku kita sendiri yang ditunjang tingkat intelektualitas yang kita miliki. Berulang kali saya sampaikan kepandaian intelektualitas hanya memberi 10-15 % kesempatan untuk sukses. Intelektulitas ibarat kata Cuma memberikan tiket emas pada kita. Yang 85-90% kesuksesan akan sangat ditentukan oleh sikap dan karakter kita. Karena sikap karakter dan tingkah laku kitalah yang akan menjaga kesuksesan kita agar tidak runtuh.
Kita sebagi guru juga termasuk yang terkena hukum itu, kesuksesan kita sebagi seorang pendidik akan sangat dipengaruhi sikap mental dan karakter serta tingkah laku kita sendiri. Jadi jaga sikap ya pak dan bu guru? Lagi pula bagaimana kita bisa mendidik dan mengembangkan sikap dan watak siswa kalau kita sendiri belum dewasa dalam bersikap dan belum matang kita punya karakter. Iya nggak bu dan pak guru? Pendek kata ciri pertama guru yang mampu merubah dunia adalh guru yang punya sikap positif dalam dirinya dan mampu menyebarkan sikap itu pada siswa siswinya. Karena kita yakini sikap yang baik yang akan membawa perubahan pada nasib anak didik. Perubahan nasib anak didik di  masadepan tentu akan merubah dunia mereka dan dunia diluar mereka.


 Spread positive energy
Ciri kedua dari guru yang akan membawa perubahan bagi dunia adalah guru yang mampu menyebarkan dan menularkan energy positif pada lingkungannya dan tentu pada siswa siswinya. Energy positif itu bisa ditularkan guru melalui banyak cara, salah satu diantaranya adalah kemampuan dan kebiasaan guru dalam menggunakan bahasa dan kata yang positif dalam berbicara dan bergaul setap harinya, terutama pada siswa siswinya. Siswa siswi kita sangat memerlukan energy positif dari guru gurunya karena diluar sekolah mereka lebih banyak dicekokin dengan energi negatif. Menurut laporan De Porter and Hernacki, anak anak kita itu rata rata mendapatkan 460 komentar negatif dalam sehari dan hanya 75 komentar positif yang di dapat. Artinya anak anak kita ini lebih banyak mendapatkan energi negatif yang menghancurkan rasa percaya diri dan harga diri siswa ketimbang energi positif yang melambungkan harapan, memompa rasa percaya diri dan memperkuat harga diri siswa. Guru yang baik akan melawan itu dengan memberikan energi positif sebanyak mungkin agar energi negarif yang didapat siswa diluar sekolah bisa tawar atau dikalahkan dan berganti energi positif yang menguasai anak anak didiknya.
Selain itu guru yang baik akan menyebarkan energi positif lewat cara bicaranya yang enghindari kata kata “tidak” dan “jangan” karena kedua kata itu menyebarkan aura negarif dengan membuat siswa tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Arahkan siswa, tunjukkan siswa apa yang harus mereka lakukan dengan perintah langsung yang bisa dipahami siswa. Kata ‘tidak” dan “jangan” hanya membuat siswa berhenti melakukan sesuatu tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Enregi posisitif juga bisa terpancar dengan penciptaan lingkungan yang ramah dan menyenangkan, dengan begitu sudah seharusnya seorang guru yang hebat haruslah melakukan dan mengajarkan untuk tersenyum pada semua orang yang dijumpai, ucap salam, tebarkan kalimat assalamualaikum waruhmatullahhi wabarohkatu pada semua orang,  juga jagalah lidah untuk selalu berkata baik, sopan dan positif pada semua orang, komentar negatif buanglah jauh jauh dari lingkungan pendidikan. Begitulah sikap guru yang hebat.


  Adopt new teaching paradigm
Yah sudah selayaknya guru yang profesional juga selalu mengasah pengetahuan dan ilmunya, oleh karena itu seorang guru juga wajib merubah paradigma dan mindset-nya sesuai dengan perkemangan ilmu pengetahuan dan perubahan lingkungan sosial budaya dan ekonomi yang terjadi. Untuk lebih jelasnya tentang paradigma guru ini adaa baiknya sidang pembaca, membuka artikel saya yang lain; PARADIGMA GURU PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 (21st CENTURY LEARNING) (bagian 1) danParadigma guru pada pembelajaran abad 21 (21st century learning) (bagian 2)


  It’s not about you but it’s about them.
Yah kegiatan belajar mengajar di sekolah itu semua tentang siswa anda dan bukan tentang anda sendiri sebagi guru. Oleh karena itu jadikan ruang kelas bersuasana belajar dan bukan bersuasana mengajar. Tahukan bedanya? Yah sejauh ini ruang belajar selalu bersuasana”mengajar”, artinya gurulah yang mendominasi waktu dan tempat. Gurulah yang aktif belajar. Guru pula yang jadi aktor dan seklaigus peran utama dalam drama “pendidikan” itu. Dengan begitu artinya semua masih tentang anda, tentang pak/bu guru. Guru yang hebat harus bisa membalikkan keadaan. Jadikan ruang kelas itu tentang siswa, biarkan siswa yang mendominasi waktu dan ruang, biarkan siswa yang menjadi aktor dan bintang utama dram ‘pendidikan” dikelas bapak dan ibu semua. Dengan begitu bapak dan ibu guru harus membuat semuanya bersuasana tentang siswa. Siswa bapak dan ibu akan lebih aktif dan berhasil belajar, dan ruang kelas bapak dan ibu akan bersuasana “belajar” dan sebaliknya “suasana ‘mengajar”nya akan hilang.  Ingat “ It’s not about you but it’s about them”, dan anda akan jadi guru yang hebat dan the best dech.
Dan satu hal lagi yang harooooom dilakukan guru dalam kelas; cerita tentang pribadi guru. Banyak sekali guru yang setiap masuk kelas bukannnya mengarahkan anak untuk belajar pada materi pelajaran tertentu tapi malah sibuk bercerita tentang masalalunya, prestasinya, permaslahanya, kondisi dia sekarng, cerita tentang anak anaknya dan yang lainnya yang sangt tidak penting bagi siswa.  Guru yang hebat tidak akan curhat pada siswanya karena siswanyalah yang harus curhat pada gurunya. Guru yang suka curhat dan cerita tentang pribadinya tidak akan dihormati siswanya, karena disamping guru sudah tidak punya rahasia, siswa juga juga bosan dengan cerita gurunya. Anda masih begitukah sebagi guru? Hentikan segera......

  
  Well-planned
Banyak sekali guru yang beranggapan bahwa guru itu cukup hadir masuk ke kelas dan mengajar begitu saja sesuai dengan buku pegangan atau text book yang dipunya siswa. Saya pasikan guru yang seperti ini akan berhasil buang waktu siswa dengan percuma di dalam kelas dan tidak akan memberi pencerahan pada siswanya. Proses pengajran dan pembelajran yang baik haruslah dipersipakan dengan matang dan direncanakan. Guru harus sangat paham dulu dengan apa yang akan dipelajari dan membuat perencanaan cara mengajarnya dan sekaligus membuat perencanaan dan menyiapakan alat alat bantu yang mungkin diperlukan dalam proses belajar mengajar. Mengandalakan sedikit pengetahuan dan text book untuk mengajar adalah usaha mensia siakan waktu siswa untuk belajar lebih baik. Murid malas itu salah satunya disebabkan oleh guru yang malas juga.
Oleh karena itu sudaah seharsnya guru itu terus menimba ilmu untuk memeprtajam pengetahuannya sendiri dan juga memahami dan membuat silabus serta rencana pengajaran. Namun sayangnya Pak mentri akan membaut guru guru kita malas lagi, karena kurikulum terbaru tahun 2013 ini nanti katanya guru tinggal ngajar saja tidak perlu membuat rencana pengajaran. Mo jadi apa pendidikan kita kedepan kalau benar seperti itu? Guru akan jd malas dan tidak akan pernah terpikir dengan apa yang disebut alat bantu, pengajaran akan monoton karean gurunya malas.  Hallo pak mentri wake up...
Oh ya maaf ya..saya potong disini dulu, nanti saya lanjutkan lagi. Masih ada kok poin poin lain yang harus dipahami guru hebat yang akan merubah dunia...tunggu saya tulis kelanjutannya yah..cherrio....eh...ceria juga...

*) lanjutan dah bisa dibaca di bersambung

Selasa, 30 Juli 2013

arti ramadan

Sebentar lagi ramadhan datang, KAWIN yuk.. !!!

K = kurangi dosa

A = awali perbuatan dengan do'a

W = waktunya tambah pahala

I = ingat hidup hanya sementara

N = niati untuk masuk surga

Kirim ke yang laen ya biar KAWIN rame-rame